KELAS KHUSUS SISWA SPESIAL BAHAGIA BELAJAR SEBAGAI UPAYA MENDONGKRAK MINAT BELAJAR SISWA BERMASALAH

Sri Mawar Kaesi

Abstract


Kondisi anak di dalam kelas tidak semua siap untuk mengikuti pembelajaran. Mereka cenderung mengganggu teman-temannya, bahkan malas untuk belajar hingga keluar dari ruang kelas. Hal ini menuntut guru untuk melakukan tindakan yang dapat membantu mereka mengatasi permasalahan yang disadari maupun tidak disadari oleh siswa. Untuk membantu siswa yang bermasalah di SMP Negeri 2 Dringu pada tahun pelajaran 2022/2023, sekolah mengambil langkah membentuk kelas khusus yang di dalamnya terdapat siswa yang bermasalah dari beberapa kelas. Mereka dikumpulkan menjadi satu dalam kelas khusus. Kelas ini berisi siswa yang bermasalah dari kelas VII, VIII, dan IX.  Materi kegiatan atau kurikulum yang ditargetkan bagi siswa bermasalah ini juga dibedakan dengan kelas reguler. Hasil pemecahan masalah menunjukkan adanya peningkatan minat siswa, diantaranya adalah merasa senang mengikuti kelas ini, dapat berkarya seperti memasak, saya merasa nyaman dalam belajar, saya ingin tetap di kelas khusus ini, saya suka  kegiatan di kelas khusus, siswa lebih santai belajar di kelas khusus.


Keywords


Kelas khusus; siswa spesial; bahagia belajar; minat belajar.

Full Text:

PDF

References


Astuti, Tri Marhaeni Pudji. (2019). Konsep dan Contoh Best Practice Bagi Guru. Makalah Best Practice Bagi Kepala Sekolah/Madrasah dan Pengawas Sekolah / Madrasah.

Dwiyarso, Ki Priyo. (2021). Makalah Elaborasi Filosofi Ki Hajar Dewantoro Dalam Program Guru Penggerak. Jakarta: Dirjen GTK.

Mudana, I Gusti Agung Made Gede. (2019). Membangun Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia. Vol. 2(2). Halaman: 75–81.

Rahayuningsih, Fajar. (2021). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS. Vol. 1(3). Halaman: 177–187.

Sukartiningsih, Wahyu. (2018). Penyusunan Artikel Ilmiah Best Practice. 2008. Makalah Pelatihan Artikel Best Practice di Probolinggo, 17 November 2018.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Warso, Agus Wasisto Dwi Doso. 2016. Publikasi Ilmiah Tinjauan Ilmiah dan Best Practice. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Wartini. (2017). Siswa Bermasalah Perlu Didampingi Bukan Dihakimi. https://smkn1sidoarjo.sch.id/artikel/339/ARTIKEL-SISWA-BERMASALAH-PERLU-DIDAMPINGI-BUKAN-DI-HAKIMI.html.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats