MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI MODEL INQUIRY LEARNING

Suryanto Suryanto

Abstract


Tujuan penelitian tindakan kelas ini secara umum adalah mendeskripsikan proses dan hasil belajar Lompat Jauh melalui model Inquiry Learning pada peserta didik kelas 9.1 SMP Negeri 8 Probolinggo tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Probolinggo, Jalan Salak No. 137, Kelurahan Jrebeng Kidul, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo. Subjek penelitian sebanyak 30 orang yang terdiri dari 8 putra dan 22 putri. Hasil belajar Lompat Jauh melalui model Inquiry Learning pada peserta didik kelas 9.1 SMP Negeri 8 Probolinggo tahun ajaran 2023/2024 dapat dideskripsikan bahwa peserta didik telah mampu menunjukkan perkembangan aspek pengetahuan dan ketrampilan yang lebih baik. Hasil belajar pada Siklus I ternyata telah mampu melampaui Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan persentase ketuntasan minimal 70%. Kemampuan pemahaman peserta didik terhadap kombinasi gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional telah mengalami perubahan positif.


Keywords


Hasil Belajar, Lompat Jauh, Inquiry Learning

Full Text:

PDF

References


Ad. Rooijakkers. (2010). Mengajar dengan Sukses. Jakarta: Grasindo.

Arikunto, Suharsimi dkk. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineke Cipta

Hamalik, Oemar. (2020). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.

Hopkins, David. (2011). Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas (Penerjemah Ahmad Fawaid). Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Krathwohl, David R. (2017). Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mulyadi. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar & Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.

Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sani, Ridwan Abdullah. (2017). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suherman. (2018). Buku Guru PJOK Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats