Penerapan strategi index card match pada bahasan bangun datar untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa
Abstract
Pembelajaran matematika selama ini masih kurang bervariasi sehingga minat belajar matematika sangat rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil observasi minat belajar matematika siswa di kelas VII B SMP Islam Darussalam Kedungrejo yang masih tergolong rendah, sehingga diperlukan strategi pembelajaran untuk menarik minat siswa yaitu dengan strategi Index Card Match. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi Index Card Match pada pembahasan bangun datar dalam meningkatkan minat belajar matematika. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Strategi pembelajaran aktif (Index card math) merupakan strategi yang menekankan pada peran aktif siswa di dalam kelas. Strategi ini diharapkan mampu membangun kemandirian siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Darussalam Dungmas Kedungrejo Sumberejo Bojonegoro kelas VII yang berjumlah 21 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data menunjukkan bahwa setiap siswa memiliki minat belajar matematika yang rendah. Namun, setelah penerapan strategi Index Card Match berdasarkan tes hasil belajar sebanyak 21 siswa, ketuntasan belajar klasikal sebesar 80,9 persen; terbukti Implementasi Pembelajaran dengan strategi Index Card Match pada pembelajaran Bentuk Datar memberikan pengaruh yang besar terhadap minat belajar siswa. Sedangkan pada hasil kuesioner diketahui rata-rata persentase seluruh aspek yang diamati adalah 93 persen memberikan respon positif dan 7 persen memberikan respon negatif. Hal ini dapat menunjukkan bahwa lebih dari 75 persen siswa memberikan respon positif terhadap Pembelajaran dengan Strategi Index Card Match.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung. (2017).Penerapan Pembelajaran Aktif (Active Learning) dengan strategiindex card match.
Best, J. W. (2006). Research in education. USA:Pearson Education,Inc.
Cresswell, J. w. (2012). Educational research:planning,conducting,and evaluating quantitative and qualitative research 4thed. Massachusetts:pearson.
Dewiyani, S. (2015). Improving Students Soft Skills using Thinking Process Profile Based on Personality Types. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), pp 118-129.
Giganti, P. (2007). Why Teach Problem Solving, Part I: The World Needs Good Problem Solvers!. ComMuniCator, 31(4), 15-16.
Gulo. (2000), MetodologiPenelitian. Jakarta: PT Grasindo Anggota IKAPI.
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT PT. Remaja Rosdakarya.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rahardjo. (2012), Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gavamedia.
Siagian, Roida Eva Flora. 2012. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, vol. 2, no. 2, 122- 131.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Susanto, T. (1998) Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Zaini, H. (2013).Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v7i22023p103-111
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ayu Ninda Yudiana, Naning Kurniawati, Nurul Ilmiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKPM Indexed By:
Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License