Pengembangan moodle untuk meningkatkan literasi matematika pada materi trigonometri

Indri Fitriyaningsih, Rudi Priyadi, Khomsatun Ni'mah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas efektifitas Moodle dan peningkatan literasi matematika peserta didik pada materi Trigonometri setelah menggunakan MoodlePenelitian ini menggunakan mix method dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Dissemination) untuk mendapatkan produk yang valid dan layak digunakan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, validasi media dan materi, angket respon peserta didik, dan tes kemampuan literasi matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, lembar angket, lembar validasi oleh ahli media dan ahli materi, lembar angket respon peserta didik, dan lembar soal tes kemampuan peserta didik. Semua instrumen yang digunakan dalam penelitian ini sudah dinyatakan layak. Berdasarkan hasil penelitian, (a) tahap Define melalui studi literatur materi, literasi matematika, dan studi lapangan yang dilakukan berupa observasi mengenai media pembelajaran, sikap peserta didik dan wawancara terhadap pendidik di SMK Ma’arif NU Ciamis; (b) tahap Design yang menghasilkan flowchart, storyboard, sintaks pengaplikasian Moodle, penyusunan materi, lembar validasi, soal literasi matematika, dan angket respon peserta didik; (c) tahap development yang menghasilkan produk pengembangan yang selanjutnya dilakukan evaluasi oleh ahli. Hasil validasi dari ahli media dan materi dinyatakan “valid”.Selain itu dilakukan tes terhadap literasi matematika kepada 32 peserta didik setelah menggunakan produk pengembangan. Respon diberikan dan sebanyak 80,33 persen peserta didik memberikan penilaian baik; dan (d) tahap Dissemination  yaitu disebarkannya media pembelajaran Moodle yang terbatas pada penyebarluasan produk di lingkungan tempat penelitian dilakukan. Kualitas efektifitas dari penggunaan Moodle untuk meningkatkan literasi matematika pada materi Trigonometri mengacu pada hasil perhitungan effect size sebesar 1,98 yang menunjukan interpretasi efektifitas yang besar. Peningkatan literasi matematika peserta didik mengacu pada hasil perhitungan N-Gain yang diperoleh hasil presentase sebanyak 56,25 persen menunjukkan interpretasi peningkatan yang “Tinggi”.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Pembelajaran Literasi. Bandung: Bumi Aksara.

Aisyah, A. S. N., & Madio, S. S. (2021). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Pendekatan Konstekstual dan Matematika Realistik. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 363-372.

Angga, A. A. G. A. D., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2021). Pengembangan E-Learning Berbasis Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Matematika di SMP. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2).

Arnawa, I. N., & Setiawan, I. M. D. (2021). Pengaruh Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Tingkat Computer Self-Efficacy. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1)

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2017). Research Methods in Educations. New York: Routledge.

Fitriyana dan Purwasi (2020) Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 3(1), 17-25.

Gea, J. E. N. (2021). Upaya mengembangkan high order thinking skills siswa dalam pembelajaran kimia melalui penerapan model flipped classroom (Doctoral dissertation, Universitas Pelita Harapan).

Istiqomah, J. Y. N., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 670-681.

Khoerunnisa, S. N., Ratnaningsih, N., & Lestari, P. (2021). Pengembangan Digibook Trigonometri Berbasis Flip PDF untuk Mengeksplor Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3082-3096.

Madyaratria, D. Y., Wardono, W., & Prasetyo, A. P. B. (2019). Literasi matematik Peserta didik pada Pembelajaran Problem Based Learning dengan Tinjauan Gaya Belajar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 648-658.

Nurmeidina, R., Lazwardi, A., & Ariyanti, I. (2020). Pengembangan Modul Teori Peluang untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Disposisi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 440-450.

OECD. (2018). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD.

Rijal, A., & Sofiarini, A. (2020). Pengembangan E-learning Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SD Berbasis Aplikasi Moodel di PGSD. Jurnal Basicedu, 3 (4), 2071-2082.

Sahudra, T. M., Taher, A., & Kemal, I. (2021). E-Learning Development Management with The Schoology Improving Geographic Learning Literation. Journal of Education Technology, 5(1), 70-75.

Siregar, R. N., Mujib, A., Siregar, H., & Karnasih, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 56-62.

Suryati, K., & Sulastra, I. M. D. J. (2020). Interasi Strategi Blended Learning Berbantuan Aplikasi moodle Terhadap Hasil Belajar Matematika yang Ditinjau dari Gaya Belajar. Paedogria: Jurnal Kajian Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 126-132.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v7i22023p112-118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Indri Fitriyaningsih, Rudi Priyadi, Khomsatun Ni'mah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKPM Indexed By:

        

 



Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License

View My Stats