MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MEMAHAMI AKTIVITAS MANUSIA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN MELALUI INTEGRASI MODEL SIMULASI DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Ninik Kustiyowati

Abstract


Dalam penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam Memahami Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan melalui Integrasi Model Simulasi dan Problem Based Learning (PBL) pada Peserta Didik Kelas VIIE SMP Negeri 9 Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Aktivitas belajar memahami Memahami Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan melalui pembelajaran integrasi model Simulasi dan Problem Based Learning (PBL) pada peserta didik kelas VIIE  SMP Negeri 9 Probolinggo tahun pelajaran 2018/2019 mengalami peningkatan sebesar 2,55% untuk simulasi dan sebesar 4,53% untuk Problem Based Learning (PBL). Hasil belajar Memahami Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan melalui pembelajaran integrasi model Simulasi dan Problem Based Learning (PBL) pada peserta didik kelas VIIE SMP Negeri 9 Probolinggo tahun pelajaran 2018/2019 mengalami peningkatan sebesar 5,02% untuk penugasan dan sebesar 7,89% untuk tes tulis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Memahami Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan melalui pembelajaran integrasi model Simulasi dan Problem Based Learning (PBL) pada peserta didik kelas VIIE SMP Negeri 9 Probolinggo tahun pelajaran 2018/2019 telah tercapai.

 

Kata Kunci: Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan, Simulasi dan Problem Based Learning (PBL)

 

IMPROVING LEARNING OUTCOMES IN UNDERSTANDING HUMAN ACTIVITIES IN MEET NEEDS THROUGH MODEL INTEGRATION SIMULATION AND PBL

 

Abstract: In this classroom action research, it is aimed at activities and learning outcomes in Understanding Human Activities in Meeting Needs through Integration of Simulation and Problem Based Learning (PBL) Models in Class VIIE Students of SMP Negeri 9 Probolinggo for the 2018/2019 Academic Year. The classroom action research model used in this study was the Kemmis and Mc Taggart model. Learning activities to understand Understanding Human Activities in Meeting Needs through integrated learning of Simulation and Problem Based Learning (PBL) models in class VIIE students of SMP Negeri 9 Probolinggo in the 2018/2019 academic year experienced an increase of 2.55% for simulations and by 4.53% for Problem Based Learning (PBL). Learning outcomes Understanding Human Activities in Meeting Needs through integrated learning of Simulation and Problem Based Learning (PBL) models in class VIIE students of SMP Negeri 9 Probolinggo in the 2018/2019 academic year increased by 5.02% for assignments and by 7.89% for writing test. So the purpose of this research is to increase activity and learning outcomes Understanding Human Activities in Meeting Needs through integrated learning of Simulation and Problem Based Learning (PBL) models in class VIIE students of SMP Negeri 9 Probolinggo in the 2018/2019 academic year.

 

Keywords: Human Activities in Meeting Needs, Simulation and Problem Based Learning (PBL).


Keywords


Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan, Simulasi dan Problem Based Learning (PBL)

Full Text:

PDF

References


Abimanyu, S. dan Purwanto, N. (1980). Simulasi sebagai Metode Belajar Mengajar. Pengembangan Pendidikan Guru (P3). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Arikunto, Suharsimi dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press.

Dahar, R.W. (1989). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Latuhern, J.D. (1988). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta: Depdikbud, Dirjendikti, P2PTK.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Setiawan, Iwan. (2016). Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas VII Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,

Sudjana, dkk. (1989). Pedoman Praktek Mengajar. Bandung; Depdikbud.

Sujati. (2000). Penelitian Tindaka Kelas. Yogyakarta. FIP. UNY

Suwarsih, Madya. (2009). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats