BELAJAR DAN BERMAIN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATERI PAHLAWAN NASIONAL DI SEKOLAH DASAR

Nur Sheilla Amin, Sri Utami, Putri Zudhah Ferryka

Abstract


Siswa sekolah dasar sering kali merasa bosan pada saat guru memberi-kan materi tentang pahlawan nasional dengan metode yang digunakan ceramah. Metode ceramah bagi sekolah dasar sangat membosankan. Karena hal tersebut seorang guru harus melakukan inovasi bagaimana caranya agar siswa tidak merasa bosan dengan materi tentang pahlawan nasional dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Artikel ini bertujuan untuk membantu guru agar memecahkan masalah tersebut, dengan model make a match guru dapat mencip-takan pengalaman belajar bagi siswa yang lebih menyenangkan. Pada dasarnya model make a match adalah pembelajaran yang berbasis pada permainan kartu. Dengan bermain siswa dapat menghilangkan rasa bosannya pada materi pahlawan nasioal dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan sosian (ips). Maka penulis ingin menyajikan solusi supaya guru tidak hanya menggunakan metode ceramah melainkan mengembangkan pembelajaran tersebut dengan cara belajar sambil bermain mengunakan model make a match. Maka artikel ini akan menyaji-kan sintaks make a match yang di kembangkan sesuai dengan materi pahlawan nasional dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang akan memudahkan guru dalam memberikan materi kepada siswa.

Keywords


Belajar dan bermain; model pembelajaran make a match

Full Text:

PDF

References


Dewi, Ni Made Oktiana., dkk. (2014). Penerapan Metode Bermain Berbantuan Media Balok Cruissenare Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif. e-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 2(1). Halaman: 1–10.

Khoirudin, M. (2019). Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mendeskripsikan Nilai Juang Pancasila Sebagai Dasar Negara Pada Siswa Kelas VI SDN I Guwotirto Tahun Pelajaran 2013/2014. Elementary School. Vol. 6(2). Halaman: 190–195.

Perwita Sari, Suci., dkk. (2020). Penggunaan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Educational Journal of Elementary School. Vol. 1(1). Halaman: 19–24.

Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sumarni. (2021). Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penyesuaian Diri Dengan Lingkungan Pada Siswa. Jurnal Kewarganegaraan. Vol. 5(1). Halaman: 39–44.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats