Profil representasi matematis siswa camper dan climber dalam menyelesaikan masalah tipe PISA

Bayu Exsanty Aribowo, Subanji Subanji, Cholis Sa'dijah

Abstract


Salah satu tuntutan pada mata pelajaran matematika adalah memiliki kemampuan penalaran yang logis dan kritis dalam pemecahan masalah. Kemampuan matematis seperti ini dikenal sebagai kemampuan literasi matematis yang berguna untuk kehidupan. Literasi matematis mempunyai peran yang sangat penting dalam pembelajaran Matematika dan sangat berkaitan dengan kemampuan representasi matematis siswa. Representasi adalah perwujudan dari suatu objek untuk berkomunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana profil representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah tipe PISA ditinjau dari Adversity Quotient.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas X-2 dan X-5 di SMAN 2 Jombang. Berdasarkan hasil angket AQ, calon subjek digolongkan menjadi 2 kategori, yaitu AQ Climber (tinggi) dan AQ Camper (sedang). Setiap kategori dipilih 2 siswa. Setelah ditentukan subjeknya, peneliti memberikan tes tulis untuk melihat representasi matematisnya. Selanjutnya peneliti melakukan wawancara terhadap semua subjek dengan instrumen wawancara. Hasil pekerjaan setiap subjek dianalisis menggunakan proses analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, pemaparan dan kesimpulan. Hasilnya siswa climber dapat memenuhi aspek representasi matematis berupa aspek visual, ekspresi matematis, dan aspek representasi teks tertulis. Siswa camper dapat memenuhi dua aspekrepresentasi matematis berupa aspek representasi visual dan representasi teks tertulis, tetapi belum memenuhi representasi berupa ekspresi matematis


Keywords


Representasi Matematis, Masalah Tipe PISA, Adversity Quotient

Full Text:

PDF

References


Dewi. 2017. Analisis Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Didaktik Matematika. Vol. 4(2): 115-124

Elisa, E. A. 2017. Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Bilangan Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk. MATHEdunesa, 1(6), 67– 72.

Fonger, N. L. 2019. Meaningfulness in Representational Fluency: An Analytic Lens for Students’ Creating, Interpretations, and Connections. The Journal of Mathematical Behavior, 54 : 1-26

Gomes et al. 2020. Student Composition in the PISA Assessments: Evidence from Brazil. International Journal of Educational Development, 79

Gurria, A. 2016. OECD PISA 2015 Results in Focus. OECD.

Lounkaew, Kiatanantha. 2013. Economics of Education Review Explaining Urban Rural Differences in Educational Achievement in Thailand : Evidence from PISA Literacy Data. Journal Economics of Education Review, 37: 213–250

Mahendra, N. R., Isnarto, Mulyono. 2020. Mathematics Representation Ability Viewed from Adversity Quotient in SAVI Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research. 9(2) 199-207

Malik, I., Mulyono, & Mariani, S. 2019. Ability in mathematics Problem Solving Based in Adversity Quotient. Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 90-95.

Miles, M.B., Huberman, A.M. & Saldana, J. 2014. Qualitative Data analysis, A Methods Sourcebook, 3th edition. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Nahrowi, Susanto, & Hobri. (2020). The Profile of Student’s Creative Thinking Skills in Mathematics Problem Solving in Terms of Adversity Quotient. Journal of Physics: Conference Series. (1465) doi: 10.1088/1742-696/1465/1/012064

Ningtyas, dkk. 2019. Kemampuan Representasi Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus. 10(1), 27–36.

OECD. 2018. PISA 2021 Mathematics Framework (second draft).Paris: OECD Publishing.

Sebastian, J., & Huang, H. 2016. Examining the relationship of a survey based measure of math creativity with math achievement: Cross-national evidence from PISA 2012. International Journal of Educational Research, 80, 74–92. doi:10.1016/j.ijer.2016.08.010

Stoltz, P. G. 2000. Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Alih Bahasa: Hermaya. Jakarta: Grasindo.

Widakdo, W. A. 2017. Mathematical Representation Ability by Using Project-Based Learning on the Topic of Statistics. Journal of Physics: Conference Series




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v7i12023p43-50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bayu Exsanty Aribowo, Subanji Subanji, Cholis Sa'dijah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKPM Indexed By:

        

 



Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License

View My Stats