KOLABORASI PEMBELAJARAN ANTAR EKSTRAKURIKULER UNTUK PENGUATAN PRESTASI KARYA ILMIAH REMAJA DI SMP NEGERI 3 PROBOLINGGO

Toni Gigih Pradono Ali

Abstract


Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) SMPN 3 Probolinggo perlu dibenahi karena cukup lama tidak ada kegiatan. Perlu banyak kegiatan yang berkesan untuk menarik anggota. Tujuan akhir adalah siswa berprestasi. Best practice ini menggambarkan kegiatan penulis untuk menguatkan potensi prestasi ekstrakurikuler KIR sebagai layanan pembelajaran siswa yang menyukai bidang ini. Penguatan kemampuan mengatur alat, mengamati fenomena, mengambil data, menulis laporan, sampai mempresentasikan karya. Pelak-sanaannya dalam bentuk kolaborasi pembelajaran antar ekstrakurikuler bimbingan guru-guru dengan berlatar belakang IPA-Fisika-Biologi dan pembimbing ekstrakurikuler: Jurnalistik dan Adiwiyata yang menyukai bidang karya tulis. Hasil tindakan penulis menunjukkan anggota ekstrakurikuler makin menyukai kegiatan laboratorium hingga berprestasi dalam bidang karya tulis. Anggota ekstra-kurikuler makin menunjukkan kemampuan pada tampilan laboratorium baik di panggung, maupun prestasi dalam lomba Olympiade Penelitan Siswa Indonesia.


Keywords


Kolaborasi, ekstrakurikuler, prestasi, karya ilmiah remaja

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.

Arikunto, Suharsimi. (1992). Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta: Rajawali.

Listyaningsih, R. (2015). Penggunaan artikel ilmiah biologi untuk memunculkan kreativitas rancangan penelitian peserta Kelompok Ilmiah Remaja. (Skripsi dipublikasikan). Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses pada 27 Februari 2017 dari http://repository.upi.edu/21565

Mary Rombokas, High School Extracurricular Activities and College Grades makalah dipresentasikan pada The Southeastern Conference of Counseling Personnel, Jekyll Island, GA Oktober 1995. Dikutip Rachel Hollrah, Extracurricular Activities, dalam http://www.public.iastate.edu/~rhetoric/105H17/rhollrah/cof.html

Mulyana, Rohmat. (2004). Mengartikulasi Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Nasution, S. 1(987). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Pawitri, A. (2017). Studi Kasus: Gambaran Kecenderungan Kreativitas Dalam Menulis Karya Ilmiah Pada Anggota Anggota Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) tingkat SMA. Naskah tidak dipublikasikan. Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar.

Poerwanto, Ngalim. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya

Sulhan, Najib. (2006). Pembangungan Karakter pada Anak. Manajemen Pembelajaran Guru Menuju Sekolah Efektif. Surabaya: Intelektual Club.

Susilowarno, R. G. (2003). Kelompok Ilmiah Remaja: Petunjuk Membimbing dan Meneliti Bagi Remaja. Jakarta: Grasindo.

Usman, Moh. Uzer dan Setyowati, Lilis. (1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winkel WS. (1997). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats