OPTIMALISASI KECAKAPAN ABAD 21 MELALUI MYSTERY CARD FOR GUIDED DISCOVERY LEARNING DALAM MATERI PAI SHALAT SUNNAH

Siti Shoimatul Ula

Abstract


Media Mystery Card yang digunakan dalam model pembelajaran Guided Discovery Learning pada materi shalat sunnah menjadi salah satu cara yang dipilih sebagai upaya optimalisasi kecakapan abad 21 sekaligus hasil belajar siswa. Berdasarkan kondisi riil, kecakapan abad 21 yang dimiliki siswa kurang optimal, begitu juga pengetahuan dan keterampilan pada materi tata cara shalat sunnah. Untuk itu, diupayakan optimalisasi kecakapan abad 21 dan hasil belajar siswa pada materi shalat sunnah. Best practise ini merupakan deskripsi dari penerapan media mystery card dalam model pembelajaran guided discovery learning pada materi shalat sunnah di kelas 8F SMP Negeri 7 Probolinggo. Tujuan penulisan artikel ini untuk mendeskripsikan penerapan mystery card for guided discovery learning pada materi shalat sunnah, serta kecakapan abad 21 dan hasil belajar siswa dengan penerapan mystery card for guided discovery learning. Melalui hasil observasi, hasil tes, dan hasil belajar siswa dapat diketahui bahwa setelah penerapan mystery card for guided discovery learning, peningkatan hasil belajar siswa terlihat nyata, kecakapan abad 21 yang dimiliki siswa juga meningkat secara signifikan. Upaya inovasi dan pengembangan dalam implementasi mystery card for guided discovery learning perlu dikembangkan. Bahkan perlu diikuti dengan inovasi untuk memunculkan media pembelajaran yang lebih kreatif serta menarik.

The Mystery Card media used in the Guided Discovery Learning model for the sholat sunnah material is one of the methods chosen as an effort to optimizing 21st- century skills as well as student learning outcomes. Based on real conditions, the 21st-century skills possessed by students are less than optimal, as are the knowledge and skills in the material for the sholat sunnah procedures. For this reason, efforts are made to optimize 21st-century skills and student learning outcomes in the sholat sunnah material. This best practice is a description of the application of the mystery card media in the guided discovery learning model of the sholat sunnah material in class 8F of SMP Negeri 7 Probolinggo. The purpose of writing this article is to describe the application of the mystery card for guided discovery learning on the sunnah prayer material, as well as 21st-century skills and student learning outcomes by applying the mystery card for guided discovery learning. Through the results of observations, test results, and student learning outcomes, it can be seen that after the application of the mystery card for guided discovery learning, the increase in student learning outcomes is visible, the 21st -century skills possessed by students also increase significantly. Innovation and development efforts in the implementation of mystery cards for guided discovery learning need to be developed. It even needs to be followed by innovation to bring up more creative and interesting learning media.


Keywords


Guided discovery learning, mystery card, PAI, sholat sunnah

Full Text:

PDF

References


Hidayat, Wahyu. (2018). Implementasi Pengembangan Kecakapan Abad 21 Melalui Fitur Kelas Maya Portal Rumah Belajar. http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2018/09/implementasi-pengembangan-kecakapan-abad-21-melalui-fitur-kelas-maya-portal-rumah-belajar/

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 1-10.

Mulyana, Aina. (2017). Pembelajaran Abad 21 dan Kurikulum 2013. https://ainamulyana.blogspot.com/2017/03/pembelajaran-abad-21-dan-kuikulum-2013.html.

Sudarmanto. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Penulisan Tindakan Kelas. Yogyakarta: Sunrise.

Tim Broad Based Education Depdiknas. 2002. Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup (life Skills) melalui Pendekatan Pendidikan Berbasis Luas (broad base education(Buku I Konsep). Jakarta: Depdiknas

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media

Warso, Agus Wasisto Dwi Doso. (2016). Publikasi Ilmiah Tinjauan Ilmiah dan Best Practise. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats