Sistem Aplikasi Tata Kelola Administrasi (SIPATAS) dalam Peningkatan Pelayanan Prima Administrasi Desa
Abstract
Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pelayanan administrasi desa dengan menggunakan aplikasi SIPATAS (Sistem Aplikasi Tata Kelola Administrasi) yaitu sebuah aplikasi berbasis microsoft excel yang digunakan untuk membantu perangkat desa Gadingkembar dalam meningkatkan efektivitas pelayanan. Pemilihan SIPATAS sebagai inovasi baru dalam pelayanan administrasi masyarakat Gadingkembar dikarenakan Pemerintah Desa Gadingkembar dalam melayani administrasi masyarakat masih menggunakan cara yang manual, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama. Inovasi ini juga sekaligus mendukung kebijakan penerapan e-government untuk menjawab tantangan perkembangan zaman. Metode pengabdian dilakukan dengan metode sosialisasi, pelatihan, dan tanya jawab. Selain itu, sasaran program juga mempraktikkan secara langsung untuk mengoperasikan aplikasi tersebut. Hasil dari pelatihan yang sudah dilakukan yaitu sasaran program sangat antusias meskipun ada beberapa yang memiliki keterbatasan dalam mengoperasikan microsoft excel. Sasaran program mengatakan bahwa aplikasi ini sangat bermanfaat dan memang dibutuhkan untuk melayani administrasi masyarakat khususnya dalam hal persuratan. Berdasarkan paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa aplikasi SIPATAS merupakan inovasi baru yang dapat diterapkan untuk melayani administrasi masyarakat sebagai bentuk pengembangan teknologi di bidang pemerintahan.
Kata kunci— Efektivitas Pelayanan, Inovasi, Pelayanan Administrasi, SIPATAS
Abstract
The purpose of this activity aims to improve village administration services by using the application. The SIPATAS (Administrative Governance Application System) is a Microsoft Excel-based application that used to help Gadingkembar village officials improve service effectiveness. The selection of SIPATAS as a new innovation in the administration services of the Gadingkembar community was due to the Government of Gadingkembar Village Government serving the community administration in a manual way, so that took quite a long time. This innovation also supports the policy of implementing e-governement to answer the challenges of the times. The dedication method is done by the method of socialization, training, and question and answer. In addition, the target program also practices directly to operate the application. The results of the training that have been carried out are that the program targets are very enthusiastic even though there are some who have limitations in operating Microsoft Excel. The program targets say that application is beneficial and needed to serve the community administration, especially in correspondence. Based on the explanation above, it can be concluded that the application of SIPATAS is a new innovation that can be applied to serve public administration as a form of technological development in government.
Keywords— effectivity of services, Inovation, administrative services, SIPATAS
Full Text:
PDFReferences
Akbar, A., & Sensuse, D. I. (2018). Pembangunan Model Electronic Government Pemerintahan Desa Menuju Smart Desa. Jurnal Teknik dan Informatika, 5(1), 1–5.
Andari, T., & Lusiana, R. (2016). Pemberdayaan Desa melalui Pelatihan Pengoperasian Microsoft Excel dalam Administrasi Data Matematis Desa. Jurnal Terapan Abdimas, 1(1), 29–31.
Basir, M. A., Gunawan, I., Nazila, W. O., & Hadmar, A. M. (2020). Tata Kelola Administrasi Desa dalam Pemanfaatan Sistem Aplikasi Komputer. Jurnal Pengabdian Masyarakat Humanism, 1(2), 57–63.
Fendini, D. S., Kertahadi, & Riyadi. (2013). Pengaruh kualitas sistem dan kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna. Jurnal Administrasi Binsis, 4(1), 1–11.
Higau, C. B. H. (2015). Pelaksanaan Administrasi Pemerintahan Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Masyarakat di Desa Matalibaq Kecamatan Long Hubung Kabupaten Mahakam Ulu. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 3(3), 1448–1459.
Irawan, B. (2017). Studi Analisis Konsep E-Government: Sebuah Paradigma Baru Dalam Pelayanan Publik. Jurnal Paradigma (JP), 2(1), 174–201. doi: 10.30872/jp.v2i1.351
Kencono, D. S. (2017). Analisis Struktur Kelembagaan Penyelenggara E-Goverment pada Pemerintah Kabupaten Sragen Tahun 2013. Politika: Jurnal Ilmu Politik, 6(1), 115–140. doi: 10.14710/politika.6.1.2015.115-140
Kominfo RI Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. (2003). Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 Tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government.
Ma’arif, S. (2013). Konteks Politis Administratif dalam Reformasi Pelayanan Publik di Daerah. Jurnal Natapraja: Kajian Ilmu Administrasi Negara, 1(1), 1-13. doi: 10.21831/jnp.v1i1.3182
Niati, A., Soelistiyono, A., & Ariefiantoro, T. (2019). Pengembangan Kemampuan Sumber Daya Manusia melalui Pelatihan Komputer Microsoft Office Excel untuk Meningkatkan Kinerja Perangkat Desa Mranggen. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 10(1), 105. doi: 10.26877/e-dimas.v10i1.3557
Petrillo, A., Felice, F. D., Cioffi, R., & Zomparelli, F. (2018). Fourth Industrial Revolution: Current Practices, Challenges, and Opportunities. Dalam A. Petrillo, R. Cioffi, & F. D. Felice (Ed.), Digital Transformation in Smart Manufacturing. InTech. doi: 10.5772/intechopen.72304
Rianto, R., Mubarok, H., & Aradea, A. (2019). Pelatihan Penerapan Sistem Layanan Administrasi Penduduk Desa Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pengabdian Siliwangi, 5(1), 68-72.
Rihardi, S. A., Yusliwidaka, A., & Mazid, S. (2019). Efektivitas Pemerintahan dalam Pelayanan Publik Dengan SIKDES (Sistem Informasi Konektivitas Desa) (Studi Kasus di Desa Sidorejo Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang). JPLAG (Journal of Public Administration and Local Government), 3(1), 70–81.
Sormin, M. A., Sahara, N., & Agustina, L. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Perangkat Lunak (Microsoft Office Word, Excel, Power Point) dalam Kinerja Pengolahan Data di Pemerintahan Desa Bagi Kepala Desa Se-Kecamatan Batang Angkola Masdelima. Jurnal Pengabdian Masyarakat MARTABE, 1, 78–82.
Sucipto, H., Mujianto, A., Mahsuri, C., Ali, M., & Mahfudiyanto. (2020). Implementasi Aplikasi E-Surat pada Perangkat Desa di Desa Mentrus Kudu Jombang. Jurnal Abidumasy, 1, 34–41.
Irmayani, I., & Sudirman, A. M. (2019). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Microsoft Office Pada Aparat Desa di Kecamatan Lamasi Timur Kabupaten Luwu Provinsi Sulawesi Selatan. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 20-27.
Susena, E., & Lestari, D. A. (2016). Efektivitas Penerapan Electronic Government Terhadap Pelayanan Publik di Kabupaten Sragen. SAINSTECH, 2(3), 56–63.
Susilo, J., Pujiatna, T., & Firmasari, S. (2020). Pembinaan Tata Bahasa dan Bentuk Surat-Menyurat Indonesia Berbasis Microsoft di Desa Mandala, Dukupuntang Kabupaten Cirebon. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 173–177. doi: 10.30595/jppm.v0i0.5498
Wahyudi, A. (2016). Prospek Pelayanan Publik Berbasis E-Government di Tulungagung. Jurnal PUBLICIANA, 9(1), 36-47–47.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v3i3p%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Email: karinov@um.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.