PELATIHAN PEMBUATAN DESAIN MARCHANDISE KAMPUNG WARNA-WARNI PADA PENDUDUK KAMPUNG JODIPAN UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT KEWIRAUSAHAAN

Denik Ristya Rini, Ima Kusumawati Hidayat, Yon Ade Lose

Abstract


Pelatihan pembuatan desain merchandise pada penduduk Kampung Warna-warni Jodipan bertujuan untuk : (1) Penduduk Kampung Warna-warni Jodipan dapat membuat desain merchandise (2) Penduduk Kampung Warna-warni Jodipan mampu mengaplikasikan desain merchandise menjadi produk merchandise yang laying untuk dipasarkan atau dijual sebagai oleh-oleh wisatawan yang berkunjung ke Kampung Warnawarni Jodipan. (3) Penduduk Kampung Warna-warni Jodipan memiliki keterampilan memproduksi merchandise sehingga dapat menumbuhkan semangat untuk merintus usaha baru (wirausaha). Metode pelatihan yang digunakan adalah dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, tutorial dan praktek langsung membuat desain hingga produk merchandise. Hasil yang diperoleh dari pelatihan ini adalah (1) Peserta pelatihan (penduduk Kampung Warna-warni Jodipan) mampu memahami konsep pembuatan desain yang mencerminkan ke khasan Kampung Warna-warni Jodipan (2) Peserta Pelatihan terampil dalam membuat atau mengaplikasikan desain menjadi merchandise khas Kampung Warna-warni Jodipan. (3) Peserta mampu mengembangkan hasil karya pelatihannya menjadi suatu produk yang layak jual sehingga menghasilkan nilai ekonomi bagi mereka.

Full Text:

PDF

References


BIP Kota Malang, 2017. Berkat Kampung Tematik, Wali Kota Malang Raih Penghargaan Ini. Dari : https://malangkota.go.id/2017/11/10/berkat-kampung-tematik-wali-kota-malangraih-penghargaan/

BPS Jawa Timur, 2016. Produk Domestik Regional Bruto Provinsi Jawa Timur Kabupaten/Kota Menurut Lapangan Usaha 2012 - 2016. Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. Dari : "Produk Domestik Regional Bruto Provinsi Jawa Timur Kabupaten/Kota Menurut Lapangan Usaha 2012 - 2016".

BPS Kota Malang , 2016. Produk Domestik Regional Bruto Kota Malang MenurutLapangan Usaha. Dari : https://malangkota.bps.go.id/website/pdf_publikasi/Produk-DomestikRegional-Bruto-Kota-Malang-Menurut-Lapangan-Usaha-2012-2016.pdf

BPS Kota Malang, 2016. Produk Domestik Regional Bruto Kota Malang Menurut Pengeluaran 2012-2016 . Dari :https://malangkota.bps.go.id/website/pdf_publikasi/Produk-DomestikRegional-Bruto-Kota-Malang-Menurut-Pengeluaran-2012-2016.pdf

BBC, Indonesia. 16 Oktober 2016. "Kampung warna-warni" Malang, dulu 'kumuh' sekarang jadi tempat wisata. Dari : http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2016/10/161016_majalah_kampung_warna_warni _malang

Jubilee, Enterprice. 2010. 20 Bisnis IT dari Hobi Menjadi Rejeki. Elex Media Komputindo : Indonesia

Kemenpar. 2Juni 2014. Perkembangan Wisatawan Nusantara. Dari :http://www.kemenpar.go.id/asp/detil.asp?c=111&id=1191

Malang Guidance. 2011. Dari : https://www.malang-guidance.com/sekilas-mengenai-malang/

Marzuki, M. Bahrul. 2017. Pemprov Jatim Klaim Pertumbuhan Ekonomi Lebih Cepat | Jatim TIMES - Peristiwa". Jatim TIMES.

Meredith, Geofrey g., et. al.. 1992. Kewirausahaan : Teori dan Praktek, Jakarta: PTBinaman Pessindo, Penerjemah : Andre Asparsayogi.

Mutis, Thoby, 1995. Pembangunan Koperasi, Jakarta : Yayasan Bina Bakti Pratama.

Suryana, 2004. Memahami Karakteristik Kewirausahaan, Modul, Jakarta: Depdiknas

Swanson, K. K. 2004. Tourists' and retailers' perceptions of souvenirs. Journal of Vacation Marketing, 10(4), 363-377. DOI: 10.1177/135676670401000407

Syaiful, Arif. 2017. Ubah Lingkungan Kumuh Jadi Tempat Wisata, Kota Malang Diganjar 2 Penghargaan. Dari : http://www.radarmalang.id/ubah

lingkungan-kumuh-jadi-tempat-wisata-kota-malang-diganjar-2penghargaan/

Zimmerer, Thomas and Norman M. Scarborough. 2008. Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management. Prentice Hall : Indiana University




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v2i1p9-14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: karinov@um.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.