Penalaran analogi mahasiswa: Deskripsi berdasarkan riwayat pendidikan SMK
Abstract
Penalaran menjadi hal penting yang harus dikuasai dalam pendidikan matematika. Oleh karena itu, siswa dan guru harus menguasai penalaran matematika terutama ketika memecahkan permasalahan matematika seperti yang tertuang dalam permendikbud tahun 2018. Penelitian deskriptif kualitatif yang di awali dengan pemberian angket riwayat pendidikan menengah atas yang telah ditempuh oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran analogi mahasiswa pada saat pembelajaran kalkulus. Subjek di pilih merupakan 1 mahasiswa dari SMK teknik dan 1 mahasiswa dari SMK non teknik. Data di peroleh melalui soal tes dan wawancara, yang di deskripsikan berdasarkan komponen penalaran analogi yaitu encoding, inferring, mapping, applying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dari SMK teknik dan SMK non teknik masing-masing memperlihatkan semua komponen penalaran analogi namun konsep yang digunakan untuk menyelesaikan soal sumber dan soal target kurang tepat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir-mofidi, S. (2012). Instruction of mathematical concepts through analogical reasoning skills. 5(6), 2916–2922.
Balazs, M. E., & Brown, D. C. (2002). Design Simplification by Analogical Reasoning. From Knowledge Intensive CAD to Knowledge Intensive Engineering, 29–44. https://doi.org/10.1007/978-0-387-35494-1_3
Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Husniati. (2020). Penalaran analogi mahasiswa PGSD dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan gaya berpikir. Aksioma, Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 323–334.
Gentner, D., & Smith, L. (2012). Analogical Reasoning. In Encyclopedia of Human Behavior: Second Edition (2nd ed., Vol. 1). Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-375000-6.00022-7
Holyoak, K. J. (2012). Analogy and Relational Reasoning. The Oxford Handbook of Thinking and Reasoning, 234–259. https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780199734689.013.0013
Kemendikbud. (2018). Salinan Permendikbud no 34 Tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan. Kemendikbud.
Khong, Y. F. (2020). The Psychology of Analogical Reasoning. Analogies at War, 209–250. https://doi.org/10.2307/j.ctvzxx9b5.13
Magdaş, I. (2015). Analogical Reasoning in Geometry Education. Acta Didactica Napocensia, 8(1), 57–66.
Manuaba, I. G. B., Sutawidjaja, A., & ... (2018). Kesalahan Penalaran Analogi Siswa Kelas XII SMA dalam Memecahkan Masalah Nilai Maksimum. … Pendidikan Matematika …, 105–115. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/sendikmad/article/view/21
Ningrum, R. K., & Rosyidi, A. H. (2013). Profil Penalaran Permasalahan Analogi Siswa Sekolah Menengah Pertama Ditinjau Dari Perbedaan Gender. MATHEdunesa, 2004.
Sakinah, M., & Lukman Hakim, D. (200 C.E.). Profil Kemampuan Penalaran Analogi Matematis Siswa Sma Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(2), 813–828. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.15909
Selman, Y. F., & Jaedun, A. (2020). Evaluation of The Implementation of 4C Skills in Indonesian Subject at Senior High Schools. 9(2), 244–257. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.23459
Selvi, K. (2016). Teachers ’ Competencies. January. https://doi.org/10.5840/cultura20107133
Sternberg, R. J. (1977). Component processes in analogical reasoning. Psychological Review, 84(4), 353–378. https://doi.org/10.1037/0033-295X.84.4.353
Tselishchev, V. V. (2020). Mathematical Reasoning. Epistemology & Philosophy of Science, 57(4), 74–86. https://doi.org/10.5840/eps202057459
Vakil, E., Lifshitz, H., Tzuriel, D., Weiss, I., & Arzuoan, Y. (2011). Analogies solving by individuals with and without intellectual disability: Different cognitive patterns as indicated by eye movements. Research in Developmental Disabilities, 32(2), 846–856. https://doi.org/10.1016/j.ridd.2010.08.006
Vendetti, M. S., Matlen, B. J., Richland, L. E., & Bunge, S. A. (2015). Analogical reasoning in the classroom: Insights from cognitive science. Mind, Brain, and Education, 9(2), 100–106. https://doi.org/10.1111/mbe.12080
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v7i22023p119-125
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Dewi Sukriyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKPM Indexed By:

Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License