PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Haini Haini

Abstract


Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus. Tujuan peneltian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX H SMP Negeri 1 Sekadau Hilir tahun pelajaran 2022/2023 semester ganjil. Subjek penelitian berjumlah 34 orang siswa yang terdiri dari 22 perempuan dan 12 laki–laki. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifkan. Perolehan skor penilaian pada pra siklus sebesar 2.030 dengan rata–rata kelas sebesar 59,71; pada siklus I diperoleh jumlah nilai sebesar 2.595 dengan rata–rata kelas sebesar 76,32; dan pada siklus II diperoleh jumlah nilai sebesar 2.815 dengan rata–rata 82,79. Jumlah siswa yang tuntas belajarnya pada pra siklus sebanyak 11 orang atau 32,35%; pada siklus I sebanyak 22 orang atau 64,71%; dan pada siklus II sebanyak 32 orang atau 94,12%.


Keywords


Metode diskusi; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arief, Armai. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Hamalik, Oemar. (1993). Media Pendidikan. Cetakan ke–VI. Bandung: Citra Aditya.

Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. (2011). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kunandar. (2016). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, Nana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suparno, Paul. (2008). Riset Tindakan untuk Pendidikan. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Suparwoto. (2004). Kemampuan Dasar Mengajar. Yogyakarta: FIP Universitas Negeri Yogyakarta.

Usman, Basyiruddin. (2002). Media Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats