IMPLEMENTASI MODEL EVALUASI CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) PADA SUPERVISI AKADEMIK MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KAPUAS HULU

Kusnadi Kusnadi, Muhammad Nur Akbar Rasyid, Sitti Mania

Abstract


Penelitian metode deskriptif-kualitatif ini dilakukan dalam rangka mengevaluasi program supervisi akademik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kapuas Hulu dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Teknik pengumpulan data melalui observasi, studi dokumen dan wawancara kemudian di analisis dengan melibatkan trianggulasi. Subjek penelitian adalah personel Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kapuas Hulu yang terdiri satu orang kepala madrasah dan 30 orang guru yang terdiri dari 22 orang guru kelas dan 8 orang guru bidang studi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam evaluasi konteks perlu adanya supervisi akademik berdasarkan keadaan dan peningkatan kualitas guru, pada evaluasi input menggambarkan program telah direncanakan dengan baik menggunakan berbagai metode yang melibatkan guru dalam kesiapannya dan didukung oleh infrastruktur serta dana yang tersedia, dan pada evaluasi proses menunjukkan adanya kemauan dan keterlibatan guru dalam menghadapi tantangan dan penerapan teknik yang direncanakan dengan penyesuaian perencanaan berdasarkan situasi yang sedang berlangsung. Sedangkan pada evaluasi produk menunjukkan program supervisi akademik berdampak positif dan berhasil mencapai tujuan yang telah ditetapkan sehingga supervisi akademik dengan Implementasi Model Evaluasi CIPP ini direkomendasikan untuk dilanjutkan dengan beberapa perbaikan. 

Keywords


Evaluasi CIPP; supervisi akademik, konteks, input, proses, produk.

Full Text:

PDF

References


Agriani, A., dan Slameto, S. (2015). Supervisi Kunjungan Kelas Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SDN Cukil 01, Tengaran, Kabupaten Semarang.: Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 2(1). Halaman: 1–11.

Gaol, N.T.L. dan Siburian, P. (2018). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 5(1). Halaman: 66-73.

Keputusan Menteri Agama (KMA) Republik Indonesia Nomor 624 Tahun 2021 tentang Pedoman Supervisi Pembelajaran Pada Madrasah.

Lukman, A. (2013). Evaluation of Science Learning Supervision on Secondary Schools. International Journal of Education. Vol. 5(4). Halaman: 61-81.

Mawarni, R., dkk. (2017). Supervisi Akademik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 6 (1).

Mulyasa, E. (2012). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nazir, Moh. (2014). Metode Penelitian. Bandung: Ghalia Indonesia.

Panduan Supervisi Pembelajaran di Sekolah Dasar, (2016). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Peraturan Menteri Agama Nomor 58 Tahun 2017 tentang Kepala Madrasah.

Sahertian, Piet A. (2008). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rieneka Cipta.

Sudjana, Nana. (2010). Manajemen Program Pendidikan Untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya manusia, Bandung: Penerbit Falah.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Wanzare, Z. (2012). Intructional Supervision in Public Secondary Schools in Kenya. Educational Management Administration & Leadership Journal. Vol. 40(2). Halaman: 188–216.

Worthen, B.R., & Sanders, J.R. (1981). Educational evaluation: Theory and practice. Ohio: Charles A. Jones Publishing Company.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats