UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 17 MUNGGUK PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI ASMAUL HUSNA DENGAN STRATEGI INDEX CARD MATCH

Sumayati Sumayati

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilakasanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 17 Mungguk berjumlah 14 orang. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi Index Card Match pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi Asmaul Husna. Penelitian dilaksanakan dalam dua putaran siklus, dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan dan dianalisis menggunakan statistik sederhana, menggunakan perhitungan persentase. Indikator keberhasilan tindakan apabila terjadi perubahan prilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran dan hasil evaluasi akhir siklus mencapai kriteria ketuntasan minimal, yaitu secara individu ≥ 70 sedangkan secara klasikal apabila siswa yang tuntas mencapai 80%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, yaitu pada pra siklus peserta didik yang tuntas belajarnya sebanyak 5 orang atau 35,71% dan rerata kelasnya sebesar 63,00; pada siklus I peserta didik yang tuntas belajarnya sebanyak 10 orang atau 71,43% dan rerata kelasnya sebesar 71,50; pada siklus II peserta didik yang tuntas belajarnya sebanyak 12 orang atau 85,71% dan rerata kelasnya sebesar 80,57.

This classroom action research is carried out in the odd semester of the 2019/2020 school year. The research subjects were the fourth grade students of SD Negeri 17 Mungguk totaling 14 people. The purpose of the study was to improve student learning outcomes through the Index Card Match strategy in Islamic Religious Education learning the Asmaul Husna material. The research was carried out in two cycles, and each cycle consisted of four stages, namely: planning, implementation, observation, and reflection. Research data were collected and analyzed using simple statistics, using percentage calculations. Indicators of success in action if there is a change in student behavior in participating in learning and the results of the final evaluation of the cycle reach the minimum completeness criteria, namely individually 70 while classically if students who complete reach 80%. The results showed an increase, namely in the pre-cycle of students who completed their studies as many as 5 people or 35.71% and the class average was 63.00; in the first cycle the students who finished their studies were 10 people or 71.43% and the class average was 71.50; in the second cycle, 12 students who completed their studies or 85.71% and the class average of 80.57.


Keywords


Strategi index card match dan hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Rahayu, Astining dan Pramukantoro, J.A. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Think-PairShare Dengan Strategi Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika di SMK Negeri 1 Madiun. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol. 02(03). Halaman: 991-999.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sudarmanto. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Penelitian Tindakan Kelas. Yogjakarta: Sunrise.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trinova, Zulvia. (2012). Hakikat Belajar Dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Jurnal Al-Ta’lim. Vol. 1(3). Halaman: 209-215.

Utami, Sri., dkk. (2019). Upaya Meningkatan Hapalan Asmaul Husna Melalui Strategi Pembelajaran Index Card Match Siswa Kelas II SDN 07 Lakea Kecamatan Lakea Kabupaten Buol. Jurnal Kolaboratif Sains. Vol. 2(1). Halaman: 897 – 910.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats