Pelatihan Pemasaran Online, Upaya Tingkatkan Penghasilan UMKM Desa Sumberdadap di Masa Pandemi
Abstract
Kebijakan pemerintah yang menghimbau masyarakat untuk melakukan physical distancing mengakibatkan perekonomian masyarakat melemah. Salah satu yang terkena dampaknya yakni para pemilik UMKM. Namun hal tersebut dapat dipulihkan dengan penggunaan inovasi pada sektor ekonomi. Inovasi yang dimaksud yakni penggunaan platform E-commerce dalam pemasaran produk. Hal ini dinilai cukup efektif mengingat tingkat penggunaan internet naik saat masa pandemi. Pemilik UMKM di Desa Sumberdadap, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur dapat memanfaatkan aplikasi Shopee sebagai salah satu media pemasaran selain menggunakan pemasaran konvensional di lingkungan sekitar. Tujuan dari Pengabdian Kepada Masyarakat ini yaitu meningkatkan penghasilan pemilik UMKM di Desa Sumberdadap, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur melalui pemasaran online dengan menggunakan aplikasi shopee di masa pandemi. Metode yang digunakan yaitu pelatihan dan pendampingan kepada pemilik UMKM. Hasil pengabdian menunjukkan antusiasme masyarakat dengan diadakannya pelatihan e-commerce melalui platform shopee dan dengan pelatih tersebut, masyarakat dapat menggunakan platform shopee dalam pemasaran produk UMKM. Selain itu, dengan penjualan melalui shopee pendapatan masyarakat mengalami kenaikan di masa pandemi covid-19 yang masih berlangsung.
Kata kunci— Pengabdian masyarakat, Pendidikan, E-commerce, UMKM
Abstract
Government policies that urge the public to carry out physical distancing have resulted in a weakening of the people's economy. One of those affected is the SMEs owners. However, this can be recovered by using innovation in the economic sector. The innovation in question is the use of an E-commerce platform in product marketing. This is considered quite effective considering the level of internet use has risen during the pandemic. SMEs owners in Sumberdadap Village, Pucanglaban District, Tulungagung Regency, East Java can take advantage of the Shopee application as a marketing medium in addition to using conventional marketing in the surrounding environment. The purpose of this community service is to increase the income of SMEs owners in Sumberdadap Village, Pucanglaban District, Tulungagung Regency, East Java through online marketing using the Shopee application during a pandemic. The method used is training and mentoring to SMEs owners. The results of this service show the enthusiasm of the community by holding e-commerce training through the shopee platform and with this trainer, the community can use the shopee platform in marketing SMEs products. In addition, with sales through shopee, people's income has increased during the Covid-19 pandemic that is still ongoing.
Keywords— Community service, Education, E-commerce, SMEs
Full Text:
PDFReferences
Agustina, Y., Winarno, A., Habibi, M. M., Basuki, A., & Permata, D. A. I. (2020). Aplikasi sistem keuangan elektronik: Solusi mudah pengelolaan bank sampah di masa pandemi Covid-19. Jurnal Karinov, 4(1), 39-44.
Anugrah, R. J. (2020). Efektifitas penerapan strategi online marketing oleh umkm dalam masa pembatasan sosial berskala besar (psbb) corona viruses disease 2019 (covid-19). Manova, 2(2), 55–65.
Arifqi, M. M. (2021). Pemulihan Perekonomian Indonesia melalui digitalisasi UMKM Berbasis syariah di masa pandemi Covid-19. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(2), 1-12. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v3i2.311
Burhanuddin, C., & Nur Abdi, M. (2020). Ancaman krisis ekonomi global dari dampak penyebaran virus corona (COVID-19). AkMen, 17(1), 90–98.
De’, R., Pandey, N., & Pal, A. (2020). Impact of digital surge during Covid-19 pandemic: A viewpoint on research and practice. International Journal of Information Management, 55, 122-138. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102171
Fawaid, A. (2017). Pengaruh digital marketing system, terhadap daya saing penjualan susu Kambing Etawa. IQTISHADIA: Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 4(1), 104. https://doi.org/10.19105/iqtishadia.v4i1.1134
Herliana, A., & Rasyid, P. M. (2016). Sistem informasi monitoring pengembangan software pada tahap. Jurnal Informatika, 39(7), 1-12.
Ihza, K. N. (2020). Dampak Covid-19 terhadap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) (Studi Kasus UMKM Ikhwa Comp Desa Watesprojo, Kemlagi, Mojokerto). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 12-18.
Meidita, Y., Suprapto, & Rokhmawati, R. I. (2016). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan, kepercayaan dan loyalitas pelanggan pada e-commerce (Studi Kasus : Berrybenka). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(11), 5682–5690.
Novira, N., Iskandar, R., & Bahraen, R. (2020). Persepsi masyarakat akan pentingnya social distancing dalam penanganan wabah Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Kependudukan Indonesia, 27. https://doi.org/10.14203/jki.v0i0.573
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi pemasaran terpadu pada era media sosial / Donni Juni Priansa, S.Pd., S.E., M.M., QWP. In Bandung: Pustaka Setia.
Putri, N. A. R., & Iriani, S. S. (2019). Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian melalui e-commerce Shopee. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 8(2), 69. https://doi.org/10.31504/komunika.v8i2.2391
Siagian, T. H. (2020). Mencari kelompok beresiko tinggi terinfeksi virus corona dengan discourse network analysis. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, 9(2), 98.
Smith, P., & Chaffey, D. (2012). E-Marketing eXcellence. In eMarketing eXcellence. https://doi.org/10.4324/9780080504896
Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap ekonomi Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), 384–388.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v5i2p113-118
Refbacks
- Pelatihan Pemasaran Online, Upaya Tingkatkan Penghasilan UMKM Desa Sumberdadap di Masa Pandemi
- Pelatihan Pemasaran Online, Upaya Tingkatkan Penghasilan UMKM Desa Sumberdadap di Masa Pandemi
Email: karinov@um.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.