PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 NANGA MAHAP MELALUI METODE DISKUSI PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI PELAJARAN IPS

Sri Evia Lestari

Abstract


Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus dengan tujuan adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Nanga Mahap terhadap materi kegiatan ekonomi pelajaran IPS melalui metode diskusi. Subyek peneitian jumlah 36 orang, yaitu siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Nanga Mahap semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi kegiatan ekonomi pelajaran IPS dengan indikasi siswa antusias mengikuti pembelajaran yang ditunjukkan dengan semangat berdiskusi melalui argumen atau pendapat masing–masing kelompok. Siswa yang tuntas belajarnya pada pra siklus sebanyak 12 orang atau 33,33%; pada siklus I sebanyak 22 orang atau 61,11%; dan pada siklus II sebanyak 32 orang atau 88,88%.

 

Kata Kunci: Model diskusi dan hasil belajar siswa.

 

IMPROVING LEARNING OUTCOMES OF STUDENTS OF CLASS VII A SMP NEGERI 1 NANGA MAHAP THROUGH DISCUSSION METHOD ON ECONOMIC ACTIVITIES OF IPS LESSON

 

Abstract: This research method uses Classroom Action Research (CAR) in two cycles. This research purpose is to improve the learning outcomes of class VIIA students of SMP Negeri 1 Nanga Mahap for economic activities material in social studies lessons through discussion methods. The research subjects were 36 people, namely class VIIA students of SMP Negeri 1 Nanga Mahap semester 2 for the 2019/2020 academic year. The results of the study indicate that the application of the discussion method can improve student learning outcomes for social studies subject economic activities with an indication that students are enthusiastic about participating in learning which is indicated by the spirit of discussing through arguments or opinions of each group. Students who completed their studies in the pre-cycle were 12 people or 33.33%; in the first cycle as many as 22 people or 61.11%; and in the second cycle as many as 32 people or 88.88%.

 

Keywords: Discussion model and student learning outcomes.


Keywords


Model diskusi dan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zaenal. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penenlitian. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Armai, Arief. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Iskandar, Dadang dan Narsim. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya Untuk Kenaikan Pangkat dan Golongan Guru & Pedoman Penulisan PTK bagi Mahasiswa. Cilacap: Ihya Media.

Maidar G. Arsjad dan Mukti U.S. (1991). Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sagala, Syaiful. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada.

Slavin Robert E. (2015). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suryosubroto, B. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tohirin. (2007). Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zuhairini, dkk. (1981). Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Ofset Printing.

Zuhairini, dkk. (1983). Metode Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats