Penggunaan Teknik Eklektif Untuk Mempercepat Pemahaman TOEFL Bagi Remaja dan Santri di Malang
Abstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris melalui pelatihan TOEFL. Kegiatan ini dilakukan di kelurahan Karangbesuki yang melibatkan remaja desa di wilayah tersebut. Terdapat 31 remaja yang terlibat dalam kegiatan ini. Kegiatan ini dilakukan di pondok pesantren Darun Nun dimana banyak remaja desa tersebut menuntut ilmu disana. Menggunakan teknik eklektik selama pelatihan, kegiatan pelatihan yang berlangsung selama tujuh hari meliputi kegiatan pre-test, pelatihan/treatment, dan post-test. Pengukuran hasil pengabdian dilakukan dengan membandingkan hasil pre-test dan post test menggunakan Paired Sample-t Test. Selain itu, evaluasi kegiatan melalui penyebaran angket dilakukan. Dari hasil olah data, pengabdian tersebut mampu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris para peserta pelatihan. Hasil angket evaluasi pun berkata yang sama dimana sebanyak 90% peserta merespon kegiatan pelatihan TOEFL ini secara positif. Peserta merasa pelatihan membuat membuat mereka lebih memahami soal TOEFL dengan mudah dan lebih mengerti tentang seluk beluk tes TOEFL. Dari hasil pengabdian ini, diharapkan akan bertambah kuantitas pengabdian dengan topik yang sama yang dilakukan kepada masyarakat.
Full Text:
PDFReferences
Arnani, M. (2019, November 14). CPNS 2019, 9 instansi ini wajibkan TOEFL, berapa skornya?. Kompas. https://www.kompas.com/tren/read/2019/11/14/120925265/cpns-2019-9-instansi-ini-wajibkan-toefl-berapa-skornya?page=all
Biloon, J. R. S. (2016). The use of the eclectic method in an English language classroom for learning specific skills. Journal of English Education, 1(2), 140-146.
Creswell, J. W. (2002). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.
ETS. (2021). TOEFL ITP® Assessment Series. https://www.ets.org/toefl_itp
Gunarhadi. (2010). Penggunaan model pembelajaran eklektik dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia dengan kovarian kognisi di sekolah inklusi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(edisi khusus), 35-42.
Herwkitar, R., Safryono, D. A., & Haryono, P. Y. (2012). Evaluasi rogram matrikulasi ”TOEFL” mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia 2010/2011. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 1(3), 179. https://doi.org/10.36722/sh.v1i3.67
Primavera, A. (2016, Juni 21). Profil kelurahan Karanbesuki, kecamatan Sukun, Kota Malang. Ngalam. https://ngalam.co/2016/06/21/profil-kelurahan-karangbesuki-kecamatan-sukun-kota-malang/
Putrawan, G. E. (2018). Pelatihan Bahasa Inggris Toefl-Like Test Bagi Siswa SMAN 4 Bandar Lampung. Sakai Sambayan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(3), 122-128.
Sudirman, A. (2020). Peningkatan Kompetensi Bahasa Inggris bagi Dosen-dosen Unma Banten melalui Pelatihan “TOEFL Strategies and Predictions”. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 271-278.
Utami, S. S., & Pirmansyah, B. (2018). Peningkatan skor test bahasa Inggris (TOEFL) melalui pelatihan secara intensif. lingua franca. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(2), 36. https://doi.org/10.30651/lf.v2i2.1477
Wijayanti, F., & Miqawati, A. H. (2016). Pelatihan test of english as a foreign language (TOEFL) ekuivalen anggota UKM E-Club Politeknik Negeri Jember. Prosiding
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v4i2p109-114
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Email: karinov@um.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.