Deskripsi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal PISA

Nurul Asdamayanti, Aan Putra, Reri Seprina Anggraini

Abstract


Rendahnya hasil PISA diharapkan mampu memuat konten penting kemmapuan matematis yang dikembangkan dalam diri siswa dalam menyelesaikan soal-soal bertipe PISA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal PISA dengan menggunakan konten ruang dan bentuk. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan instrumen tes dan dokumentasi. Instrumen tes yang digunakan yaitu soal tes bentuk deskripsi dengan 4 buah butir soal dari level 1 sampai 4. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas VIII D SMPN 2 Sungai Penuh. Hasil penelitian diperoleh dengan menguji kemampuan matematis siswa SMP dalam menyelsaikan soal PISA materi Geometri pada materi bentuk dan bentuk, ditemukan bahwa hasil tes menunjukkan nilai rata-rata sebesar 34,33. Terdapat juga siswa yang tidak menjawab soal dan siswa dengan nilai maksimal 69. Standar deviasi yang diperoleh sebesar 15,07 persen, yang menunjukkan kategori rendah. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa 62,5 persen siswa termasuk dalam kategori rendah, 37,5 persen siswa dalam kategori sedang, dan tidak ada siswa yang termasuk dalam kategori tinggi. Dalam penelitian ini, siswa terutama berada pada level 1 dan 2, dengan proporsi siswa yang beberapa mampu menerapkan prosedur matematika dalam menyelesaikan masalah. Rekomendasi untuk penelitian analisis selanjutnya adalah kesalahan dan strategi siswa dalam menyelesaikan soal PISA.

Keywords


Kemampuan Matematis, Siswa SMP, Soal PISA

Full Text:

PDF

References


Argina, A. W., Mitra, D., Ijabah, N., & Setiawan, R. (2017). Indonesian Pisa Result: What Factors and What Should Be Fixed? The 1st Education and Language International Conference Proceedings, 69–79. https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf

Asdamayanti, N., Nasution, E. Y. P. N., & Sari, M. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Aliyah Pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1141–1152. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2084 PENDAHULUAN

Bahar, E. E., Syamsuadi, A., Gaffar, A., & Syahri, A. A. (2020). Analisis Kemampuan Matematis dalam Menyelesaikan Soal PISA (Programme For International Student Assessment) pada Konten Kuantitas. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 260–276. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2327

Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170–176. https://ejournal.unib.ac.id/jpmr/article/view/7522

Haji, S., Yumiati, Y., & Zamzaili, Z. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyesaikan Soal-Soal PISA (Programme for International Student Assessment) di SMP Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 177–183. https://ejournal.unib.ac.id/jpmr/article/view/7522

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Khoirudin, A., Dwi Styawati, R., & Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk Pisa. Aksioma, 8(2), 33. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1839

Kurniawati, I., & Kurniasari, I. (2019). Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Space and Shape Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk. MATHEdunesa, 8(2), 441–448.

Maharani, R. A., & Aini, I. N. (2021). Deskripsi Tahapan Problem Solving Siswa Pada Soal Bertipe Pisa Space and Shape Content. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1193–1200. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.608

Maulida Fitri, N. (2023). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Pada Konten Geometri Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp.

Muzalifahh, T. (2021). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Pada Konten Geometri Untuk Siswa SMP. In Frontiers in Neuroscience (Vol. 14, Issue 1).

Nugrahanto, S., & Zuchdi, D. (2019). Indonesia PISA Result and Impact on The Reading Learning Program in Indonesia. Education and Humanities Research, 297, 373–377. https://doi.org/10.2991/icille-18.2019.77

OECD. (2016). PISA 2015 Asessment and Analytical Framework: Science, Reading, Matematic and Financial Literacy. OECD Publishing.

Qadry, I. K., Dessa, A., & Aynul, N. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Space and Shape Pada Kelas Ix Smp Negeri 13 Makassar. Jurnal Matematika Dan Aplikasinya (IJMA), 2(2), 78–92.

Rahmawati, E., & Hardianto, H. (2016). Analisis Kemampuan Matematis Ssiwa SMP Dalam Menyeleaikan Soal Matematika Bertipe PISA. Jurnal Pendiidkan Matematika, 1(2), 1–5.

Syaifurohman, I., Yuhana, Y., & Sukirwan, S. (2022). DESKRIPSI KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA MTS. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(4), 282–290.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278.

Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia : Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283

Zulkardi, Z., & Kohar, A. W. (2018). Designing PISA-Like Mathematics Tasks in Indonesia: Experiences and Challenges. Journal of Physics: Conference Series, 947(1), 0–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/947/1/012015




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v7i22023p93-102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurul Asdamayanti, Aan Putra, Reri Seprina Anggraini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKPM Indexed By:

        

 



Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License

View My Stats