PENGARUH KEMANDIRIAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP ISLAM TERPADU MISYKAT AL-ANWAR PADA KURIKULUM MERDEKA

Niken Widia Ningrum, Novia Dwi Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan: 1)mendeskripsikan pengaruh kemandirian terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kurikulum merdeka. 2)mendeskripsikan besarnya kontribusi kemandirian terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kurikulum merdeka. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan tipe korelasional exposfacto sebanyak 38 sampel pada siswa kelas VII SMP Islam Terpadu Misykat Al-Anwar. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes sebanyak 2 butir soal uraian dengan analisis regresi linear sederhana sebagai teknik analisisnya. Dari penelitian ini telah ditunjukkan: a)Kemandirian siswa tergolong tingkat “tinggi” dengan persentase 65,98%. Sedangkan Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mayoritas termasuk kategori “baik”. Kemandirian siswa berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kurikulum merdeka yang ditunjukkan dengan hasil signifikansi yakni 0,000 yang lebih rendah daripada 0,05 sehingga hipotesis dapat diterima. b)Besar kontribusi kemandirian siswa yakni 48,4% dengan faktor-faktor lain sebesar 51,6% dan besarnya korelasi yakni 0,6957 pada tingkat hubungan yang “kuat”.

 


Keywords


Kemandirian, Siswa, Matematis

Full Text:

PDF

References


Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3(1). Halaman: 1-10.

Hidayat, R., Roza, Y., & Murni, A. (2019). Peran Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Kemandirian Belajar. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning). Vol. 1(3). Halaman: 213-218.

Mayasari, & Rosyana, T. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kota Bandung. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3(1). Halaman: 82-89.

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 3(2). Halaman: 456-462.

Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Roebyanto, G., & Harmini, S. (2017). Pemecahan Masalah Matematika Untuk PGSD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sagita, N., & Warmi, A. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMKN 1 Rengasdengklok. Jurnal Ilmiah Dikdaya. Vol. 12(1). Halaman: 14-21.

Siagian, R. E. F., Marliani, N., & Aqisna, D. P. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMK Dewantara Cibinong. Journal on Education. Vol. 5(1). Halaman: 1012-1022.

Sugandi, A. I. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Setting Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMA. Infinity Journal. Vol. 2(2). Halaman: 144-155.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zulfah. (2019). Analisis Kemampuan Peserta Didik SMP di Bangkinang Melalui Penyelesaian Soal PISA 2015. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3(2). Halaman: 350-362.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats