Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sumber Energi untuk Memudahkan Belajar Siswa SD

Muhammad Fahmi Saifudin, Susilaningsih Susilaningsih, Agus Wedi

Abstract


Abstrak: Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa Multimedia Interaktif materi sumber energi yang valid yang digunakan pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alama tentang materi Sumber Energi. Penelitian ini berfokus menghasilkan multimedia pembelajaran Interaktif untuk meningkatkan pemahaman materi Ilmu Pengetahuan Alam. Prosedur pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ini menggunakan model  Lee & Owen. Hasil yang diperoleh dari validasi ahli media keseluruhan yaitu sebesar 93.75% berdasarkan kriteria media termasuk valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi ahli materi diperoleh hasil keseluruhan sebesar 93,75 % berdasarkan kriteria media termasuk valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.Hasil uji coba pada siswa diperoleh hasil keseluruhan 100 % yang berdasarkan kriteria media termasuk valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil pre-test dan post-test siswa terdapat peningkatan nilai sebesar 100% yang berdasarkan kriteria termasuk dalam kriteria yang efektif saat digunakan dalam pembelajaran.

Abstract:The purpose of this development is to produce a product in the form of Interactive Multimedia which is a valid energy source material used in the Alama Science lessons on Energy Source material. This research focuses on producing interactive learning multimedia to improve understanding of Natural Sciences material. This interactive learning multimedia development procedure uses the model of Lee & Owen results obtained from the validation of the overall media expert that is equal to 93.75% based on media criteria, including valid and feasible to use in learning. The results of the expert validation of the material obtained overall results of 93.75% based on the criteria of the media, including valid and feasible to use in learning. The results of trials on students obtained an overall result of 100% based on media criteria, including valid and feasible to use in learning. The results of pre-test and post-test students there is an increase in value of 100% based on the criteria included in the criteria that are effective when used in learning.


Keywords


Multimedia Interaktif; Sumber Energi; Multimedia Tutorial;Teknologi Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2011). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V di SDN Merjosari 5 Malang. SKRIPSI Jurusan Teknologi Pendidikan-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Al-Fraihat, D., Joy, M., & Sinclair, J. (2019). Evaluating E-learning systems success: An empirical study. Computers in Human Behavior, 102, 67-86.

Amato, F., Castiglione, A., Mercorio, F., Mezzanzanica, M., Moscato, V., Picariello, A., & Sperlì, G. (2018). Multimedia story creation on social networks. Future Generation Computer Systems, 86, 412-420.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi Kedua). Jakarta: PT Rineka Cipta

Arsyad, A., 2002. Media pembelajaran, edisi 1. Jkt. PT Raja Graf. Persada 36.

Bernacki, M. L., Greene, J. A., & Crompton, H. (2019). Mobile Technology, Learning, and Achievement: Advances in Understanding and Measuring the Role of Mobile Technology in Education. Contemporary Educational Psychology, 101827.

Darmawan, Deni. (2012). Inovasi Pendidikan: Pendekatan Praktik Teknologi Mulitimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Fabian, K., & Topping, K. J. (2019). Putting “mobile” into mathematics: Results of a randomised controlled trial. Contemporary Educational Psychology, 101783.

Fatimah, S., & Mufti, Y. (2014). Pengembangan media pembelajaran IPA-fisika smartphone berbasis android sebagai penguat karakter sains siswa. Jurnal Kaunia, 10(1), 59-64.

Göksu, İ., & Atici, B. (2013). Need for mobile learning: technologies and opportunities. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 103, 685-694.

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom–revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Premiere educandum: jurnal pendidikan dasar dan pembelajaran, 2(02).

Hendrawan, H. S., Sunarto, M. D., & Sutanto, T. (2012). Aplikasi Belajar Menulis Untuk Anak Prasekolah Berbasis Android. Jurnal JSIKA, 1(1).

Humienny, Z., & Berta, M. (2018). Interactive multimedia learning environment for geometrical specification indication & verification rules. Procedia CIRP, 75, 161-166.

Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: teori jean piaget. Intelektualita, 3(1).

Indahini, R. S., Sulton, S., & Husna, A. (2018). Pengembangan Multimedia Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Kelas X SMK. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 141-148.

Kasih, L. P. N. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran RUBERGI (Rumah Sumber Energi) Materi Sumber Energi dan Perubahannya Mata Pelajaran IPA Kelas II SD (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Layona, R., Yulianto, B., & Tunardi, Y. (2017). Authoring tool for interactive video content for learning programming. Procedia computer science, 116, 37-44.

Lee.W.W. & Owen. D. L. 2004. Multimedia based instructional design, second edition.

Mamat, K., & Azmat, F. (2013). Mobile learning application for basic router and switch configuration on Android platform. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 90, 235-244.

Mayer, Richard E. (2009). Multimedia Learning: Prninsip-prinsip dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Munir. (2012). Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Purnama, Bambang Eka (2013). Konsep Dasar Multimedia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sadiman, Arief S, dkk. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sihkabuden. (2015). Media Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan.

Sugiyono,2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif,kualitatif dan R&D. (Bandung: ALFABETA)

Surahman, E. (2019). Integrated Mobile Learning System (IMOLES) Sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Pebelajar Unggul Era Digital. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 5(2), 50-56.

Thohari, A. N. A., Satoto, K. I., & Martono, K. T. (2013). Pembuatan Aplikasi Mobile Learning sebagai Sarana Pembelajaran di Lingkungan Universitas Diponegoro. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 1(2), 56-65.Alessi, S. M., & Trollip, S. R. (1991). Computer based Instruction: Method & development. Englewood Cliffs: NJ: Prentice Hall.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wisnu Wirawan, P. (2011). Pengembangan Kemampuan E-Learning Berbasis Web ke dalam M Learning. Jurnal Masyarakat Informatika, 2(4).

Zhao, J., & Zhang, J. (2019). Application of Multimedia Technology in Water Conservancy and Hydropower Engineering. Journal of Visual Communication and Image Representation, 102707.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v3i12019p068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhammad Fahmi Saifudin, Susilaningsih Susilaningsih, Agus Wedi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats