Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Perkembangan Kemajuan Teknologi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Muhammad Zidni Ilman Nafi'a, I Nyoman Sudana Degeng, Yerry Soepriyanto

Abstract


Abstrak

Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berbasis interaktif yang berfungsi sebagai penunjang guru dalam menyampaikan materi pembelajaran di kelas. Research and Development (R&D) atau Peneltian dan Pengembangan merupakan metode penelitian yang digunakan, model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Lee & Owen. Hasil pengembangan multimedia interaktif ini divalidasi oleh oleh validator dengan jumlah rata-rata hasil presentase sebesar 92,66%. Validasi oleh ahli media mendapat hasil sebesar 99% dan dinyatakan valid. Validasi oleh ahli materi mendepat hasil sebesar 87% dan dinyatakan valid. Validasi oleh guru mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial mendapat hasil 92% dan dinyatakan valid. .Hasil validasi ini menunjukan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan valid atau layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Abstract

The development of this interactive learning media uses AutoPlay Media Studio 8 software, which aims to produce a learning media that aims to support teachers in delivering learning material in class. Research and Development (R&D) is the research method used, and the Borg & Gall model is the development model used by researchers. The results of this interactive multimedia development are validated by the validator with an average percentage of 92.66%. Validation by media experts getst 99% results and is declared valid. Validation by material experts gets results 87% and is declared valid. Validation by social science teachers getst 92% results and is declared valid.


Keywords


Multimedia Interaktif Pembelajaran; Autoplay Media Studio 8; Penelitian dan Pengembangan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A., 2011. Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bahri, A., Hidayat, W., & Muntaha, A. Q. Penggunaan Media Berbasis AutoPlay Media Studio 8 untukMeningkatkanAktivitas dan Hasil Belajar Siswa: Sebuah Inovasi Media Pembelajaran. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 15, No. 1, pp. 394-402).

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gaya Media.

Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Jannah, M., Copriady, J., & Rasmiwetti, R. (2019). Development of Interactive Learning Media using Autoplay Media Studio 8 for Colloidal Chemistry Material. Journal of Educational Sciences, 3(1), 132-144.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Salinan Dokumen Negara Republik Indonesia.

Misbahul Munir. 2012. Tentang AutoPlay Media Studio. Retrived February 24, 2020, from https:www.munirarber.blogspot.com/2012/07/tentang-auto-play-media-studio.html?m=1

Musfiqon, H. M. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakakarya

Nurullah, A., Soepriyanto, Y., Sulton, S., & Husna, A. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Energi dalam Sistem Kehidupan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 315-319.

Rachmadtullah, R. M. S. Z., Ms, Z., & Sumantri, M. S. (2018). Development of computer-based interactive multimedia: study on learning in elementary education. Int. J. Eng. Technol, 7(4), 2035-2038.

Rifani, A. C. (2014). Pengembangan media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berbasis Macromedia Flash 8 pada materi perkembangan kemajuan teknologi untuk kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Sidoarjo (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Rokhayani, D., Kuswandi, D., & Abidin, Z. (2019). Multimedia Interatif Berbasis Game Kelas X Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 102-108.

Sa’baniyah, R. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif berintegrasi Islam pada mata pelajaran IPS kelas IV materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di MI Miftahul Ulum Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Saifudin, M. Fahmi, Susilaningsih, Wedi, A. 2020. Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sumber Energi Untuk Memudahkan Belajar Siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan,3(1) 68-77.

Sary Nur H., Sihkabuden, Henry Praherdhiono. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Seni Tari Jawa Timur Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VII di SMP Negeri 1 Karangan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan,1(1) 63-69.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV ALfabeta.

Surahman, E. 2019. Integrated Mobile Learning System (Imoles) Sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Pebelajar Unggul Era Digital. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran,5(2) 50–56.

Surahman, E., & Alfindasari, D. 2017. Developing Adaptive Mobile Learning with the Principle of Coherence Mayer on Biology Subjects of High School to Support the Open and Distance Education. 3rd International Conference on Education and Training (ICET 2017). Atlantis Press.

Surahman, E., Wedi, A., Soepriyanto, Y., & Setyosari, P. 2018. Design of Peer Collaborative Authentic Assessment Model Based on Group Project Based Learning to Train Higher Order Thinking Skills of Students. International Conference on Education and Technology (ICET 2018). Atlantis Press.

Supriadi. 2011. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya

Supriatna, Nana, Mulyani, S & Rokhayati. 2007. Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Pers

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Wardani, S. K., Setyosari, P., & Husna, A. (2019). Pengembangan Multimedia Tutorial Mata Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Sistem Tata Surya Kelas Vii Mts Raudlatul Ulum Karangploso. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 23-29.

Widayat, W., Kasmui, K., & Sukaesih, S. (2014). Pengembangan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran ipa terpadu pada tema sistem gerak pada manusia. Unnes Science Education Journal, 3(2).

Wijaya, I., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan media pembelajaran AutoPlay media studio pada mata pelajaran perekayasaan sistem audio di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3).

Yunita, R., Praherdhiono, H., & Adi, E. P. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Fotosintesis untuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 284-289.

Yusuf, W. L., & Adi, E. P. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Pelajaran Baca Tulis Aksara Jawa Dengan Sandhangan Kelas Iv Sd. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 95-98.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v3i32020p272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhammad Zidni Ilman Nafi'a

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats