PELATIHAN ASESMEN AUTENTIK UNTUK GURU TK/RA SE KECAMATAN PAKISAJI
Abstract
Abstrak
Kurikulum 2013 PAUD yang telah menjadi acuan kurikulum PAUD di Indonesia mengamanatkan urgensi dari asesmen autentik untuk diterapkan di Lembaga PAUD. Hasil observasi menunjukkan asesmen autentik belum dilaksanakan di Lembaga PAUD Kecamatan Pakisaji. Hal ini berkaitan dengan belum dipahaminya asesmen autentik di Lembaga-lembaga PAUD yang ada di desa se Kecamatan Pakisaji. Hubungan personal yang baik dengan organisasi mitra IGTKI dan IGRA mendukung adanya Pelatihan Asesmen Autentik untuk Guru TK/RA Se Kecamatan Pakisaji. Metode pelaksanaan yang dipilih adalah telaah tentang asesmen yang didasarkan pada pemahaman guru, peningkatan pemahaman dengan diskusi dan ceramah, workshop penyusunan perangkat asesmen autentik K13 PAUD. Hasil pelatihan menunjukkan 75% peserta berhasil menyusun dokumen pelaksanaan penilaian autentik yang diintegrasikan pada penyusunan dokumen laporan capaian perkembangan anak. Ada satu TK (TK Al Mubaroq Sutojayan) yang kemudian menerapkan instrument asesmen sejak tahun pelajaran baru yang menggunakan instrument yang dikembangkan tim dan dipahami guru.
Kata kunci : pelatihan, asesmen autentik
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v1i3p%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Email: karinov@um.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.