Penalaran analogi mahasiswa: Deskripsi berdasarkan riwayat pendidikan SMK

Dewi Sukriyah, Siti Nuriyatin

Abstract


Penalaran menjadi hal penting yang harus dikuasai dalam pendidikan matematika. Oleh karena itu, siswa dan guru harus menguasai penalaran matematika terutama ketika memecahkan permasalahan matematika seperti yang tertuang dalam permendikbud tahun 2018. Penelitian deskriptif kualitatif yang di awali dengan pemberian angket riwayat pendidikan menengah atas yang telah ditempuh oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran analogi mahasiswa pada saat pembelajaran kalkulus. Subjek di pilih merupakan 1 mahasiswa dari SMK teknik dan 1 mahasiswa dari SMK non teknik. Data di peroleh melalui soal tes dan wawancara, yang di deskripsikan berdasarkan komponen penalaran analogi yaitu encoding, inferring, mapping, applying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dari SMK teknik dan SMK non teknik masing-masing memperlihatkan semua komponen penalaran analogi namun konsep yang digunakan untuk menyelesaikan soal sumber dan soal target kurang tepat.



Keywords


Kata kunci: penalaran analogi, riwayat pendidikan, SMK teknik, SMK non teknik.

Full Text:

PDF

References


Amir-mofidi, S. (2012). Instruction of mathematical concepts through analogical reasoning skills. 5(6), 2916–2922.

Balazs, M. E., & Brown, D. C. (2002). Design Simplification by Analogical Reasoning. From Knowledge Intensive CAD to Knowledge Intensive Engineering, 29–44. https://doi.org/10.1007/978-0-387-35494-1_3

Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Husniati. (2020). Penalaran analogi mahasiswa PGSD dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan gaya berpikir. Aksioma, Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 323–334.

Gentner, D., & Smith, L. (2012). Analogical Reasoning. In Encyclopedia of Human Behavior: Second Edition (2nd ed., Vol. 1). Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-375000-6.00022-7

Holyoak, K. J. (2012). Analogy and Relational Reasoning. The Oxford Handbook of Thinking and Reasoning, 234–259. https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780199734689.013.0013

Kemendikbud. (2018). Salinan Permendikbud no 34 Tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan. Kemendikbud.

Khong, Y. F. (2020). The Psychology of Analogical Reasoning. Analogies at War, 209–250. https://doi.org/10.2307/j.ctvzxx9b5.13

Magdaş, I. (2015). Analogical Reasoning in Geometry Education. Acta Didactica Napocensia, 8(1), 57–66.

Manuaba, I. G. B., Sutawidjaja, A., & ... (2018). Kesalahan Penalaran Analogi Siswa Kelas XII SMA dalam Memecahkan Masalah Nilai Maksimum. … Pendidikan Matematika …, 105–115. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/sendikmad/article/view/21

Ningrum, R. K., & Rosyidi, A. H. (2013). Profil Penalaran Permasalahan Analogi Siswa Sekolah Menengah Pertama Ditinjau Dari Perbedaan Gender. MATHEdunesa, 2004.

Sakinah, M., & Lukman Hakim, D. (200 C.E.). Profil Kemampuan Penalaran Analogi Matematis Siswa Sma Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(2), 813–828. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.15909

Selman, Y. F., & Jaedun, A. (2020). Evaluation of The Implementation of 4C Skills in Indonesian Subject at Senior High Schools. 9(2), 244–257. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.23459

Selvi, K. (2016). Teachers ’ Competencies. January. https://doi.org/10.5840/cultura20107133

Sternberg, R. J. (1977). Component processes in analogical reasoning. Psychological Review, 84(4), 353–378. https://doi.org/10.1037/0033-295X.84.4.353

Tselishchev, V. V. (2020). Mathematical Reasoning. Epistemology & Philosophy of Science, 57(4), 74–86. https://doi.org/10.5840/eps202057459

Vakil, E., Lifshitz, H., Tzuriel, D., Weiss, I., & Arzuoan, Y. (2011). Analogies solving by individuals with and without intellectual disability: Different cognitive patterns as indicated by eye movements. Research in Developmental Disabilities, 32(2), 846–856. https://doi.org/10.1016/j.ridd.2010.08.006

Vendetti, M. S., Matlen, B. J., Richland, L. E., & Bunge, S. A. (2015). Analogical reasoning in the classroom: Insights from cognitive science. Mind, Brain, and Education, 9(2), 100–106. https://doi.org/10.1111/mbe.12080




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v7i22023p119-125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dewi Sukriyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKPM Indexed By:

        

 



Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License

View My Stats