PENTINGNYA LITERASI TEKNOLOGI BAGI MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA

Syaiful Hamzah Nasution

Abstract


Dewasa ini teknologi berkembang sangat pesat. Teknologi tidak hanya dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi dimanfaatkan juga dalam pembelajaran matematika. Dengan memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran matematika, guru dapat menyajikan pembelajaran yang baik, menarik dan memotivasi siswa. Oleh karenanya kemampuan untuk menguasai dan menggunakan teknologi (literasi teknologi) menjadi salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh guru masa datang. Tulisan ini membahas tentang pentingya literasi teknologi bagi mahasiswa calon guru matematika yang meliputi: (1) definisi literasi teknologi, (2) perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi, (3) Pendidikan Matematika masa datang, dan (4) kemampuan mnimal yang harus dikuasai oleh mahasiswa calon guru


Full Text:

[Download PDF]

References


APJII, 2014. Profil Pengguna Internet Indoensia 2014. Diunduh dari laman https://apjii.or.id/content/read/39/27/PROFIL-PENGGUNA-INTERNET-INDONESIA-2014

APJII, 2016. Survei Internet Asosiasi Penyelenggaran Jasa Internet Indonesia 2016. Diunduh dari laman https://www.apjii.or.id/survei2017.

Kemdikbud, 2016. Ikhtisar Data Pendidikan Tahun 2016/2017. Diunduh dari laman http://publikasi.data.kemdikbud.go.id.

Kembikbud, 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016. Jakarta.

Maryland State Department of Education. 2005. Maryland Technologi Education State Curriculum. Online: tersedia di laman marylandpublicschools.org

Muin, A., dan Ulfah, R. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Moodle. Jurnal Pythagoras, Vol 7(1), hal: 73-82

Nasution, SH. 2012. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Google SketchUp 8 untuk Memahamkan Konsep Jarak pada Dimensi Tiga Kelas X di SMA Negeri 1 Turen. Tesis, tidak diterbitkan.

Nasution, SH. 2015 Pengembangan Media Pembelajaran untuk Mendukung Kemampuan Penalaran Spasial Siswa pada Topik Dimensi Tiga Kelas X. Jurnal Kependidikan dan Ilmu Pendidikan, VolIV(2).

Nasution, SH. 2015. Mengembangkan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer pada Kelas Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya 2015 hal 712 – 721.

Nasution, SH. 2016. Model Pembelajaran Kooperatif Menggunakan GeoGebra pada Matakuliah Matematika Dasar II. Jurnal Pembelajaran Matematika, Tahun III Nomor 2: 45 – 52.

Nasution, SH. 2016. Membelajarkan Dimensi Tiga Menggunakan Software Cabri 3D. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pembelajaranny 2016, hal: 890 – 896.

National Academy of Engineering and National Research Council of The National Academies. 2006. Tech Tally: Approaches to Assessing Technological Literacy. Online: tersedia di laman http://download.nap.edu/cart/download.cgi?&record_id=11691&free=1

Rose, A. 2007. Perceptions of Technological Literacy among Science Technology, Engineering, and Mathematics Leaders. Journal of Technology Education Vol. 19(1).

Susanti, D., dan Khabibah, S. 2013. Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Berbasis Komputer pada Materi Bola. Jurnal MATHEdunesa, Vol 2(1).

The Partnership for 21st Century Skills. 2007. Framework for 21st Century Learning. Diakses di laman www.p21.org.

Wagner, Robert W. Edgar Dale: Professional. Theory into Practice. Vol. 9, No. 2, Edgar Dale (Apr., 1970), pp. 89-95 - https://www.jstor.org/pss/1475566

Wandani, N., dan Nasution, SH. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Autoplay Media Studio pada Materi Kedudukan Relatif Dua Lingkaran. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, Vol 1(2), hal 90 – 95.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v2i12018p14-18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Syaiful Hamzah Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKPM Indexed By:

        

 



Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License

View My Stats