Metode Bermain Untuk Meningkatkan Keterampilan Dribble Bola basket

Geraldin Ayu Gianusha, Supriyadi Supriyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknik dribble dengan metode bermain. Menggunakan jenis penelitian tindakan olahraga yang dilakukan melalui tiga siklus. Subyek penelitian adalah peserta putra ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri 1 Turen yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi pengamatan. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji statistik dekriptif kuantitatif. Hasil observasi diperoleh keberhasilan siswa dalam melakukan keterampilan teknik dribble setelah diberikan tindakan dari siklus 1, 2, dan 3 hasilnya pada setiap indikator sudah terjadi peningkatan dari posisi awalan 39,45%, untuk posisi saat dribble 39,1% dan untuk akhiran 43,8%. Pada siklus 1 terjadi peningkatan pada posisi awalan 56,15%, untuk posisi saat dribble 50,1% dan untuk akhiran 61%, siklus ke 2 terjadi peningkatan cukup baik pada posisi awalan 61,65%, untuk posisi saat dribble 57,6% dan untuk akhiran 64,95% dan siklus ke 3 terjadi peningkatan yang sangat baik pada posisi awalan 83,95%, untuk posisi saat dribble 80,95% dan untuk akhiran 87,5%. Kesimpulan yang diperoleh adalah metode bermain dapat meningkatkan keterampilan teknik dribble pada siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Turen.


Keywords


Bola Basket, Dribble, Metode Bermain

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um077v3i22019p65-70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indonesia Performance Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indonesia Performance Journal is indexed by:

sinta-logogooglegaruda 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View Visitor Stats