Pengembangan e-modul berbasis etnomatematika menggunakan Flip PDF Corporate pada materi sistem linier dua variabel

Dewi Okviarini, Rustanto Rahardi

Abstract


Konsep pembelajaran yang mengintegrasi budaya dan matematika dikenal dengan etnomatematika. Konsep pembelajaran etnomatematika menjadi lebih optimal apabila diterapkan secara nyata dengan mengajak peserta didik merasakan pengalaman secara langsung terhadap budaya di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk e-modul berbasis etnomatematika menggunakan Flip PDF Corporate pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian Research and Development (R & D) dan model pengembangan ADDIE. Terdapat lima tahap pengembangan, diantaranya: (a) analisis (analysis), (b) desain (design), (c) pengembangan (development), (d) implementasi (implementation), dan (e) evaluasi (evaluation). Instrumen yang digunakan dalam proses pengolahan data, diantaranya angket dan soal evaluasi. Media ini divalidasi oleh ahli, dinyatakan praktis berdasarkan agket respon peserta didik, dan efektif melalui nilai evaluasi peserta didik. Berdasarkan hasil uji, e-modul ini dinyatakan valid, praktis, dan efektif dengan persentase kevalidan materi adalah 85,16 persen, sedangkan media berada pada persentase 93 persen, persentase kepraktisan e-modul ini adalah 88,85 persen, sementara persentase keefektifan e-moul ini adalah 84 persen.

Keywords


Etnomatematika, E-Modul, ADDIE, Flip PDF Corporate, SPLDV

Full Text:

PDF

References


Angko, N., & Mustaji, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar dengan Model Addie untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. Jurnal Kwangsan, 1(1). https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i1.1

Astuti, E. P., & Purwoko, R. Y. (2017). Integrating Ethnomathematics in Mathematical Learning Design for Elementary Schools. 4th ICRIEMS Proceedings. http://seminar.uny.ac.id/icriems/sites/seminar.uny.ac.id.icriems/files/prosiding2017/ME28 Erni Puji.pdf

Barokati, N., & Annas, F. (2013). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning pada Mata Kuliah Pemrograman Komputer (Studi Kasus: UNISDA Lamongan). Sisfo, 4(5), 352–359. https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2013.09.006

Bell, E. T., & Polya, G. (1945). How to Solve It. A New Aspect of Mathematical Method. The American Mathematical Monthly, 52(10). https://doi.org/10.2307/2306109

D’Ambrosio, U. (1990). Etnomatemática: Arte ou técnica de explicar e conhecer. In Séries Fundamento (Vol. 74).

Evy Aldiya. (2021). Perubahan Gaya Belajar di Masa Pandemi Covid-19. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 53(February). https://doi.org/10.51878/cendekia.v1i1.24

Januszewski, A., & Molenda, M. (2013). Educational technology: A definition with commentary. In Educational Technology: A Definition with Commentary. https://doi.org/10.4324/9780203054000

Kamaruddin, A. N., Azis, A. A., & Taiyeb, A. M. (2021). Pengembangan Elektronik Modul (E-Modul) Berbasis Socio Scientific Issues Issue (SSI) Terintegrasi Flip PDF Corporate Edition pada Materi Biologi Kelas XI Sekolah Menengah Atas. In Universitas Negeri Makassar.

Kemendikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusun e-Modul Pembelajaran. In Kemendikbud.

Mahsup, M., Abdillah, A., Fitriani, E., & Mandailina, V. (2022). Pengembangan Modul Berbasis Srategi Invertigasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(2), 455–462. https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.ZZZ

Mariska Chairani, 180204024. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Sets (Science, Environment, Technology, And Society) Pada Materi Teori Kinetik Gas. Pengembangan E-Modul Berbasis Sets (Science, Environment, Technology, And Society) Pada Materi Teori Kinetik Gas. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27062

Najuah, N., Lukito, P. S., & Wirianti, W. (2020). Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya - Najuah Najuah, Pristi Suhendro Lukitoyo, Winna Wirianti - Google Books (S. Janner (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Ngussa, B. M. (2014). Application of ADDIE Model of Instruction in Teaching-Learning Transaction among Teachers of Mara Conference Adventist Secondary Schools, Tanzania. Journal of Education and Practice, 5(25). www.iiste.org

Nisa, H. A., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. JPMR, 05(02). https://doi.org/https://doi.org/10.33449/jpmr.v5i2.11406

Nurasni, F. (2023). Pengembangan E-Modul Model CinQASE dengan Aplikasi Flip PDF Corporate Edition pada Materi Efek Fotolistrik dan Sinar X untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 12 SMA Development of the CinQASE Model E-Module with the Flip PDF Corpor. Penelitian Pendidikan Fisika, 8(1), 28–43. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i1.8

Oktarisma, D. (2019). Analisis model pengembangan bahan ajar (4D, ADDIE, ASSURE, HANNAFIN dan PECK). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Rahardi, R., & Hasanah, D. (2020). Analysis of students’ skills on derivative of a function. AIP Conference Proceedings, 2215. https://doi.org/10.1063/5.0000671.

Rosa, M., & Orey, D. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2). https://www.revista.etnomatematica.org/index.php/RevLatEm/article/view/32

Salirawati, D. (2018). Teknik Penyusunan Modul Pembelajaran. Academia. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/55531688/PengmbGN_Modul_dan_Bhn_Ajar_Das_Salirawati-libre.pdf?1515911043=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DTEKNIK_PENYUSUNAN_MODUL_PEMBELAJARAN.pdf&Expires=1679808003&Signature=azNwtD75f-t0bjFEnL1Bihl

Saputra, A. (2023). Pengembangan Aplikasi E-Flip Builder Berdasarkan Pedagogic Knowledge ( PK ) Pada Materi SPLDV Kelas X SMA Negeri 1 Marau Pulau Borneo. Journal of Creative Student Research, 1(1), 426–440. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jcsr/article/view/1172

Sintiya, M. W., Astuti, E. P., & Purwoko, R. Y. (2021). Pengembangan E -modul Berbasis Etnomatematika Motif Batik Adi Purwo untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(01), 1–15.

Solihudin, J. H. T. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Web untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika pada Materi Listrik Statis dan Dinamis SMA. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2). https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i2.13731

Stofiana, T. (2021). Persepsi Guru Bahasa Indonesia Tentang Belajar Daring Akibat Dampak Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 12 Baubau. JEC (Jurnal Edukasi Cendikia), 5(1). https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JEC/article/view/1489/885

Susanti, E. D., & Sholihah, U. (2021). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIP PDF CORPORATE PADA MATERI LUAS DAN VOLUME BOLA. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.32938/jpm.v3i1.1275

Watin, E., & Kustijono, R. (2017). Efektivitas penggunaan E-book dengan Flip PDF Professional untuk melatihkan keterampilan proses sains. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF). https://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/view/25/13

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT. In 2020. Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v7i12023p32-42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dewi Okviarini, Rustanto Rahardi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKPM Indexed By:

        

 



Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License

View My Stats