Hypotetical learning trajetory dalam LKPD RME berbasis etnomatematika “Dakon” materi perkalian bilangan cacah

Maryanti Maryanti, Ika Rahmawati, Zaenal Abidin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengimplementasian lembar kerja peserta didik melalui pendekatan Realistic Mathematics Education berbasis etnomatematika permainan tradisional dakon yang diterapkan menggunakan Hypothetical Learning Trajectory pada materi perkalian bilangan cacah. Pembelajaran matematika masih dianggap sebagai pembelajaran yang rumit dan sulit untuk dipahami. Penelitian ini memungkinkan siswa melakukan aktivitas pembelajaran dari permasalahan kontekstual yang lebih dekat dan lebih konkret bagi siswa berbasis pada permainan tradisional dakon yang dituangkan ke dalam aktivitas memahami, bermain, menggambar, menempel, menghitung, dan menyimpulkan. Metode yang digunakan adalah Design Research dengan pendekatan kualitatif dilakukan melalui tiga tahap yaitu persiapan eksperimen, pelaksanaan eksperimen, dan analisis retrospektif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Tlogowatu dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas III dengan jumlah 4 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya kesesuaian antara Actual Learning Trajectory dengan Hypothetical Learning Trajectory, artinya pengimplementasian LKPD dengan pendekatan RME berbasis etnomatematika yaitu permainan tradisional dakon menggunakan Hypothetical Learning Trajectory mampu secara efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Selain itu juga dapat menjadikan pembelajaran matematika sebagai pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan bagi siswa serta mampu mengembangkan pemahaman siswa terkait materi perkalian bilangan cacah.

Keywords


dakon; etnomatematika; hypothetical learning trajectory; lembar kerja peserta didik; perkalian

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Adimsyah, F. A., Fauzi, A., & Rofiq, M. H. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dakon Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Chalim Journal of Teaching and Learning, 3(1), 28–34. https://doi.org/10.31538/cjotl.v3i1.417

Aklimawati, A., Listiana, Y., Isfayani, E., Zainuddin, Z., & Aulia, R. (2022). Pengembangan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Geometri. Jurnal Serunai Matematika, 14(2), 51–63. https://doi.org/10.37755/jsm.v14i2.665

Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. ReseacrhGate, 1–7. https://www.researchgate.net/publication/333293321

Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, D. H. (2018). Implementasi pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 1(1b), 65–72. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2097

Dahlia, A., Pranata, O. H., & Suryana, Y. (2020). Pengaruh Interactive Learning terhadap Minat Belajar Siswa pada Penjumlahan Operasi Hitung Bilangan Bulat. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 32–41. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.30129

Fajriah, N., Suryaningsih, Y., Zainuddin, Z., Masriani, R., & Rahadhian, L. N. R. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Budaya Di Lingkungan Lahan Basah Sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 121–130. https://doi.org/10.20527/edumat.v9i2.11858

Fauzana, R. (2022). Pencapaian Representasi Matematis Siswa melalui Pendekatan RME berbasis Etnomatematika. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 2(1), 163–179. https://jurnalmadaris.org/index.php/md/article/view/308

Fuadiah, N. F. (2017). Hypothetical Learning Trajectory pada Pembelajaran Bilangan Negatif Berdasarkan Teori Situasi Didaktis di Sekolah Menengah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 13–24. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.425

Hendrik, A. I., Ekowati, C. K., & Samo, D. D. (2020). Kajian Hypothetical Learning Trajectories dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat SMP. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.35508/fractal.v1i1.2683

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Nabilah, L. N., & Nana. (2020). Pengembangan Keterampilan Abad 21 dalam Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Model Creative Problem Solving. https://doi.org/10.31219/osf.io/6vwhd

Panggabean, S., Lisnasari, S. F., Puspitasari, I., Basuki, L., Fuadi, A., Firmansyah, H., Badi’ah, A., Ridha, Z., Anwar, A., Nggaba, M. E., Ghaybiyyah, F., Annisa, N. R., Zakaria, Arifin, S., & Purbasari, I. (2021). Sistem Student Center Learning dan Teacher Center Learning. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Permatasari, K. G. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84. https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96/88

Prahmana, R. C. I. (2017). Design Research (Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar). Depok: Rajawali Pres.

Putrawangsa, S. (2018). Desain Pembelajaran Design Research sebagai Pendekatan Desain Pembelajaran (Nomor April). Mataram: CV. Reka Karya Amerta.

Qomari, M. N., Lestari, S. A., & Fauziyah, N. (2022). Learning Trejectory pada Pembelajaran Berdiferensiasi Materi Keliling Bangun Datar Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2(1)), 29–41. https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2(1).4399

Retta, A. M. (2016). Penggunaan Iceberg dalam Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1), 72–80. https://fkip.um-palembang.ac.id/wp-content/uploads/2018/03/9.-Allen-Margaretta.pdf

Rohmatin, T. (2020). Etnomatematika permainan tradisional congklak sebagai teknik belajar matematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 144–150. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/1555

Safaredha, E. D. (2014). Design Research Pembelajaran Perbandingan Pada Aktivitas Pengukuran. JPM IAIN Antasari, 1(2), 61–72. https://core.ac.uk/download/pdf/327227546.pdf

Sholihin, A., Faudati, M., Septiyanti, I. F., Dewi, N. A. K., & Irfan, M. (2024). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 8(1), 24–32. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/16509

Surat, I. M. (2018). Peranan Model Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Sebagai Inovasi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Literasi Matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 7(2), 143–154. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/111

Susanto, J., Laurens, T., & Tamalene, H. (2024). Pengembangan Hypothetical Learning Trajectory Pada Materi Luas Persegi Dan Persegi Panjang Melalui Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Di Siswa Kelas IV MIS Al-Hilaal Wanakarta. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 5(2), 79–87. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v5.i2.p79-87

Syabrina, F. A., & Mariana, N. (2024). Desain Aktivitas Pembelajaran Nilai Tempat Berbasis RME Dengan Model PBL Melalui Media Kancing di Kelas 2 SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(03), 433–447. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/60047

Trisnani, N., & Sari, E. F. (2021). Keefektifan Model Realistic Mathematics Education Berbantuan Media Dakon Terhadap Hasil Belajar Perkalian. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(2), 173–178. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/3642

Wiryanto, W., Franstito, N. A., & Rahmawati, I. (2024). Implementasi LKPD Dengan Pendekatan RME Berbasis Etnomatematika “Gedrik” Materi Luas Bangun Datar. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 8(1), 65–75. https://doi.org/10.36526/tr.v8i1.3773




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v8i22024p106-115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Maryanti Maryanti, Ika Rahmawati, Zaenal Abidin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKPM Indexed By:

        

 



Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License

View My Stats