MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI GAME CHAIN SPELLING PADA SISWA KELAS VII MTS NEGERI 13 JAKARTA

Siti Nurheny Yuliawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa kelas VII MTs Negeri 13 Jakarta melalui Game Chain Spelling. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs Negeri 13 Jakarta kelas A, B, C dan D yang berjumlah 141 siswa. Kelas. Pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Data diperoleh untuk mengetahui persentase ketuntasan belajar melalui rata-rata nilai peserta didik. Pada siklus I persentase hasil belajar siswa 28% diatas KKM dan 72% dibawah KKM. Pada siklus II persentase hasil belajar siswa 77% diatas KKM dan 23% dibawah KKM. Penerapan Game Chain Spelling terbukti efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris serta meningkatkan keaktifan peserta didik.


Keywords


Game chain spelling, kosakata, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi., dkk. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Brown, H. D. (2000). Teaching by Principle: An Interactive Approch to Language Pedagogy. New York: Longman.

Elviza, Yulia., dkk. (2013). Peningkatan Penguasaan Kosakata Melalui Teknik Permainan Teka-Teki Silang di Kelas VII.A SMPN 2 Sungai Penuh. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 1(2). Halaman: 469-476.

Jatmiko, Aji. (2019). Joyful English Games For SMP/MTs. Kendal: Ahsyara Media Indonesia.

Manurung, Kepler. (2019). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Materi Family Melalui Lagu Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah dalam Bidang Pendidikan STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi. Vo. 2(2). Halaman: 34–45.

Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Schmitt, N. (2000). Vocabulary In Language Teaching. Cambridge, New York: Cambridge University Press.

Sugiono. (2015). Metode Peneltian Tindakan Kelas Komprehensif. Bandung: Alfabeta.

Uti, Hasir Y., dkk. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Game pada Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Daring dan Luring di MTs N 1 Gorontalo. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran. Vol. 3(3). Halaman: 10–16.

Winatha, Komang Redy dan Setiawan, I Made Dedy. (2020). Pengaruh Game–Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 10(3). Halaman: 198–206.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats