Eksplorasi interaksi parallel-competitive mahasiswa dalam pemecahan masalah program linear
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi pola interaksi parallel-competitive yang terjadi ketika mahasiswa memecahkan masalah program linear dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah dua mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik snowball-sampling. Jawaban tertulis masalah program linear, hasil rekaman wawancara, dan catatan peneliti digunakan sebagai dasar untuk mengkaji interaksi parallel-competitive subjek dalam memecahkan masalah program linear. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga pola interaksi parallel-competitive. Pola pertama adalah proses menyadari aktif bersamaan dengan proses subjektif-empiris dalam menghasilkan gambar grafik pertidaksamaan yang dianggap sesuai dengan sistem pertidaksamaannya oleh subjek. Pola kedua adalah proses akurasi-empiris aktif bersamaan dengan proses subjektif-empiris dalam menghasilkan gambar grafik dari pertidaksamaan yang terlihat sudah sesuai dengan sistem pertidaksamaannya namun ternyata skala ukuran jarak antara satu titik dengan titik lain masih belum memenuhi. Sementara itu, pola ketiga adalah proses menyadari aktif bersamaan dengan proses otomatis dalam menghasilkan nilai dari fungsi tujuan pada kelima titik potong daerah penyelesaian. Penelitian terkait interaksi antara Sistem 1 dan Sistem 2 dengan permasalahan yang lebih kompleks sangat dianjurkan oleh peneliti. Selain itu, peneliti menyarankan agar dosen melakukan intervensi ketika mahasiswa dimintai jawaban akurat untuk mengurangi terjadinya interaksi parallel-competitive yang merugikan mahasiswa maupun dosen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bago, B., & De Neys, W. (2019). The smart system : Evidence for the intuitive nature of correct responding on the bat-and-ball problem. Thinking & Reasoning, 25(3), 257–299. https://doi.org/10.1080/13546783.2018.1507949
Creswell, J. W. (2016). Research design, pendekatan metode kualitatif, kuantitaif, dan campuran (4th ed). Pustaka Belajar.
Darmawan, P. (2019). Aplikasi Dual-Process Theory: Karakteristik proses mental siswa dalam memecahkan masalah segi banyak. In Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi (pp. 204–214).
Darmawan, P. (2023). Interaksi Default-Intervionist (DI) siswa sekolah dasar dalam memecahkan masalah geometri. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 3(1), 21–34. https://doi.org/10.51574/kognitif.v3i1.657
Darmawan, P., & Yusuf, F. I. (2022). Teori kognitivisme dan penerapannya dalam penelitian pendidikan matematika. Insan Cendekia Nusantara.
Darmawan, P., Purwanto, Parta, I. N., & Susiswo. (2021). Teacher interventions to induce students’ awareness in controlling their intuition. Bolema-Mathematics Education Bulletin, 35(70), 745–765. https://doi.org/10.1590/1980-4415v35n70a10
De Neys, W. (2018). Dual Process Theory 2.0. Routledge.
Evans, J. St. B. T. (2007). On the resolution of conflict in dual process theories of reasoning. Thinking & Reasoning, 13(4), 321–339. https://doi.org/10.1080/13546780601008825
Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 99–117. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.21396
Fazey, I., Fazey, J. A., & Fazey, D. M. A. (2005). Learning more effectively from experience. Ecology and Society, 10(2), 4. https://www.jstor.org/stable/26267749
Hermawan, S., & Amirullah. (2016). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif & kualitatif. Media Nusa Creative.
Indriyanti, A. D., Prehanto, D. R., Permadi, G. S., Mashuri, C., & Vitadiar, T. Z. (2019). Using Fuzzy Time Series (FTS) and linear programming for production planning and planting pattern scheduling red onion. E3S Web of Conferences, 125, 23007. https://doi.org/10.1051/e3sconf/201912523007
Kahneman, D. (2002). Maps of bounded rationality: a perspective on intuitive judgment and choice. Princeton University, Department of Psychology.
Kahneman, D., & Frederick, S. (2002). Representativeness revisited: attribute substitution in intuitive judgment. Heuristics and Biases, 49–81. https://doi.org/10.1017/CBO9780511808098.004
Kusmanto, H., & Marliyana, I. (2014). Pengaruh pemahaman matematika terhadap kemampuan koneksi matematika siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 2 Kasokandel Kabupaten Majalengka. Eduma, 3(2), 61–75.
Larasati, S. R. (2018). Analisis kemampuan memodelkan siswa kelas xi SMA Pangudi Luhur Yogyakarta pada pembelajaran matematika materi program linear dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Universitas Sanata Dharma.
Martin, J. W., & Sloman, S. A. (2013). Refining the dual-system theory of choice. 4, 552–555. https://doi.org/10.1016/j.jcps.2013.04.006
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage.
Safitri, A. D., & Darmawan, P. (2022). Karakteristik proses mental siswa dalam memecahkan masalah peluang berdasarkan Teori Dual-Process. In Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi (pp. 54–61).
Sloman, S. A. (1996). The empirical case for two systems of reasoning. Psychological Bulletin, 119(1), 3–22. https://doi.org/10.1037/0033-2909.119.1.3
Stanovich, K. E., & West, R. F. (2000). Individual differences in reasoning: Implications for the rationality debate. Behavioral and Brain Sciences, 23(5), 645–665. https://doi.org/10.1017/S0140525X00003435
Suratmi, L., Saidi, S., & Purwati. (2022). Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari Dual Procces Theory. Saintifik@: Jurnal Pendidikan MIPA, 7(2), 45–48.
Suwartik, R. (2019). Perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dan talking stick pada materi program linear di kelas XI SMA Negeri 1 Merbau T.A 2019/2020. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Vanderbei, R. J. (2020). Linear programming (Vol. 285). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-39415-8
Yani, M., Ikhsan, M., & Marwan. (2016). Proses berpikir siswa sekolah menengah pertama dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Polya ditinjau dari adversity quotient. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 43–57. https://doi.org/10.22342/jpm.10.1.3278.42-57
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v7i22023p70-85
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ganis Irma Firnanda, Puguh Darmawan, Imam Rofiki
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKPM Indexed By:
![](http://journal.um.ac.id/home/wp-content/uploads/2023/05/jkpm.jpg)
Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License