HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI AKADEMIK, EFIKASI DIRI AKADEMIK, HARGA DIRI DAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMP NEGERI DI KOTA MALANG

Rahmawati Husnul Khotimah, Carolina Ligya Radjah, Dany Moenindyah Handarini

Abstract


Abstract: This study aims to determine the relationship between academic self-concept, academic self-efficacy, self-esteem and academic procrastination. To achieve these goals, used a correlational study design. The population used in the study are students of Junior High School in Malang, the sample totaled 393 students obtained through a multistage random sampling method of sampling. To measure academic self-concept, academic self-efficacy, self-esteem and academic procrastination, use a scale of academic self-concept, academic self-efficacy scale, the scale of self-esteem and academic procrastination scale that has been tested for validity and reliability. The results showed that each variable that academic self-concept, academic self-efficacy and self-esteem negatively related to academic procrastination and together these three variables affect the academic procrastination.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri akademik, efikasi diri akademik, harga diri dan prokrastinasi akademik. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan rancangan penelitian korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ialah siswa SMP Negeri di Kota Malang, sampel penelitian berjumlah 393 siswa yang diperoleh melalui metode pengambilan sampel multistage random sampling. Untuk mengukur konsep diri akademik, efikasi diri akademik, harga diri dan prokrastinasi akademik, digunakan skala konsep diri akademik, skala efikasi diri akademik, skala harga diri dan skala prokrastinasi akademik yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing variabel yaitu konsep diri akademik, efikasi diri akademik dan harga diri memiliki hubungan negatif terhadap prokrastinasi akademik dan secara bersama-sama ketiga variabel tersebut berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik.

Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i22016p060


Keywords


konsep diri akademik; efikasi diri akademik; harga diri dan prokrastinasi akademik

Full Text:

PDF

References


Abdillah, R. 2011. Perbedaan Konsep Diri Akademik Antara Siswa Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta Dan SMK Diponegoro Yogyakarta. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas ilmu Sosial & Humaniora. Program Studi Psikologi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Diunduh (http://digilib.uin-suka.ac.id/6060/1/BAB%20I,V,%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf) pada 23 November 2015

Alvira, M. 2013. Keefektifan Teknik Self Management Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa SMP. Skripsi (tidak diterbitkan) Fakultas Ilmu Pendidikan. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Universitas Negeri Malang.

Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press

Atmasari. (2009). Studi Deskriptif Mengenai Konsep Diri Akademik dan Perencanaan Karier Pada Remaja Yang Memiliki Orang Tua Sebagai Tenaga Kerja Indonesia, Skripsi, Fakultas Psikologi Diunduh dari: http//alumni.unair.ac.id/kumpulanfile/743829930. abs.pdf., 30 Agustus 2015

Dayakisni, T, & Hudaniah. 2009. Psikologi Sosial Edisi Revisi. Malang: UMM Press

Erma, 2013. Hubungan Antara Harga Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi. diunduh dari (http://eprints.ums.ac.id/24795/9/02._Naskah_Publikasi.pdf) pada 22 Agustus 2015

Hanafiah, N.A. 2012. Hubungan Antara Self Esteem, Self Confidence, Dan Self Acceptance Dengan Self Disclosure Pada Remaja. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Pendidikan Psikologi. Jurusan Psikologi. Universitas Negeri Malang

Lampert, J. (2007). The Relationship of Self-Efficacy and Self-Concept To Academic Performance In A College Sample : Testing Competing Models and Measures. School of Professional Psychology Pacific University. (http://commons.pacificu.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1140&context=spp) diunduh pada 24 November 2015

Martyana, L. 2013. Hubungan Efikasi dengan diri Prokrastinasi Akademik pada siswa SMA Islam Diponegoro Wagir Malang. Skripsi (tidak diterbitkan). Program Studi Psikologi. Universitas Negeri Malang

Mangantes, L.M. 2005. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua, Kelas Sosial, Kemampuan Umum, Dan Self-Esteem Siswa SMA Negeri di Kota Malang. Tesis (tidak diterbitkan). Pascasarjana Program Studi Bimbingan dan Konseling. Universitas Negeri Malang

Melina, M.R. 2014. Hubungan antara konsep diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Universitas Gunadarma. Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Gunadarma. Diunduh dari (http://library.gunadarma.ac.id/repository/view/3782189/hubungan-antara-konsep-diri-dengan-prokrastinasi-akademik-pada-mahasiswa-universitas-gunadarma.html/) pada 23 September 2015

M. N. Ghufron. 2003. Hubungan Kontrol Diri dan Persepsi Remaja terhadap Penerapan Dsiplin Orang Tua terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Madrasah Aliyah Kota Jogjakarta. Thesis (tidak diterbitkan). Jogjakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada diunduh pada 22 September 2015

Mumpuni, R.E. 2015. Keefektifan Symbolic Modeling Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa SMP. Tesis (tidak dterbitkan). Pascasarjana Program Studi Bimbingan dan Konseling. Universitas Negeri Malang.

Popoola, B. 2005. A study of the relationship between procrastinatory behaviour and academic performance of undergraduate students in a Nigerian University. African Symposium: An Online Journal of Educational Research Network (https://www.ncsu.edu/aern/TAS5.1/TAS5.1.pdf) vol 5 number 1, March 2005

Taneo, Joris. 2014. Keefektifan Konseling Kelompok Cognitive Behavior Untuk Mereduksi Pola Pikir Prokrastinasi Akademik Siswa SMA. Pascasarjana Program Studi Bimbingan dan Konseling. Univeersitas Negeri Malang: Tesis (tidak diterbitkan)

Thalib, S.B. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Timpe, A.D. 1999. Seri Manajemen Sumber Daya Manusia, Mengelola Waktu. Terjemahan Susanto Boedidharmo. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia

Wardati & Jauhar, M. 2011. Implementasi Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustakaraya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Rahmawati Husnul Khotimah, Carolina Ligya Radjah, Dany Moenindyah Handarini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling
ISSN 2503-3417 (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: jkbk.fip@um.ac.id

Find Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling on:

google.pngipiii.pnggoogle.png

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

  View Visitor Stats