PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX I SMPN1 SEKADAU HILIR PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE KERJA KELOMPOK

Iskandar Iskandar

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua putaran atau dua siklus. Dalam penelitian ini penulis sebagai guru penyaji materi pelajaran dan juga bertindak sebagai selama dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX I di SMP Negeri 1 Sekadau Hilir tahun pelajaran 2022/2023 semester genap berjumlah 34 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan upaya peningkatan hasil belajar siswa kelas IX I di SMP Negeri 1 Sekadau Hilir melalui Metode Kerja Kelompok terhadap materi Persamaan Kuadrat dalam mata pelajaran Matematika. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan yang signifikan, yaitu jumlah skor penilaian siswa pada Pra Siklus memperoleh 1.990 dengan rata–rata kelas sebesar 58,53; pada Siklus I memperoleh 2.285 dengan rata–rata kelas sebesar 67,21; dan pada Siklus II mencapai 2.570 dengan rata–rata kelas sebesar 75,59. Adapun siswa yang tuntas belajarnya pada Pra Siklus sebanyak 12 orang atau 35,29%; pada Siklus I sebanyak 20 orang atau 58,82%; dan pada Siklus II mencapai 28 orang atau 82,35%.


Keywords


Hasil belajar; Metode kerja kelompok

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zaenal. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arifin, Zaenal. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmuri. (2014). Metodologi Pembelajaran PAI Perspektif Kontekstual. Pekanbaru: Mutiara Pesisir Sumatra.

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mudasir. (2012). Desain Pembelajaran. Riau: STAI Nurul Falah Pres.

Nurhayati, Eti. (2013). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Wibowo, Agus. (2012). Pendidikan Karakter Usia Dini (Strategi Membangun Karakter Usia Dini). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yamin, Martinus. (2010). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: GP Press Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats