Pengembangan e-modul berbasis etnomatematika menggunakan Flip PDF Corporate pada materi sistem linier dua variabel
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angko, N., & Mustaji, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar dengan Model Addie untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. Jurnal Kwangsan, 1(1). https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i1.1
Astuti, E. P., & Purwoko, R. Y. (2017). Integrating Ethnomathematics in Mathematical Learning Design for Elementary Schools. 4th ICRIEMS Proceedings. http://seminar.uny.ac.id/icriems/sites/seminar.uny.ac.id.icriems/files/prosiding2017/ME28 Erni Puji.pdf
Barokati, N., & Annas, F. (2013). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning pada Mata Kuliah Pemrograman Komputer (Studi Kasus: UNISDA Lamongan). Sisfo, 4(5), 352–359. https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2013.09.006
Bell, E. T., & Polya, G. (1945). How to Solve It. A New Aspect of Mathematical Method. The American Mathematical Monthly, 52(10). https://doi.org/10.2307/2306109
D’Ambrosio, U. (1990). Etnomatemática: Arte ou técnica de explicar e conhecer. In Séries Fundamento (Vol. 74).
Evy Aldiya. (2021). Perubahan Gaya Belajar di Masa Pandemi Covid-19. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 53(February). https://doi.org/10.51878/cendekia.v1i1.24
Januszewski, A., & Molenda, M. (2013). Educational technology: A definition with commentary. In Educational Technology: A Definition with Commentary. https://doi.org/10.4324/9780203054000
Kamaruddin, A. N., Azis, A. A., & Taiyeb, A. M. (2021). Pengembangan Elektronik Modul (E-Modul) Berbasis Socio Scientific Issues Issue (SSI) Terintegrasi Flip PDF Corporate Edition pada Materi Biologi Kelas XI Sekolah Menengah Atas. In Universitas Negeri Makassar.
Kemendikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusun e-Modul Pembelajaran. In Kemendikbud.
Mahsup, M., Abdillah, A., Fitriani, E., & Mandailina, V. (2022). Pengembangan Modul Berbasis Srategi Invertigasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(2), 455–462. https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.ZZZ
Mariska Chairani, 180204024. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Sets (Science, Environment, Technology, And Society) Pada Materi Teori Kinetik Gas. Pengembangan E-Modul Berbasis Sets (Science, Environment, Technology, And Society) Pada Materi Teori Kinetik Gas. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27062
Najuah, N., Lukito, P. S., & Wirianti, W. (2020). Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya - Najuah Najuah, Pristi Suhendro Lukitoyo, Winna Wirianti - Google Books (S. Janner (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.
Ngussa, B. M. (2014). Application of ADDIE Model of Instruction in Teaching-Learning Transaction among Teachers of Mara Conference Adventist Secondary Schools, Tanzania. Journal of Education and Practice, 5(25). www.iiste.org
Nisa, H. A., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. JPMR, 05(02). https://doi.org/https://doi.org/10.33449/jpmr.v5i2.11406
Nurasni, F. (2023). Pengembangan E-Modul Model CinQASE dengan Aplikasi Flip PDF Corporate Edition pada Materi Efek Fotolistrik dan Sinar X untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 12 SMA Development of the CinQASE Model E-Module with the Flip PDF Corpor. Penelitian Pendidikan Fisika, 8(1), 28–43. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i1.8
Oktarisma, D. (2019). Analisis model pengembangan bahan ajar (4D, ADDIE, ASSURE, HANNAFIN dan PECK). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Rahardi, R., & Hasanah, D. (2020). Analysis of students’ skills on derivative of a function. AIP Conference Proceedings, 2215. https://doi.org/10.1063/5.0000671.
Rosa, M., & Orey, D. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2). https://www.revista.etnomatematica.org/index.php/RevLatEm/article/view/32
Salirawati, D. (2018). Teknik Penyusunan Modul Pembelajaran. Academia. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/55531688/PengmbGN_Modul_dan_Bhn_Ajar_Das_Salirawati-libre.pdf?1515911043=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DTEKNIK_PENYUSUNAN_MODUL_PEMBELAJARAN.pdf&Expires=1679808003&Signature=azNwtD75f-t0bjFEnL1Bihl
Saputra, A. (2023). Pengembangan Aplikasi E-Flip Builder Berdasarkan Pedagogic Knowledge ( PK ) Pada Materi SPLDV Kelas X SMA Negeri 1 Marau Pulau Borneo. Journal of Creative Student Research, 1(1), 426–440. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jcsr/article/view/1172
Sintiya, M. W., Astuti, E. P., & Purwoko, R. Y. (2021). Pengembangan E -modul Berbasis Etnomatematika Motif Batik Adi Purwo untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(01), 1–15.
Solihudin, J. H. T. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Web untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika pada Materi Listrik Statis dan Dinamis SMA. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2). https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i2.13731
Stofiana, T. (2021). Persepsi Guru Bahasa Indonesia Tentang Belajar Daring Akibat Dampak Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 12 Baubau. JEC (Jurnal Edukasi Cendikia), 5(1). https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JEC/article/view/1489/885
Susanti, E. D., & Sholihah, U. (2021). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIP PDF CORPORATE PADA MATERI LUAS DAN VOLUME BOLA. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.32938/jpm.v3i1.1275
Watin, E., & Kustijono, R. (2017). Efektivitas penggunaan E-book dengan Flip PDF Professional untuk melatihkan keterampilan proses sains. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF). https://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/view/25/13
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT. In 2020. Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v7i12023p32-42
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Dewi Okviarini, Rustanto Rahardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKPM Indexed By:
Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License