Comedy Sebagai Apersepsi Dalam Pembelajaran

Abdul Rahman Prasetyo, Nila Rahmawati, Lisa Sidyawati

Abstract


Abstrak: Hasil belajar dipengaruhi berbagai faktor. Salah satu faktor paling esensial adalah kesiapan belajar. Kesiapan belajar dapat dikelola dengan memberikan stimulus sebelum memulai kegiatan belajar mengajar. Stimulus dapat dimasukkan melalui pemberian apersepsi. Apersepsi yang memberikan dampak signifikan terhadap kesiapan belajar peserta didik adalah apersepsi yang dapat menggugah semangat dan motivasi belajar. Apersepsi hendaknya menarik untuk diperhatikan. Memberikan efek kejut dan membawa keceriaan di dalam kelas.  Hak untuk mengajar berada di tangan peserta didik, bukan pendidik. Apabila peserta didik rela untuk memberikan haknya kepada pendidik untuk mengajar, maka pendidik akan diterima peserta didiknya ketika proses belajar mengajar. Comedy merupakah salah satu materi yang dapat menarik perhatian setiap orang, tak terkecuali peserta didik. Pendidik yang humoris, dan mampu menyuguhkan joke akan lebih mudah diterima. Menyuguhkan humor dalam kegiatan pembelajaran dapat dipelajari melalui beberapa tahapan yang akan diuraikan dalam penelitian ini. Model pengembangan menggunakan 5 langkah: (1). Analisis, (2). Perancangan, (3). Pengembangan, (4). Implementasi, (5). Evaluasi. Pengembangan ini diharapkan akan menghasilkan sintaks penyusunan naskah apersepsi berbasis comedy yang dapat dipraktikkan dalam kegiatan pembelajaran.

Abstract: Learning outcomes are influenced by various factors. One of the most essential factors is learning readiness. Learning readiness can be managed by providing stimulus before starting teaching and learning activities. Stimulus can be included through apperception. Apperception that gives a significant impact on students' learning readiness is apperception that can arouse enthusiasm and motivation to learn. Apperception should be interesting to note. Give a shock effect and bring joy in the classroom. The right to teach is in the hands of students, not teachers. If students are willing to give their rights to the teacher to teach, then the teacher will be accepted by their students during the teaching and learning process. Comedy is one material that can attract everyone's attention, including students. Humorous teachers who are able to present jokes will be more easily accepted. Presenting humor in learning activities can be learned through several stages which will be described in this study. The development model uses 5 steps: (1). Analisys, (2). Design, (3). Development, (4). Implementation, (5). Evaluation. This development is expected to produce a comedy-based apperception script syntax that can be practiced in learning activities.


Keywords


Apersepsi Comedy; Metode Pembelajaran Comedy; Cerita berbasis Comedy

Full Text:

PDF

References


Alden, D.L., Hoyer, W.D., Lee, C., 1993. Identifying Global and Culture-Specific Dimensions of Humor in Advertising: A Multinational Analysis. J. Mark. 57, 64–75. https://doi.org/10.1177/002224299305700205

Anastasya, S., 2013.Teknik-Teknik Humor Dalam Program Komedi Di Televisi Swasta Nasional Indonesia. J. E-Komun. 1.

Burgh, J., 1761. The Art of Speaking, Etc. [By James Burgh.]. T. Longman.

Chatib, M., 2014. Pendidiknya Manusia: Menjadikan Semua Anak Spesial dan Semua Anak Juara. Mizan - Kaifa.

Darmansyah, D., 2004. Humor dan Efektifitas Pembelajaran. Sk. J. Kependidikan 5, 126–134.

Desinta, S., Ramdhani, N., 2013. Terapi Tawa untuk Menurunkan Stres pada Penderita Hipertensi. J. Psikol. 40, 15-27–27. https://doi.org/10.22146/jpsi.7063

Fiorentika, K., Santoso, D.B., Simon, I.M., 2016.Keefektifan Teknik Self-Instruction Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta didik Smp. J. Kaji. Bimbing. Dan Konseling 1, 104–111.

Gökkaya, Z., Güner, N., n.d. ADDIE Model in Adult Education: 2.

Hasibuan, J.S., 2017. Pengaruh Pemberian Cerita Humor Melalui Media Audiovisual Terhadap Peningkatan Recall Memory.

Jatiyasa, I.W., 2019.Implementasi Humor Dalam Pembelajaran Di Stkip Agama Hindu Amlapura. E- J. Mitra Pendidik. 3, 65–80.

Marwan, I., 2013. Rasa Humor dalam Perspektif Agama. Bul. Al-Turas 19, 267–278. https://doi.org/10.15408/bat.v19i2.3720

Nadiyah, R.S., Faaizah, S., 2015. The Development of Online Project Based Collaborative Learning Using ADDIE Model. Procedia - Soc. Behav. Sci., World Conference on Technology, Innovation and Entrepreneurship 195, 1803–1812. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.392

Nuro Uqtura, A., 2019.Jokes (Set Up Dan Punchline) Dalam Wacana Humor Komika Popon Kerok Acara Stand Up Comedy Indonesia (Suci) 8 Di Kompas Tv. Bapala 5

Prakarsa, E., 2013. Dari Merem Ke Melek. Kepustakaan Populer Gramedia.

Puspananda, D.R., Novianti, D.E., 2019.Pengondisian Zona Alfa Dengan Musik Terhadap Motivasi Belajar Mahapeserta didik Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Pada Mata Kuliah Statistika. Pros. SNasPPM 4, 1–4.

Ramdiana, H., 2020. Apersepsi Pembelajaran Melalui Cerita-Cerita Lucu untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran dan Profesionalisme Pendidik dengan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Di SMAN 21 Garut. J. Kaji. Teknol. Pendidik. 3, 18–28. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p018

Rohmadi, M., 2012. Strategi Penciptaan Humor dengan Pemanfaatan Aspek-aspek Kebahasaan. J. Hum. 22, 285–298. https://doi.org/10.22146/jh.1339

Saenab, S., 2016.Humorous Power Point: Integrasi Humor Dalam Pembelajaran Genetika. BioselBiol. Sci. Educ. J. Penelit. Sci. Dan Pendidik. 5, 112–124. https://doi.org/10.33477/bs.v5i2.491

Schmidt, S.R., 1994. Effects of humor on sentence memory. J. Exp. Psychol. Learn. Mem. Cogn. 20, 953–967. https://doi.org/10.1037/0278-7393.20.4.953

Stern, C., Kaur, T., 2010. Developing theory-based, practical information literacy training for adults. Int. Inf. Libr. Rev. 42, 69–74. https://doi.org/10.1080/10572317.2010.10762847

Taufan, M., 2018.Pengaruh Strategi Pembelajaran Sisipan Humor Terhadap Hasil Belajar Matematika. M T H N E J. Mat. Dan Pendidik. Mat. 3, 23–32. https://doi.org/10.31943/mathline.v3i1.82

Tegeh, I.M., Kirna, I.M., 2013.Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan Addie Model. J. IKA 11. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145

Tenriawaru, E.P., 2014. Implementasi Mind Mapping dalam Kegiatan Pembelajaran dan Pengaruhnya terhadap Pendidikan Karakter. Prosiding 1, 86–91.

Thorndike, E.L., 1970. Animal Intelligence: Experimental Studies. Transaction Publishers.

Welty, G., 2007. The “design” phase of the ADDIE model. J. GXP Compliance 11, 40–53.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v3i22020p158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abdul Rahman Prasetyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats