Electronic Module (E-Module) Untuk Memfasilitasi Siswa Belajar Materi Cahaya dan Alat Optik Di Rumah
Abstract
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berupa e-module yang telah melalui proses validasi dan uji coba sehingga layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran pada pokok bahasan cahaya dan alat optik. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan oleh peneliti adalah model pengembangan ADDIE yang di adaptasi dari Lee & Owens. Alasan pemilihan model penelitian tersebut karena model tersebut dikhususkan untuk pengembangan multimedia. Selain itu, model penelitian yang digunakan ini dapat dikatakan proseduran karena proses penyusunanya sistematis. Prosedur penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh peneliti adalah: analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi.Subjek penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, siswa dan guru mata pelajaran yang ahli dibidangnya. Data yang didapatkan peneliti berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berasal dari penilaian angket ahli media, ahli materi, studi pustaka mengenai penelitian sebelumnya dan data angket siswa. Data kualitatif berasal dari kritik dan saran dari ahli materi dan ahli media,. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan penyebaran angket ahli media, ahli materi dan audiens atau siswa.
Abstract: This study aims to produce a learning media product in the form of an e-module that has gone through a process of validation and testing so that it is feasible and effective to be used in learning on the subject of light and optical devices. The research and development method used by researchers is the ADDIE development model adapted from Lee & Owens. Research and development procedures carried out by researchers are analysis, design, development, application, and evaluation. The subjects of this research are media experts, material experts, students and subject teachers who are experts in their fields. The data obtained by researchers in the form of quantitative data, and qualitative data. Quantitative data derived from the assessment of media expert questionnaires, material experts, literature studies regarding previous research and student questionnaire data. Qualitative data comes from criticisms and suggestions from material experts, and media experts. Data collection techniques in the form of interviews, observation and questionnaire distribution of media experts, material experts, and the audience or students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, T. N. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Berorientasi Guided Inquiry Pada Materi Sistem
Pernapasan Manusia Kelas V SDN Kebonsari 3 Malang. 1 (6) 2502-471X.
Annisa, N, Simbolon, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Model Pembelajaran
Guided Inquiry Pada Materi Gaya Di Kelas IV SD Negeri 101776 Sampali. 8 (2) 2407-4926.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arsyad, (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT raja grafindo persada.
Awang, S., Ahmad, S., Alias, N & DeWitt, D. (2016). Design Of An Instructional Module On Basic Life Support
For Homeschooled Children. 3 (1) 1-14.
Fatimah. S. (2017). Pengembangan Modul Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendekatan Saintifik Kurikulum
Pada Siswa Kelas IV SDN Warunggunung I Surabaya Semester I. (Unpublished master’s thesis) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya, Indonesia .
Fitriani, F.H, Akhlis, P.I. (2013) Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Komputer Pada Tema
Bunti Melalui Lesson Study Untuk Kelas VIII. 2 (1) 2252-6609.
Hamid, A. M., Aribowo, D., Desmira. (2017). Development Of Learning Modules Of Basic Electronics-Based
Problem Solving In Vocational Secondary School. 7 (2) 149-157.
Hartono, W., Noto, M. S. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Penenmuan Terbimbing Untuk Meningkatkan
Kemampuan Matematis Pada Perkuliahan Kalkulus Integral. 1 (2) 320-333.
Izza, E.N, Wijayanti, A. (2017). Pengembangan Media Biyas Mata Pelajaran IPA Kelas V Di Sekolah Dasar. 4
(1) 2356-3869.
Lasmiyati., Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan
Minat SMP. 1978-4538
Nawawi, S. (2017). Developing Of Module Chalenge Based Learning In Environmental Material To Empower
The Critical Thinking Ability. 3 (2) 212-223.
Nugroho, P. W. (2019). Pengembangan Modul Keterampilan Dasar Konseling Mahasiswa. 1 (1) 18-26.
Panjaitan, S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas IIA SDN 78
Pekanbaru. 6 (1) 2303-514.
Priatna, K., Putrama, M., Divayana, G. H. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project
Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi Untuk Siswa Kelas X Desain omunikasi Visual Di SMK Negeri 1 Sukasada. 6 (1) 70-78
Sari, I.P. (2018). Implementasi Model ADDIE dan Kompetensi Kewirausahaan Dosen Terhadap Motivasi
Wirausaha Mahasiswa. 6 (1) 2579-387X.
Setyadi, M.W., Ismail., Gani, H. A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan
Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 2460-1497
Sukiman, (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Susilo, A. (2014). Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran Saintifik Untuk Peningkatan Kemampuan
Mencipta Siswa Dalam Proses Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas XII SMAN I. 1412-3855
Tegeh, I.M, Kirna, IM. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan ADDIE Model.
(1) 1829-5282.
Tijiptiany, E. N., As’ari, R. A., Muksar, M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan
Pendekatan Indkuiri Untuk Membantu Siswa SMA Kelas X Dalam Memahami Materi Peluang. 1 (10) 1938-1942.
Wijaya, I., Sefriani, R. (2017). Interactive Modules Based Adobe Director On Computer Assmbling Subjects For
Vocational Secondary School Students. 2 (2) 73-80.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v3i32020p239
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 LUQMAN NUR HAKIM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).
Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id
========================================================================================================
INDEXED BY | TOOLS | PLAGIARISM CHECK | ARTICLE TEMPLATE |
|
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)