Perbedaan Kemampuan Motorik Antara Siswa SD Siman 2 di Kabupaten Kediri dan Siswa SD Singonegaran 2 di Kota Kediri

Ilham Meiyoga Renaldo, Supriatna Supriatna

Abstract


Abstrak

SD Siman 2 di Kabupaten Kediri dan siswa SD Singonegaran 2 di Kota Kediri berjumlah 98 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian komperatif. Hasil penelitian ini adalah tidak ada perbedaan kemampuan motorik keseimbangan SD Siman kelas IV dan SD Singonegaran Kelas IV, tidak ada perbedaan kemampuan motorik power antara SD Siman kelas IV dan SD Singonegaran Kelas IV, ada perbedaan kemampuan motorik koordinasi SD Siman kelas IV dan SD Singonegaran Kelas IV, tidak ada perbedaan kemampuan motorik kelincahan SD Siman kelas IV dan SD Singonegaran Kelas IV, ada perbedaan yang signifikan kemampuan motorik kecepatan SD Siman kelas IV dan SD Singonegaran Kelas IV. Ada perbedaan kemampuan motorik keseimbangan SD Siman kelas V dan SD Singonegaran Kelas V, ada perbedaan kemampuan motorik power SD Siman kelas V dan SD Singonegaran Kelas V, ada perbedaan kemampuan motorik koordinasi SD Siman kelas V dan SD Singonegaran Kelas V, tidak ada perbedaan kemampuan motorik kelincahan antara SD Siman kelas V dan SD Singonegaran Kelas V, ada perbedaan kemampuan motorik kecepatan SD Siman kelas V dan SD Singonegaran Kelas V

Abstract

this study aims to determine the differences in motor skills between Siman 2 elementary school students in Kediri Regency and Singonegaran 2 elementary school students in Kediri amounted to 98 students. This study is a comparative study. The result of this research is there is no difference of motor ability of elementary school balance Siman class IV and SD Singonegaran Class IV, there is no difference of motor power power between SD Siman class IV and SD Singonegaran Class IV, there is difference of motor ability coordination SD Siman class IV and SD Singonegaran Class IV, there is no difference of motor ability of Siman grade IV and SD Singonegaran grade IV, there is a significant difference of motor ability of SD Siman grade IV and SD Singonegaran Class IV. There is difference of motor ability of elementary school balance of Siman class V and SD Singonegaran Class V, there is difference of motor power capability of SD Siman class V and SD Singonegaran Class V, there is difference of motor coordination capability of SD Siman class V and SD Singonegaran Class V, there is no difference of motor ability agility between SD Siman class V and SD Singonegaran Class V, there are differences in motor skills speed SD Siman class V and SD Singonegaran Class V



References


Ardiansyah, firman. 2016. Kemampuan Motorik Siswa Kelas IV dan V SD keraton Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. (online), (http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd penjaskes/article/view /2909/2517) (Skripsi) Yogyakarta FIK UNY.

Bakhtiar, Syahrial. 2015. Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. Padang: UNP Press.

Budiwanto, S. 2014. Metode Statistika untuk Analisis Data Bidang Keolahragaan. Malang. UM Press.

Budiwanto, S. 2014. Metode Penelitian Penerapannya dalam Keolahraga. Malang: UM Press.

Budiwanto, S. 2011. Tes dan pengukuran dalam Olahraga. Malang: UM Press.

Harjaningrum, Agnes Tri. 2007. Peranan Orang Tua dan Praktisi dalam Membantu Tumbuh Kembang Anak Berbakat Melalui Pemahaman Teori dan Tren Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Irianto, Djoko Pekik. 2002.Dasar kepelatihan.Yogyakarta: FIK UNY.

Kusmuwati, Mia. 2015. Penelitian Pendidikan Penjasorkes (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan). Bandung. CV. Alfabeta.

Lutan, Rusli. 1988. Belajar Keterampilan Motorik, Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.

Rahantoknam, B. Edward. 1988. Belajar Motorik: Teori dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: DEPDIKBUD DIRJEN DIKTI.

Rahyubi, Heri. 2012. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Majaengka: Referens.

Sajoto, Mochamad. 1988. Pembinaan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Jakarta.

Sunarto, dkk. 2006. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Universitas Negeri Malang (UM). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: UM Press.

Winarno, M. E. 1995. Belajar Motorik. Malang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Yusuf, Syamsu. 2016. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um077v1i22017p98-105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesia Performance Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indonesia Performance Journal is indexed by:

sinta-logogooglegaruda 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View Visitor Stats