PENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) DALAM MEMAHAMI POTENSI SUMBER DAYA ALAM
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas 7.1 di SMP Negeri 8 Probolinggo dengan menerapkan PBL (Problem Based Learning) dikolaborasikan dengan HOTS (Higher Order Thinking Skill) atau Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.” Kondisi peserta didik selama ini belum menunjukkan kemampuan dalam berpikir tingkat tinggi sehingga melalui PBL dan HOTS diharapkan dapat terwujud. Setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan PBL dan HOTS maka diperoleh aktivitas belajar yang meningkat sebesar 13,24% dari siklus I ke II. Untuk hasil belajar, peserta didik mengalami peningkatan sebesar 25,00% (penugasan) dan 9,37% (tes akhir). Sesuai dengan tujuan penelitian dan indikator keberhasilan penelitian maka penelitian ini dapat dinyatakan telah berhasil.
This Classroom Action Research (CAR) aims to improve the activities and learning outcomes of grade 7.1 students at SMP Negeri 8 Probolinggo by implementing PBL (Problem Based Learning) in collaboration with HOTS (Higher Order Thinking Skill) or Higher-Level Thinking Skills. The condition of students so far has not shown the ability to think at a higher level so that through PBL and HOTS it is hoped that this can be realized. After taking action by applying PBL and HOTS, learning activities were obtained which increased by 13.24% from cycle I to II. For learning outcomes, students experienced an increase of 25.00% (assignment) and 9.37% (final test). In accordance with the research objectives and indicators of research success, this research can be declared successful.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press.
Nur, Muhammad. (2011). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sain Dan Matematika Sekolah UNISA.
Resnick, L. B. (1987). Education and Learning to Think. Washington, D.C: National Academy Press
Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer, Jakarta: Alfabet
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers.
Seng, O.T. (2000). Problem Based Learning Innovation: Using Problem to Power Learning in 21𝑠𝑡 Century. Singapore: Thompson Learning.
Slameto. (2017). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tohirin. (2000). Psikologi Belajar Pendidikan Agama Islam/ Pekanbaru.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id