Peningkatan Layanan Staf Frontline Melalui Diklat Kualitas Layanan (Excellent Service Quality)

Dedi Herdiansyah, Nurmala Nurmala, Desvira Zain, Edy Sutrisno, Sarifah Novieyana, Hasymi Rinaldi

Abstract


Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan menerapkan ilmu dan konsep Pelayanan Prima (Excellent Service), dimana selanjutnya membangun kualitas SDM bagi salah satu stakeholder Polnep, dalam hal ini PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. Pelaksanaan Pengabdian kali ini menggunakan metode penerapan ipteks dalam bentuk penyuluhan (diklat) bagi frontliner. Selain itu untuk menambah kualitas layanan di Area Layanan, Tim pengabdian telah mensetting satu set LED running text untuk meningkatkan kualitas dalam hal informasi di ruang layanan. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumen serta beberapa dokumentasi di Area Ruang Layanan. Manfaat Pengabdian yang diharapkan bagi khalayak sasaran adalah tercapainya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan mengenai kualitas layanan dari Staf Bagian Customer Service (CS)  dan Teller, menumbuhkan Jiwa Melayani bagi Staf Bagian Customer Service (CS) dan Teller, terjadinya peningkatan Citra yang baik dari Pelanggan, khususnya bagi pelanggan Cabang Kota Pontianak dan sekitarnya, dan meningkatnya kualitas hubungan kerjasama yang saling menguntungkan, antara Politeknik Negeri Pontianak sebagai institusi Pendidikan Tinggi dengan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk, sebagai salah satu Industri sebagai bagian dari Stakeholder Pendidikan Tinggi.

 

Kata kunci— Frontliner, Kualitas Pelayanan, Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan

 

 

Abstract

 

This community projects aims to apply the knowledge and concept of Excellent Service, which in turn builds the quality of human resources for one of the Polnep stakeholders, in this case PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. The implementation of this service uses the method of applying science and technology in the form of education and training for frontliners. In addition, to increase the quality of service in the service Area, the service team has set up a set of LED running text to improve the quality of information in the service area. Collecting data through observation, interviews and document studies as well as some documentation in the Service Room Area. The expected service benefits for the target audience are the achievement of increased knowledge and skills regarding service quality from the Customer Service (CS) and Teller Staff, fostering a Serving Spirit for Customer Service (CS) and Teller Staff, an increase in a good image from customers, especially for customers of the Pontianak City Branch and its surroundings, and increasing the quality of mutually beneficial cooperative relationships, between Pontianak State Polytechnic as a Higher Education institution and PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk, as one of the industries as part of the Higher Education Stakeholder.

 

Keywords Frontliner, Service Quality, Customer Satisfaction and Loyalty


Full Text:

PDF

References


Berman, B., & Evans, J. R. (2007). Retail Management. Prentice Hall.

Bolang, V. ., Massie, J. D., & Soegoto, A. . (2015). Peran Pelayanan Teller dan Customer Service terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bank BRI Unit Karombasan Cabang Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (EMBA), 3(3), 1126–1139.

Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Bisnis, 4(1), 37–44.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. PT. Indeks.

Kursunluoglu, E. (2011). Customer Service Effects on Customer Satisfaction and Customer Loyalty: A Field Research in Shopping Centers in Izmir City – Turkey. International Journal of Business and Social Science, 2(17), 52–59.

Levy, M., & Weitz, B. A. (2017). Retailing Management. McGraw Hill.

Martínez, J. A., & Martínez, L. (2010). Some Insights on Conceptualizing and Measuring Service Quality. Journal of Retailing and Consumer Services, 17, 29–42.

Muslimah, & Koeswara, S. (2014). Analisis Pengaruh Kinerja Pelayanan Frontliner dan Kepuasan Nasabah dengan pendekatan Metode Regresi Linier Multiple. Jurnal SINERGI, 18(1), 15–24.

Oliver, R. L. (1999). When Consumer Loyalty? Marketing, Journal Of, 63, 33–44.

Permono, & Pasharibu. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pizza Hut. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 4(1), 46–61.

Samijayani, O. ., Rahsanjani, & Iftikhar, F. (2014). Perancangan Sistem Penulisan Teks pada Running text Menggunakan SMS. Jurnal AL-AZHAR Indonesia Seri Sains Dan Teknologi, 2(3), 64–169.

Sasongko, S. . (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2005). Service, Quality dan Satisfaction. ANDI Yogyakarta.

Umar, H. (2005). Kepuasan Pelanggan. Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v5i1p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: karinov@um.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.