Modul Pelajaran Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa sebagai Suplemen Bahan Ajar bagi Guru SD/MI di Desa Jambesari

Yuniawatika Yuniawatika, Ega Ayu W, Mochamad Fatchan A.R, Nita Tri L, Rahayu Intan W

Abstract


Kualitas pendidikan dapat ditinjau dari adanya guru profesional yang menguasai berbagai kompetensi. Sebagai upaya mewujudkan hal tersebut, maka diadakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pembuatan Modul IPBA sebagai suplemen bahan ajar Guru. Program kerja ini dapat membantu guru sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah dalam mendapatkan buku rujukan maupun sumber bacaan mandiri mengenai materi Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa. Guru dapat mengukur tingkat pemahaman terhadap materi dengan mengerjakan latihan soal yang terdapat di akhir bab pada modul. Metode yang digunakan dalam menyusun modul ini yaitu dengan melakukan analisis permasalahan yang ada di sekolah, dilanjutkan dengan penyusunan materi, pencetakan modul dan pembagian modul. Program kerja ini berjalan dengan lancar terbukti dengan terselesaikannya penyusunan modul ini serta adanya respon yang baik dari pihak sekolah pada saat proses pembagian modul. 

 

Kata kunci— Modul IPBA, Suplemen Guru, Guru SD/MI

 

Abstract

 

The quality of education can be seen from the presence of professional teachers who master a variety of competencies. As an effort to realize this, a community service activity was held in the form of making the IPBA Module as a supplement to Teacher's teaching materials. This work program can assist elementary school / madrasah ibtidaiyah teachers in obtaining reference books as well as independent reading resources on the subject of Earth and Space Sciences. The teacher can measure the level of understanding of the material by doing the exercises that are at the end of the chapter in the module. The method used in compiling this module is to analyze the problems that exist in schools, followed by the preparation of materials, printing modules and division of modules. This work program is running smoothly as evidenced by the completion of the preparation of this module and the good response from the school during the module distribution process.

 

Keywords IPBA Module, Teacher Supplements, SD / MI Teachers


Full Text:

PDF

References


Aditia TM, Novianti M. (2013). Pengembangan modul pembelajaran berbasis sains, lingkungan, teknologi, masyarakat dan islam (salingtemasis) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep ekosistem kelas x di sma nu (nadhatul ulama) lemah abang. Kabupaten Cirebon: Jurnal Scientiae Educatia Vol. 2:(2).

Anggraini, A., & Sukardi, S. (2015). Pengembangan modul prakarya dan kewirausahaan materi pengolahan berbasis product oriented bagi peserta didik SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 287-296.

Asri, A. S. (2017). Telaah buku teks pegangan guru dan siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas VII berbasis kurikulum 2013. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 3(1), 70-82.

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya.

Fatimah SS, Risky R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan dan Keguruan YPUP Makassar: Vol. 6:(2).

Hidayati Tri. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Suplemen Histori Of Mathematics. Purwokerto: CV. Pena Persada.

Pane, Aprida, Muhammad Darwis Dasopang. (2017). Belajar dan Pembelajaran. IAIN Padangsidimpuan: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman Vol 3:(2).

Rochman, Arman Abdul. (2016). Pengembangan Bahan Ajar IPBA Terpadu Tema Pelindung Bumi yang Mengakomodasi Kecerdasan Majemuk dan Penamaan Karakter Siswa SMP. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (Online), (http://repository.upi.edu) Diakses pada 01 Juli 2020.

Rosa, F. O. (2015). Pengembangan modul pembelajaran IPA SMP pada materi tekanan berbasis keterampilan proses sains. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1).

Suyanto. (2013). Menjadi Guru profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru Di Era Global. Jakarta: Erlangga.

Sopiah dkk. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Bahan Ajar Bagi Guru SMA 5 Kediri. Universitas negeri Malang. Jurnal Karinov Vol. 2:(1).

Sriyono. (1992). Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Undang-Undang No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Online), (http://luk.staff.ugm.ac.id) Diakses pada 01 Juli 2020.

Usman, Moh. Uzer. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Yuniawatika, Y., & Nuraini, N. L. S. (2017). Pendampingan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Scientific Dengan Pembelajaran Karakter Terintegrasi. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v3i3p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: karinov@um.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.