PENERAPAN PEMBELAJARAN YANG BERORIENTASI PADA VOCATIONAL SKILL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Siti Rohana

Abstract


Fokus penelitian adalah kemampuan siswa SMK Negeri 1 Panji Kabupaten Situbondo setelah penyisipan Aproksimasi dalam materi Sistem Persamaan Linear 3 Variabel. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Hasil dalam penelitian ini adalah 1) Pembelajaran materi Aproksimasi yang didesain sedemikian sehingga berorientasi pada Vocational Skill dengan pendekatan konstektual dapat meningkatkan hasil belajar, baik secara kelompok maupun individu. Berdasarkan hasil angket dan wawancara yang dilakukan, dapat ditunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi siswa dalam belajar serta adanya pemahaman tentang pemanfaatan materi yang dipelajari. 2) Pembelajaran materi Aproksimasi yang berorientasi pada Vocational Skill dengan pendekatan konstektual dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran, baik secara kelompok maupun individu. Hal ini terlihat dari pengamatan yang dilakukan peneliti dan observer yang menilai bahwa aktivitas siswa pada umumnya sudah berbobot dan berkualitas.


Keywords


Pembelajaran yang berorientasi pada vocational skill dan Hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1992. Penilaian Hasil Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi.,dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakrta: Bumi Aksara..

Baisoeni, H. 1998. Peranan Matematika Memasuki Abad XXI.

Moloeng, Lexy J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakaya.

Muslich, Masnur. 2011. Authentic Assessment: Penilaian Berbasis Kelas dan

Kompetensi. Bandung: Refika Aditama.

Nurhadi dan Senduk, AG. 2009. Pembelajaran Kontekstual: Contextual Teaching and Learning (CTL). Malang: Universitas Negeri Malang

Team Matematika LP2IP, Matematika IA untuk SMK non tehnik.

Tim Broad Based Education. 2001. Konsep Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education) Buku I. Jakarta; Departemen Pendidikan Nasional.

Tim Peneliti Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta; Depdikbud.

UU No.20 Tahun 2006 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Standart Isi, BSNP 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats