Contextual-based student worksheets designed to facilitate mathematics representation ability

Haya Okta Fitriya, Dian Permatasari

Abstract


Representation is one of the objectives of learning mathematics, but the representation ability is still low. Thus, the purpose of this study was to develop a contextual-based Student Worksheet on similarity and congruence material to facilitate students' mathematical representation skills. This research was Research and Development. The research used the PPE development model developed by Richey and Klein with three stages of development: planning, production, and evaluation. The results showed that the contextual-based student worksheet on similarity and congruence material to facilitate students' mathematical representation skills was declared valid based on the expert validator's assessment with an average validity value of 0.81 and included in the high criteria.


Full Text:

PDF

References


Agustina, T. B., & Sumartini, T. S. (2021). Kemampuan representasi matematis siswa melalui model STAD dan TPS. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 315-326.

Annajmi, A., & Afri, L. E. (2019). Pengaruh penggunaan lembar aktivitas siswa berbasis metode penemuan terbimbing terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 95–106. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.410

Aryanti, D., & Nursangaji, A. (2013). Kemampuan representasi matematis siswa SMP pada materi segi empat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(1).

Astin, A. E., Bharata, H., & Haeniliah, E. Y. (2017). Pengembangan LKPD dengan pendekatan CTL untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 5(10).

Fikri, D., Aminah, N., & Hartono, W. (2019). Desain bahan ajar kesebangunan dan kongruensi berbasis kemampuan representasi matematis siswa. Prosiding Seminar Nasional. http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/snpm/article/view/833

Handayani, M. (2014). Mengatasi kesulitan representasi matematis siswa pada materi SPLDV menggunakan wawancara klinis Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(8), 1-10

Handayani, H. (2015). Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemahaman dan representasi matematis siswa sekolah dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 1(1), 142–149. https://doi.org/10.36989/didaktik.v1i1.20

Handriani, R. T. S. T. S. (2017). Pengembangan bahan ajar kubus dan balok dengan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMP. Universitas Pendidikan Indonesia.

Herdiman, I., Jayanti, K., Pertiwi, K. A., & Naila N., R. (2018). Kemampuan representasi matematis siswa smp pada materi kekongruenan dan kesebangunan. Jurnal Elemen, 4(2), 216. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.539

Hidayat, M. S. (2012). Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 17(1), 1–23.

Huda, U., Musdi, E., & Nari, N. (2019). Analisis kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Ta’dib, 22(1), 19. https://doi.org/10.31958/jt.v22i1.1226

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama. Infinity Journal, 2(1), 85. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.27

Kartika, Y. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMP pada materi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 777–785.

Kusuma, N., Mujib, A., Syahputra, E., & Ariswoyo, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 39-45. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.630

Kusumaningrum, R. S., & Nuriadin, I. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbantu Media Konkret terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 6613-6619.

Lestari, I. (2012). Pengembangan bahan ajar berbasis kompetensi. Akademi Permata.

Lestari, S., Andinasari, A., & Retta, A. M. (2020). Model pembelajaran generatif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 3(1), 44-51

Lette, I., & Manoy, J. T. (2019). Representasi siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kemampuan matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 574–580.

Maryati, I. (2018). Peningkatan kemampuan penalaran statistis siswa sekolah menengah pertama melalui pembelajaran kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 129–140. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.300

Muhamad, N. (2016). Pengaruh metode discovery learning untuk meningkatkan representasi matematis dan percaya diri siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 9(1), 9–22.

Neli, R. D. P. (2018). Penerapan pendekatan kontekstual dengan bantuan peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa kelas VII Mts Balimbing. (IAIN) Batusangkar.

Putri, H. E. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi konflik kognitif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMA. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(12), 50-61.

Ramziah, S. (2018). Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa kelas x2 sman 1 gedung meneng menggunakan bahan ajar matriks berbasis pendekatan saintifik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 138–147. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.269

Rangkuti, A. N. (2014). Konstruktivisme dan pembelajaran matematika. Darul Ilmi, 2(2), 61–76. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/DI/article/view/416

Retnawati, H. (2016a). Analisis kuantitatif instrumen penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Retnawati, H. (2016b). Proving content validity of self-regulated learning scale (The comparison of Aiken index and expanded Gregory index). Research and Evaluation in Education, 2(2), 155–164.

Rohmah, A. S., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, Muhammad. (2018). Kemampuan representasi matematis siswa SMP kelas VIII pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan pendekatan kontekstual. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1). https://doi.org/10.30738/sosio.v4i1.2280

Septianingsih, N. M., Parwati, N. N., & Ariawan, I. P. W. (2020). Penerapan pendekatan kontekstual berbantuan media lingkungan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematika dan sikap nasionalisme siswa. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 10(1), 13-24.

Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225-234.

Suryowati, E. (2015). Kesalahan siswa sekolah dasar dalam merepresentasikan pecahan pada garis bilangan. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(1). https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.67

Widiati, I. (2015). Mengembangkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama melalui pembelajaran kontekstual. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(2), 106–111. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.36229

Yenni, Y., & Sukmawati, R. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis mahasiswa berdasarkan motivasi belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 251–262. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.661

Yusriyah, Y., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan representasi matematis siswa SMP pada materi penyajian data di desa bungbulang. PLUSMINUS : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 47–60.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v6i22022p67-75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Haya Okta Fitriya, Dian Permatasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKPM Indexed By:

        

 



Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License

View My Stats