Pengembangan Bahan Ajar Interaktif pada Mata Kuliah Filsafat Pendidikan

Mardiana Mardiana, Yamanto Isa, Sulia Ningsih

Abstract


Abstrak: Bahan ajar  yang dikembangkan merupakan bahan ajar bersifat interaktif yang merupakan variasi bahan ajar berbasis multimedia yang digunakan untuk menumbuhkan motivasi dan semangat belajar mahasiswa dalam pembelajaran, baik secara tatap muka atau secara mandiri di rumah. Tujuan dari pengembangan bahan ajar interaktif mata kuliah Filsafat Pendidikan adalah mengembangkan bahan ajar untuk digunakan secara mandiri oleh mahasiswa karena unsur interaktif dan kemudahan penggunaannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Warsita dengan tahapan (1) perencanaan; (2) produksi; dan (3) evaluasi.  Pada tahap evaluasi diketahui bahwa hasil evaluasi pramester dari expert aspek media mencapai  80,27% (baik), expert aspek desain pembelajaran  diperoleh 80,09% (baik), dan ahli aspek materi diperoleh 71,7% (baik). Hasil evaluasi perorangan mencapai 86,87% (sangat baik), uji coba kelompok kecil diperoleh 85,19% (baik), dan uji coba lapangan didapat 82,36% (baik). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa bahan ajar interaktif berbasis multimedia memiliki kelayakan untuk digunakan pada mata kuliah Filsafat Pendidikan.

Abstract: Teaching material developed is interactive teaching material which is a variation of multimedia-based teaching materials used to foster student motivation and enthusiasm for learning in learning, either face-to-face or as independently at home. The purpose of developing interactive teaching materials in the Philosophy of Education course is to develop teaching materials to be used independently by students because of the interactive elements and their ease of use. This research uses the development research method by using the Warsita development model with stages (1) planning; (2) production; and (3) evaluation. At the evaluation stage it was found that the results of the pre-semester evaluation from the media aspect expert reached 80.27% (good), the learning design aspect expert was obtained 80.09% (good), and the material aspect expert was 71.7% (good). Individual evaluation results reached 86.87% (very good), small group trials obtained 85.19% (good), and field trials obtained 82.36% (good). From the results of the study concluded that multimedia-based interactive teaching materials have the feasibility to be used in the Philosophy of Education courses.


Keywords


Bahan ajar; Interaktif; Filsafat Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Abadi, M. K., Pujiastuti, H., & Assaat, L. D. (2017). Development of Teaching Materials Based Interactive Scientific Approach Towards The Concept of Social Arithmetic for Junior High School Student. Journal of Physics: Conference Series, 812, 1–6.

Ampa, A. T. (2015). The Implementation of Interactive Multimedia Learning Materials in Teaching Listening Skills. English Language Teaching, 8(12), 56–62.

Arani, M. R. S. (2017). Raising the Quality of Teaching Through Kyouzai Kenkyuu – The Study of teaching materials. International Journal for Lesson and Learning Studies, 6(1), 10–26.

Badri, Y., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif dengan Scaffolding Metakognitif untuk Kemampuan dan Disposisi Berpikir Reflektif Matematis Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 156–172.

Diamar, P., Kuswanto, J., & Okta, J. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VIII. BaJET (Baturaja Journal of Education Technology), 3(2), 200-206.

Eriyanti, R. W. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Berbicara Interaktif Bagi Mahasiswa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), 98-106.

Gunawan, G., Harjono, A., & Sutrio, S. (2015). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(1), 9–14.

Hammerness, K., & Klette, K. (2015). Indicators of Quality in Teacher Education: Looking at Features of Teacher Education from an International Perspective. Promoting and Sustaining a Quality Teaching Workforce, 27, 239-277.

Herdiyanto, D. M., Sulton, S., & Praherdhiono, H. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Materi Tema Tanah bagi Siswa Tunagrahita. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 88-96.

Idris, S. (2014). Demokrasi dan Filsafat Pendidikan. (Safrul Muluk, Ed.) (1st ed.). Banda Aceh: Ar-Raniry Press.

Jia, X., & Huang, J. (2016). Development of Network Interactive Teaching Materials and Empirical in “Management” Courses. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 11(5), 27–32.

Klette, K., & Hammerness K. (2012). Coherence and Assignments in Teacher Education: Findings from the Pilot Study. Paper Presented at The Annual Meeting of The Research Council, Norway.

Kurniawan, P. Y. (2019). Keefektifan Penggunaan Bahan Ajar Interaktif yang Berbasis Kearifan Lokal Brebes dalam Mata Kuliah Semantik. BAHASTRA Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ISSN: 2550-0848; ISSN Online : 2614-2988 Vol. 3, No. 2, Maret 2019, 3(2), 170–176.

Kurniawati, S., Lesmono, A. D., & Wahyuni, S. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis IT pada Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Negeri Jember, 3(3), 301–305.

Lin, C. Y., Lin, C. C., Chen, C. J., & Huang, M. R. (2012). Real-Time Interactive Teaching Materials for Students with Disabilities. Lecture Notes in Electrical Engineering, 142(2), 369–375.

Liu, L. Y., & Cheng, M. T. (2015). Interactive Projector as an Interactive Teaching Tool in The Classroom: Evaluating Teaching Efficiency and Interactivity. Turkish Online Journal of Educational Technology, 14(2), 110–115.

Manasikana, A., & Listiadi, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Android pada Materi Jurnal Penyesuaian dan Jurnal Koreksi untuk Kelas XII Akuntansi di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 5(2), 1–8.

Nurullah, A., Soepriyanto, Y., Sulton, & Husna, A. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Energi dalam Sistem Kehidupan. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 315–319.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif :Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Diva Press.

Prihantana, M. A. S. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Animasi Stop Motion untuk Siswa SMK. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1–12.

Pujiastuti, H. (2018). Interactive Teaching Materials Dased on Scientific Approach: Triangles and Quadrilaterals. SHS Web of Conferences, 42, 00097.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, R&D. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Supriani, Y., & Oktaviyanthi, R. (2014). The Influence of Compact Disk Interactive Learning Model and Student’s Creativity Toward The Understanding of Mathematics, 2(7), 535–540.

Taranchuk, V., & Zhuravkov, M. (2016). Development of Interactive Teaching Materials for Computer Mechanics. Математика и Информатика, 1(3), 97–107.

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wijayanti, W., Zulaeha, I., & Rustono. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Kompetensi Memproduksi Teks Prosedur Kompleksyang Bermuatan Kesantunan Bagi Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Seloka - Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 94–101.

Yuberti, Y. (2015). Online Group Discussion pada Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 145–153.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v3i22020p138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sulia Ningsih, Yamanto Isa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats