Hypotetical learning trajetory dalam LKPD RME berbasis etnomatematika “Dakon” materi perkalian bilangan cacah
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Adimsyah, F. A., Fauzi, A., & Rofiq, M. H. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dakon Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Chalim Journal of Teaching and Learning, 3(1), 28–34. https://doi.org/10.31538/cjotl.v3i1.417
Aklimawati, A., Listiana, Y., Isfayani, E., Zainuddin, Z., & Aulia, R. (2022). Pengembangan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Geometri. Jurnal Serunai Matematika, 14(2), 51–63. https://doi.org/10.37755/jsm.v14i2.665
Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. ReseacrhGate, 1–7. https://www.researchgate.net/publication/333293321
Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, D. H. (2018). Implementasi pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 1(1b), 65–72. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2097
Dahlia, A., Pranata, O. H., & Suryana, Y. (2020). Pengaruh Interactive Learning terhadap Minat Belajar Siswa pada Penjumlahan Operasi Hitung Bilangan Bulat. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 32–41. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.30129
Fajriah, N., Suryaningsih, Y., Zainuddin, Z., Masriani, R., & Rahadhian, L. N. R. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Budaya Di Lingkungan Lahan Basah Sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 121–130. https://doi.org/10.20527/edumat.v9i2.11858
Fauzana, R. (2022). Pencapaian Representasi Matematis Siswa melalui Pendekatan RME berbasis Etnomatematika. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 2(1), 163–179. https://jurnalmadaris.org/index.php/md/article/view/308
Fuadiah, N. F. (2017). Hypothetical Learning Trajectory pada Pembelajaran Bilangan Negatif Berdasarkan Teori Situasi Didaktis di Sekolah Menengah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 13–24. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.425
Hendrik, A. I., Ekowati, C. K., & Samo, D. D. (2020). Kajian Hypothetical Learning Trajectories dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat SMP. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.35508/fractal.v1i1.2683
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Nabilah, L. N., & Nana. (2020). Pengembangan Keterampilan Abad 21 dalam Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Model Creative Problem Solving. https://doi.org/10.31219/osf.io/6vwhd
Panggabean, S., Lisnasari, S. F., Puspitasari, I., Basuki, L., Fuadi, A., Firmansyah, H., Badi’ah, A., Ridha, Z., Anwar, A., Nggaba, M. E., Ghaybiyyah, F., Annisa, N. R., Zakaria, Arifin, S., & Purbasari, I. (2021). Sistem Student Center Learning dan Teacher Center Learning. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Permatasari, K. G. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84. https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96/88
Prahmana, R. C. I. (2017). Design Research (Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar). Depok: Rajawali Pres.
Putrawangsa, S. (2018). Desain Pembelajaran Design Research sebagai Pendekatan Desain Pembelajaran (Nomor April). Mataram: CV. Reka Karya Amerta.
Qomari, M. N., Lestari, S. A., & Fauziyah, N. (2022). Learning Trejectory pada Pembelajaran Berdiferensiasi Materi Keliling Bangun Datar Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2(1)), 29–41. https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2(1).4399
Retta, A. M. (2016). Penggunaan Iceberg dalam Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1), 72–80. https://fkip.um-palembang.ac.id/wp-content/uploads/2018/03/9.-Allen-Margaretta.pdf
Rohmatin, T. (2020). Etnomatematika permainan tradisional congklak sebagai teknik belajar matematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 144–150. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/1555
Safaredha, E. D. (2014). Design Research Pembelajaran Perbandingan Pada Aktivitas Pengukuran. JPM IAIN Antasari, 1(2), 61–72. https://core.ac.uk/download/pdf/327227546.pdf
Sholihin, A., Faudati, M., Septiyanti, I. F., Dewi, N. A. K., & Irfan, M. (2024). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 8(1), 24–32. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/16509
Surat, I. M. (2018). Peranan Model Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Sebagai Inovasi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Literasi Matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 7(2), 143–154. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/111
Susanto, J., Laurens, T., & Tamalene, H. (2024). Pengembangan Hypothetical Learning Trajectory Pada Materi Luas Persegi Dan Persegi Panjang Melalui Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Di Siswa Kelas IV MIS Al-Hilaal Wanakarta. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 5(2), 79–87. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v5.i2.p79-87
Syabrina, F. A., & Mariana, N. (2024). Desain Aktivitas Pembelajaran Nilai Tempat Berbasis RME Dengan Model PBL Melalui Media Kancing di Kelas 2 SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(03), 433–447. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/60047
Trisnani, N., & Sari, E. F. (2021). Keefektifan Model Realistic Mathematics Education Berbantuan Media Dakon Terhadap Hasil Belajar Perkalian. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(2), 173–178. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/3642
Wiryanto, W., Franstito, N. A., & Rahmawati, I. (2024). Implementasi LKPD Dengan Pendekatan RME Berbasis Etnomatematika “Gedrik” Materi Luas Bangun Datar. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 8(1), 65–75. https://doi.org/10.36526/tr.v8i1.3773
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um076v8i22024p106-115
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Maryanti Maryanti, Ika Rahmawati, Zaenal Abidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKPM Indexed By:

Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License