GREEN CAFÉ: UPAYA MENUJU LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT

Suparti Suparti, Teti Setiawati, Setya Ayu Rahmawati, Dian Syariati, Hanjar Ikrima

Abstract


Pengelolaan restoran berbasis lingkungan menjadi salah satu tren di masyarakat. Potensi keuntungan dan keberlanjutan usaha adalah dua hal yang ditawarkan dari implementasi konsep ini. Selain dua kebermanfaatan tersebut, urgensi pelaksanaan kegiatan didasarkan pada hasil observasi tim penulis yang menemukan ketidaksesuaian pengelolaan makanan dan minuman di kantin dengan ketentuan yang berlaku. Sosialisassi atau penyuluhan dipilih sebagai metode pelaksanaan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini merupakan langkah awal pembangunan green café di lingkungan UM ke depan. Sasaran sosialisasi adalah pemilik/pengelola kantin di lingkungan UM sebagai pihak yang terlibat langsung dalam upaya pembangunan green café serta mahasiswa pecinta bisnis. Sosialisasi dilakukan Rabu, 25 Juli 2018 di Gedung D5.302 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dengan judul “Sosialisasi Perintisan Green Café Berbasis Green Marketing Awareness di Lingkungan Kampus Universitas Negeri Malang”. Hasil sosialisasi menunjukkan penguatan keyakinan pemilik café untuk menjalankan dan atau mempertahankan hygiene process dalam pengelolaan cafenya. Kerjasama yang baik antara pemilik café, pelanggan (mahasiswa), serta pemangku kepentingan menjadi kunci pelaksanaan green café.

Full Text:

PDF

References


Agustin, Risna Dwi. 2015. Pengaruh Green marketing terhadap Minat Beli serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Non-Member Tupperware di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 22, No. 2.

Atmaja, Ni Putu Cempaka Dharmadewi, Ni Made Satya Utami. 2017. Analisis Green Marketing, Psikologi Dan Karakteristik Green Consumer Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Organik Di Bali Buda Shop. Jurnal undhirabali Vol.12, No.2.

Balawera, Asrianto. 2013. Green marketing dan Corporate Social Responsibility Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Konsumen melalui Minat Membeli Produk Organik di Freshmart Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. Vol.1, No.4.

Camino, R.J. 2007. Re-evaluating Green Marketing green marketing strategy: a stakeholder Perspective. European Journal of Marketing. Volume 41, Issue 11/12.

Dias, Jennifer Mirielle. 2014. Kepedulian dan Pengetahuan Pelaku Bisnis Mengenai Green Accounting (Studi Kasus pada Usaha Warung Makan di Salatiga). Skripsi FEB Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Dipietro, R.B., Gregory. S., & Jackson. A. (2011). Going green in quick-service restaurants: customer perceptions and intentions. International Journal of Hospitality & Tourism Administration, 19. Retreived March 7, 2014.

Dipietro, R.B., Cao, Y., & Partlow, C. (2013). Green practices in upscale foodservice operations. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 25, 779-796.

Felix T; Adi Santosa, Herlin Sri Utami. 2013. Perancangan Interior Restoran Dengan Pendekatan Ekologis di Surabaya. JURNAL INTRA Vol. 1, No. 1, (2013) 1- 8.

Farellya, Faustine; Sriti Mayang Sari, Stephanie Melinda Frans. 2017. Penerapan Eko-Interior pada Restoran Merah Putih di Bali. JURNAL INTRA Vol. 5, No. 2, (2017) 197-203

Jeong, EunHa; SooCheong Jang, "Effects of restaurant green practices: Which practices are important and effective?" (June 8, 2010).Caesars Hospitality Research Summit.Paper 13. http://digitalscholarship.unlv.edu/hhrc/2010/june 2010/13

Manongko, Allen A. Ch. 2011. Green marketing dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Membeli Produk Organik (Studi pada Pelanggan Produk Organik di Kota Manado). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Marhadi; Nursyamsi Ayu, Henni Noviasari. 2013. Pengaruh Strategi Green marketing pada Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Rumah di Perumahan Pt. Asta Karya Pekanbaru. Jurnal Ekonomi, Vol. 21, No. 03.

Oyewole, Philemon. 2001. Social Costs of Environmental Justice Associated with the Practise of Green marketing. Journal of Business Ethics, Vol. 29.

Peattie, Ken; Martin Charter. 2003. Green Marketing. Artikel dalam e-book The Marketing Book ().

Risyamuka, I Ketut; Kastawan Mandala. 2015. Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijau Di Restoran Sari Organik Ubud. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/arti cle/view/10803

Schubert, F. (2008). Exploring and predicting Consumer’s attitudes and behaviors towards green restaurants. Retreived March 14, 2014, from The Ohio State University.

Situmorang, James R. 2011. Pemasaran Hijau Yang Semakin Menjadi Kebutuhan Dalam Dunia Bisnis. Jurnal Administrasi Bisnis (2011), Vol.7, No.2: hal. 131–142, (ISSN:0216–1249).

Septifani, Riska; Fuad Achmadi; Imam Santoso. 2014. Pengaruh Green marketing, Pengetahuan dan Minat Membeli terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Teknologi Vol.13, No.2.

Teng, Yi-Man; Kun-Shan Wu; Di-Man Huang. 2014. The Influence of Green Restaurant Decision Formation Using the VAB Model: The Effect of Environmental Concerns upon Intent to Visit. Sustainability, 6, 8736-8755; doi:10.3390/su6128736.

Wiyadi. 2015. Pengaruh Implementasi Strategi Pemasaran Hijau Dan Karakteristik Konsumen Terhadap Pilihan Produk (Studi Empiris Pada Konsumen Amdk Di Surakarta). BENEFIT Jurnal Managemen dan Bisnis Volume 19, Nomor 2: 168-180

Yu, Yi Shan; Min Luo; Dong Hong Zhu. 2018. The Effect of Quality Attributes on Visiting Consumers’ Patronage Intentions of Green Restaurants. Sustainability, 10, 1187; doi:10.3390/su1004118




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um045v2i1p62-68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: karinov@um.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.