Pengembangan media pembelajaran game edukasi math play cerbil pada materi bilangan kelas VII

Dwi Retno Rahayu, Tatik Retno Murniasih, Timbul Yuwono, Lailatul Anggraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran permainan edukasi yang memenuhi kriteria valid, efektif dan praktis. Penelitian ini dilakukan berdasarkan model pengembangan 4-D (define, design, development, dan disseminate) yang diadaptasi menjadi 3-D. Media permainan edukasi yang dikembangkan memperoleh kriteria valid dari ahli, dengan skor rata-rata ahli materi 2,8; ahli media 3,31; dan ahli pembelajaran 3,3. Rata-rata hasil uji validitas sebesar 3,13 sehingga dapat disimpulkan media permainan edukasi ini valid. Skor penilaian angket jawaban guru sebesar 3,04 dan angket respon siswa pada uji kelompok kecil dan uji kelompok besar sebesar 3,53, maka kualitas media yang dibuat memenuhi kriteria sangat praktis. Hasil uji kepraktisan memperoleh skor rata-rata sebesar 3,28 yang menunjukkan bahwa media permainan pembelajaran sangat praktis. Temuan uji efektivitas menunjukkan bahwa 100% siswa menyelesaikan latihan kelompok kecil dan kelompok besar. Berdasarkan temuan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media permainan edukatif yang dibuat dapat digunakan di SMP Miftahul Huda 4 Kepanjen untuk mengajarkan konsep bilangan.

Keywords


pengembangan, media pembelajaran game edukasi, math play cerbil

Full Text:

PDF

References


Anam, A., & Sulandra, I. M. (2024). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah berdasarkan tahapan Polya ditinjau dari posisi tempat duduk Ainul. JKPM-Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 8(1), 17–29. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm.

Astiti, S. P. (2019). Efektivitas Konseling sebaya (peer counseling) dalam menuntaskan masalah siswa. IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology, 1(2), 243–263. https://doi.org/10.18326/ijip.v1i2.

Barreto, D., Vasconcelos, L., & Orey, M. (2017). Motivation and learning engagement through playing math video games. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 14(2), 1–21. https://doi.org/10.32890/mjli2017.14.2.1.

Bilgin, E. A. (2021). A mobile educational game design for eliminating math anxiety of middle school students. Education Quarterly Reviews, 4(2), 354–361. https://doi.org/10.31014/aior.1993.04.02.251.

Dewi, N. R., & Maulida, N. F. (2023). The development of STEM-nuanced mathematics teaching materials to enhance students’ mathematical literacy ability through information and communication technology-assisted preprospec learning model. International Journal of Educational Methodology, 9(2), 409–421. https://doi.org/10.12973/IJEM.9.2.409.

Fannani, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran multimedia berbasis project-based learning pada pelajaran pendidikan kemuhammadiyahan siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Tamaddun, 19(2), 157. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.705

Fitriyaningsih, I., Priyadi, R., & Ni’mah, K. (2023). Pengembangan moodle untuk meningkatkan literasi matematika pada materi trigonometri. JJKPM-Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 7(2), 112–118. https://doi.org/10.17977/um076v7i22023p112-118

Furner, J. M. (2024). The best pedagogical practices for teaching mathematics revisited: Using math manipulatives, children’s literature, and geogebra to produce math confident young people for a STEM world. Pedagogical Research, 9(2), 1–13. https://doi.org/10.29333/pr/14194

Inci Kuzu, C. (2021). Views of mathematics teacher candidates on the use of geogebra in probability teaching. Asian Journal of Contemporary Education, 5(1), 45–56. https://doi.org/10.18488/journal.137.2021.51.45.56

Komariah, S., Suhendri, H., & Hakim, A. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika siswa SMP berbasis android. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 43. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.2805

Miswari, M. K., Amrullah, A., Hayati, L., & Sarjana, K. (2022). Pengembangan media pembelajaran game edukasi pada materi segi empat kelas VII SMPN 1 Wanasaba. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 105–116. https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.135

Murniasih, T. R., Sa’dijah, C., Muksar, M., Susiswo, S., & Suwanti, V. (2020). Kesalahan representasi pecahan pada garis bilangan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 316–325.

Muzakkir, M., Zulnaidi, H., & Rauf, R. A. A. (2024). Mathematics module based on STEAM and Quranic approach: A study for student’s perception. Journal on Mathematics Education, 15(2), 363–384. https://doi.org/10.22342/jme.v15i2.pp363-384

Oflaz, G. (2023). Evaluation of educational games prepared by mathematics teacher candidates according to game design key model. Educational Policy Analysis and Strategic Research, 18(1), 145–174. https://doi.org/10.29329/epasr.2023.525.7

Okviarini, D., & Rahardi, R. (2023). Pengembangan e-modul berbasis etnomatematika menggunakan Flip PDF Corporate pada materi sistem linier dua variabel. JKPM-Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 7(1), 32–42. https://doi.org/10.17977/um076v7i12023p32-42

Olkun, S. (2022). How do we learn mathematics? A framework for a theoretical and practical model. International Electronic Journal of Elementary Education, 14(3), 295–302. https://doi.org/10.26822/iejee.2022.245

Rokhmah, K. N., & Lestari, H. P. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran segitiga dan segi empat dengan pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VII. IOSR Journal of Economics and Finance, 3(1), 56–66.

Rudibyani, R. B., Perdana, R., & Elisanti, E. (2020). Development of problem-solving-based knowledge assessment instrument in electrochemistry. International Journal of Instruction, 13(4), 957–974. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13458a

Saniyyah, U. W., Hayati, N., & Hidayat, S. (2021). Developing bacterial set box media containing fiqh al biah for Islamic senior high school. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 7(1), 83–94. https://doi.org/10.22219/jpbi.v7i1.12944

Srintin, A. S., Setyadi, D., & Mampouw, H. L. (2019). Pengembangan media permainan kartu umino pada pembelajaran matematika operasi bilangan bulat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 126–138. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.89

Susiswo, S., Murniasih, T. R., Sa’dijah, C., Muksar, M., & Murtafiah, W. (2021). The development of an instrument on negative fractions to measure the cognitive obstacle based on mental mechanism stages. TEM Journal, 10(3), 1357–1362. https://doi.org/10.18421/TEM103

Suwanto, S., & Purba, A. (2021). The development of multiple intelligence based textbook. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(1), 34–40. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i1.3320

Topano, A., Kurniawan, D., & Saputra, E. A. (2023). Developing of STEM-based charta learning media to improve critical thinking ability student on plant structure and function material. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 9(3), 462–469. https://doi.org/10.22219/jpbi.v9i3.28352

Wiens, P. D., Chou, A., Vallett, D., & Beck, J. S. (2019). New teacher mentoring and teacher retention: Examining the rogram. Educational Research: Theory and Practice, 30(2), 103–110.

Yaniawati, P., Maat, S. M., Supianti, I. I., & Fisher, D. (2022). Mathematics mobile blended learning development: Student-oriented high order thinking skill learning. European Journal of Educational Research, 11(1), 69–81. https://doi.org/10.12973/EU-JER.11.1.69




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v8i22024p77-84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dwi Retno Rahayu, Tatik Retno Murniasih, Timbul Yuwono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKPM Indexed By:

        

 



Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License

View My Stats