STRATEGI PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN DALAM ASPEK BERBICARA MATERI BAHASA INDONESIA SD MENGGUNAKAN MODEL ROLE PLAYING

Erika Rahmawati, Putri Zudhah Ferryka, Khasana Kurniawati, Linda Apriyani

Abstract


Keterampilan berbicara sering kali menjadi penghambat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. artikel ini bertujuan untuk meningkatkan strategi pembelajaran yang menyenangkan dalam keterampilan berbicara bagi siswa SD, agar dapat diterapkan dalam pembelajaran di sekolah dan kehidupan sehari-hari. Dalam kegiatan pembelajaran, untuk mencapai tujuan pembelajaran diperlukan strategi yang tepat supaya siswa memiliki pengalaman belajar yang menyenangkan dan meningkatkan keterampilan berbicara siswa SD. Maka dari itu, kami memilih model pembelajaran role playing dikarenakan model ini dapat menarik minat siswa, sehingga memungkinkan kelas menjadi dinamis dan penuh antusias. Model role playing adalah suatu model pembelajaran berbentuk permainan yang melibatkan unsur keceriaan dimana siswa langsung memerankan suatu peran yang berhubungan dengan suatu tokoh dalam cerita. Model role playing juga mampu menumbuhkan semangat serta rasa kebersamaan melalui pembelajaran yang menyenangkan. Dalam artikel ini kami menggunakan metode kualitatif dan studi pustaka. Jadi artikel ini berfokus pada aspek berbicara siswa SD melalui kegiatan pembelajaran, dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia materi dongeng. Dengan pembelajaran yang menyenangkan maka pembelajaran yang disampaikan oleh guru akan lebih mudah diterima dan dipahami oleh siswa. Jika siswa menyukai pembelajaran tersebut maka keterampilan berbicara siswa akan bertambah, kemudian siswa mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan baik dilingkungan sekitarnya dengan penuh percaya diri.


Keywords


Strategi, Keterampilan berbahasa, Role playing

Full Text:

PDF

References


Ilham, M., & Wijiati, I. A. (2020). Keterampilan Berbicara: Pengantar Keterampilan Berbahasa. Lembaga Academic & Research Institute.

Nasution, Wahyudin Nur. (2017). Strategi pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Puspitasari, D. A., Buwono, S., & Bambang, B. U. (2015). Penerapan Model Paikem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ekonomi MAN 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) Vol. 4(5). Halaman: 1 – 15.

Tarigan, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD Negeri 013 Lubuk Kembang Sari Kecamatan Ukui. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 102-112.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats