Deskripsi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal PISA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Argina, A. W., Mitra, D., Ijabah, N., & Setiawan, R. (2017). Indonesian Pisa Result: What Factors and What Should Be Fixed? The 1st Education and Language International Conference Proceedings, 69–79. https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf
Asdamayanti, N., Nasution, E. Y. P. N., & Sari, M. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Aliyah Pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1141–1152. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2084 PENDAHULUAN
Bahar, E. E., Syamsuadi, A., Gaffar, A., & Syahri, A. A. (2020). Analisis Kemampuan Matematis dalam Menyelesaikan Soal PISA (Programme For International Student Assessment) pada Konten Kuantitas. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 260–276. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2327
Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170–176. https://ejournal.unib.ac.id/jpmr/article/view/7522
Haji, S., Yumiati, Y., & Zamzaili, Z. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyesaikan Soal-Soal PISA (Programme for International Student Assessment) di SMP Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 177–183. https://ejournal.unib.ac.id/jpmr/article/view/7522
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Khoirudin, A., Dwi Styawati, R., & Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk Pisa. Aksioma, 8(2), 33. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1839
Kurniawati, I., & Kurniasari, I. (2019). Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Space and Shape Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk. MATHEdunesa, 8(2), 441–448.
Maharani, R. A., & Aini, I. N. (2021). Deskripsi Tahapan Problem Solving Siswa Pada Soal Bertipe Pisa Space and Shape Content. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1193–1200. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.608
Maulida Fitri, N. (2023). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Pada Konten Geometri Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp.
Muzalifahh, T. (2021). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Pada Konten Geometri Untuk Siswa SMP. In Frontiers in Neuroscience (Vol. 14, Issue 1).
Nugrahanto, S., & Zuchdi, D. (2019). Indonesia PISA Result and Impact on The Reading Learning Program in Indonesia. Education and Humanities Research, 297, 373–377. https://doi.org/10.2991/icille-18.2019.77
OECD. (2016). PISA 2015 Asessment and Analytical Framework: Science, Reading, Matematic and Financial Literacy. OECD Publishing.
Qadry, I. K., Dessa, A., & Aynul, N. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Space and Shape Pada Kelas Ix Smp Negeri 13 Makassar. Jurnal Matematika Dan Aplikasinya (IJMA), 2(2), 78–92.
Rahmawati, E., & Hardianto, H. (2016). Analisis Kemampuan Matematis Ssiwa SMP Dalam Menyeleaikan Soal Matematika Bertipe PISA. Jurnal Pendiidkan Matematika, 1(2), 1–5.
Syaifurohman, I., Yuhana, Y., & Sukirwan, S. (2022). DESKRIPSI KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA MTS. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(4), 282–290.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278.
Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia : Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283
Zulkardi, Z., & Kohar, A. W. (2018). Designing PISA-Like Mathematics Tasks in Indonesia: Experiences and Challenges. Journal of Physics: Conference Series, 947(1), 0–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/947/1/012015
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v7i22023p93-102
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nurul Asdamayanti, Aan Putra, Reri Seprina Anggraini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKPM Indexed By:

Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License