Pengenalan dan Pelatihan Pendidikan Profesi Penilai Bagi Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

Makaryanawati Makaryanawati, Ridoni Fardeni Harahap, Septy Nur Sulistyawati, Mamluatul Mahmudah

Abstract


Profesi Penilai Publik merupakan profesi yang memiliki kompetensi dalam melakukan penilaian atas aset properti dan aset bisnis. Profesi ini diperlukan di berbagai sektor, baik sektor pemerintahan, perbankan, perpajakan, maupun sektor swasta. Peluang untuk menjadi penilai publik juga masih terbuka lebar karena kebutuhan akan jasa appraisal semakin tinggi dan belum banyak masyarakat yang mengetahui profesi ini. Oleh sebab itu perlu dilakukan pengenalan dan pelatihan profesi penilai publik. Partisipan dalam kegiatan ini berasal dari alumni, mahasiswa, dan masyarakat umum. Tahapan dalam pelaksanaan pengabdian terdiri dari analisis situasi partisipan, sosialisasi kegiatan, pelaksanaan pengenalan dan pelatihan, pemberian feedback kepada partisipan, dan evaluasi kegiatan. Berdasarkan hasil evaluasi atas kegiatan dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengenalan dan pelatihan profesi penilai dengan melibatkan alumni penting dilakukan karena mampu meningkatkan motivasi partisipan. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kesiapan lulusan jurusan akuntansi dalam menghadapi persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif.

Kata kunci: akuntansi, alumni, pengabdian masyarakat, profesi penilai publik

 

Abstract

 

The public appraisal profession is a profession that has competence in evaluating property assets and business assets. This profession is needed in various sectors, including the government sector, banking, taxation, and the private sector. The opportunity to become a public appraiser is also still wide open because the need for appraisal services is getting higher and not many people know about this profession. Therefore, it is necessary to introduce and train the public appraiser profession. Participants in this activity came from alumni, students, and the general public. The stages in the implementation of the service consist of analyzing the participant's situation, socializing activities, implementing introductions, training, providing feedback to participants, and evaluating. Based on the results of the evaluation of the activities, it can be concluded that the introduction and training of the appraisal profession involving alumni is important because it can increase the motivation of participants. It aims to improve the quality and readiness of graduates majoring in accounting in the face of an increasingly competitive world of work.

Keywords: accounting, alumni, community service, public appraiser profession

 


Full Text:

PDF

References


Adianto, J., & Fedryansyah, M. (2018). Peningkatan kualitas tenaga kerja dalam menghadapi asean economy community. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(2), 77. https://doi.org/10.24198/focus.v1i2.18261

Aji, M. S., Rispantyo, R., & Kristianto, D. (2020). Pengaruh motivasi terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi (survei pada mahasiswa akuntansi …. Jurnal Akuntansi dan Sistem …, 15(4), 528–536.

Amanupunjo, S., & Prastiwi, D. E. (2020). Jaminan perlindungan profesi penilai publik dalam konstruksi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 56/PMK.01/2017 Tentang Perubahan atas Peraturan Menetri Keuangan Nomor 101/OMK.01/2014 Tentang Penilai Publik. Jurnal Ilmu Hukum, 3(2), 176–187.

Arrazy, M. (2020). Sektor pariwisata Indonesia di tengah pandemi COVID 19. JDEP (Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan), 3(2), 368–375.

BPS. (2020). Revisi per 18/02/2021] Agustus 2020: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 7,07 persen. Diambil 1 Juni 2021, dari Badan Pusat Statistik website: https://www.bps.go.id

Hendartyo, M. (2020). BPS: Pengangguran Terbuka Naik Jadi 7,07 Persen pada Agustus 2020. Diambil 1 Juni 2021, dari Bisnis.com website: https://bisnis.tempo.co/read/1402510/bps-pengangguran-terbuka-naik-jadi-707-persen-pada-agustus-2020

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.

Kholis, N., & Andayani, A. (2018). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pengguna Jasa Kantor Jasa Penilai Publik di Indistri Perbankan. Economicus (Jurnal Ekonomi dan Manajemen), 12(2). https://doi.org/https://doi.org/10.47860/economicus.v12i2.159

Kominfo Jatim. (2020). Agustus 2020 Angkatan Kerja Nasional Naik 2,36 Juta Orang. Diambil 1 Juni 2021, dari Kominfo Jatim website: http://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/agustus-2020-angkatan-kerja-nasional-naik-2-36-juta-orang-

Kusuma, M. (2016). Analisis perilaku mahasiswa akuntansi di kediri dalam menghadapi situasi dilematis etika profesi akuntansi (kajian komparatif berdasarkan perspektif pendidikan, usia, gender dan pekerjaan). Cendekia Akuntansi, 4(2).

PPPK. (2020). Direktori Kantor Jasa Penilai Publik da Penilai Publik Tahun 2020. Jakarta: Kementerian Keuangan Sekretariat Jenderal Pusat Pembinaan Profesi Keuagan.

Putri, P. D. A. (2020). Tinjauan yuridis terhadap perusahaan jasa penilai (appraisal company) [studi pada kantor jasa penilai Publik Henricus Judi Adrianto]. Lex Et Societatis, 8(2).https://doi.org/https://doi.org/10.35796/les.v8i2.28501

Randi, Y. (2020). Pandemi corona sebagai alasan pemutusan hubungan kerja pekerja oleh perusahaan dikaitkan dengan Undang-Undang Ketenagakerjaan. Yurispruden, 3(2), 119. https://doi.org/10.33474/yur.v3i2.6709

Saputra, R., & Kustina, K. T. (2019). Minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi penilai ditinjau dari motivasi sosial, motivasi karir dan motivasi ekonomi. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 4(1), 73. https://doi.org/10.38043/jiab.v4i1.2146

Sri Lestari, V. N., Cahyono, D., & Susanto, O. A. (2019). Perlunya penilaian properti pada kantor jasa penilai publik. Journal Community Development and Society, 1(1), 20–33. https://doi.org/10.25139/cds.v1i1.1624




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v4i2p115-120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: karinov@um.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.