Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Materi Siklus Air untuk Memfasilitasi Siswa Sekolah Dasar

Aufa Idha Veranda Putri, Dedi Kuswandi, Susilaningsih Susilaningsih

Abstract


Abstrak: Media pembelajaran video dapat membantu guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan suasana belajar yang menyenangkan serta tidak monoton sehingga dapat meningkatkan prestasi siswa dalam belajar dan kemampuan berfikir siswa.. Tujuan pengembangan media ini untuk menghasilkan produk video edukasi kartun animasi yang valid dan layak untuk siswa Kelas V SD. Metode penelitian ini menggunakan model ADDIE dan telah dimodifikasi oleh peneliti. Validasi produk video dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Sasaran uji coba video edukasi kartun animasi adalah siswa kelas V SDN Kalipang 03 di Kabupaten Blitar. Berdasarkan hasil dari uji coba yang dilakukan tercapai kesimpulan bahwa video edukasi kartun animasi yang telah dikembangkan tergolong dalam kategori valid. Oleh sebab itu, maka media video edukasi kartun animasi ini valid dan dapat diterapkan dalam kegiatan belajar pembelajaran. Pengembangan media video ini diharapkan dapat dikembangkan oleh pengembang yang memiliki gagasan tentang media yang sama sekaligus dapat menjadi rujukan.

Abstract: Video learning media can assist teachers in conveying learning with a pleasant learning atmosphere and not monotonous so as to improve student achievement in learning and students' thinking abilities. The aim of developing this media is to produce a valid and appropriate cartoon animation educational video product for Grade V SD students . This research method uses the ADDIE model and has been modified by researchers. Video product validation is carried out by media experts and material experts. The target of the animated cartoon educational video trial was grade V students of SD Kalipang 03 in Blitar Regency. Based on the results of the trial, a conclusion was reached that the animated cartoon educational video that had been developed was classified in the valid category. Therefore, this animated cartoon educational video media is valid and can be applied in learning activities. The development of video media is expected to be developed by developers who have ideas about the same media as well as being a reference.


Keywords


Pengembangan um038v3i42020p377Media; Video Edukasi; Kartun Animasi

Full Text:

PDF

References


Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19.

Arif, M. F., Praherdhiono, H., & Adi, E. P. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Materi Gaya untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 329–335.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (Revisi VI). Jakarta: PT Rineka Cipta 75

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media.

Efendi, Y., Adi, E., & Sulthoni, S. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphics pada Mata Pelajaran IPA di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran. 6(2), 97–102.

Emda, A. (2011). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(1), 149.

Habib, M., Hajar, I., & Setiawan, D. (2019). Media Development Of Video Learning In The Social Discussion Of Social Problems In Social Science (IPS) Lesson Of Class IV In Public Elementary School (SDN) Tanjungbalai Academic Year 2018-2019. Budapest International Research And Critics In Linguistics And Education (Birle) Journal, 2(3), 223–236.

Habibati, Hasan, M., & Fitri, N. R. (2019). Pengembangan Media Buletin Menggunakan Coreldraw X7 pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 23–33.

Haking, D. D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Renang Pada Mata Pelajaran PJOK Untuk Siswa Kelas V SD. 2(4), 320–328.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81–86.

Hamidah, A. F., Patmanthara, S., & Soraya, D. U. (2020). Bahan Ajar Berbasis Webtoon dengan Model Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Dasar Desain Grafis. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran (JPPP), 01, 01.

Harrison, H. L., & Hummell, L. J. (2011). Incorporating Animation Concepts and Principles In Stem Education. Technology Teacher, 69(8), 20–25.

Hegarty, M. (2014). Dynamic Visualizations and Learning: Getting To The Difficult Questions. Learning And Instruction , 14, 343–351.

Hwang, I., Tam, M., Lam, S. L., & Lam, P. (2012). Review Of Use Of Animation As Asupplementary Learning Material Ofphysiology Content. E-Learning Journal, 10(4), 368–377

Kurniawan, D., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA tentang Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran. 4(2), 119–125.

Lashari, T. A., Alias, M., Kesot, M. J., & Akasah, Z. A. (2013). An Affective-Cognitive

Teaching And Learning Approach For Enhanced Behavioural Engagements Among Engineering Students. Engineering Education, 8(2), 65–76.

Leow, M. F. (2014). Interactive Multimedia Learning: Innovating Classroom Education In A Malaysian University. The Turkish Online Journal Of Educational Technology, 13(2), 99–110

Listiyani, I. M., & Widayati, A. (2012). Pengembangan Komik sebagai Media Pembelajaran Akuntansi pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi untuk Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 80–94.

Melinda, V. A., Degeng, I. N., & Dedi, K. (2012). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS Berbasis Virtual Field Trip (VFT) pada Kelas V SDNU Kratonkencong. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran. 2001, 158–164.

Moreno, R., & Ortegano-Layne, L. (2011). Do Classroom Exemplars Promote The Application Of Principles In Teachereducation? A Comparison Of Videos, Animations, And Narratives. Educational Technology Research And Development, 56(4), 449–465.

Mulyatiningsih, E. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.

Nashrullah, N., Sulton, S., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Adaptasi dan Cara Berkembang Biak Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 327–332.

Ningtiyas, T., Setyosari, P., & Praherdiono, H. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Mata Pelajaran IPA Bab Siklus Air dan Peristiwa Alam sebagai Penguatan Kognitif Siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 115–120.

Nugroho, A. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Power Point

dengan Video dan Animasi terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar pada Materi

Perawatan Unit Kopling Siswa Kelas 2 Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Piri 1 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta

Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe : Inovasi pada Perkuliahan Sejarah Matematika. 2(2), 127–135.

Permatasari, K., Degeng, I. N. S., & Adi, E. P. (2019). Pengembangan Suplemen Video Pembelajaran Adaptasi Makhluk Hidup untuk Siswa Tunarungu SLB-B YPLB Blitar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 268–277.

Putra, I. G. L. A. K., Tastra, I. D. K., & Suwatra, I. I. W. (2014). Pengembangan Media Video Pembelajaran dengan Model Addie pada Pembelajaran Bahasa Inggris Di SDN 1 Selat. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10.

Putri, N. (2012). Efektifitas Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan Pengenalan Alat Musik Daerah pada Pembelajaran IPS bagi Anak Tunagrahita Ringan di SDLB 20 Kota Solok. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(12)

Rusman, 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer, Mengembangkan Profesionalisme Abad 21. Bandung : Alfabeta

Rokhayani, D., Kuswandi, D., & Abidin, Z. (2019). Multimedia Interatif Melalui Gamifikasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 102–108.

Salim, K., & Tiawa, D. H. (2014). Development Of Media-Based Learning Animation For Mathematics Courses In Electrical Engineering , University Riau Kepulauan. International Journal Of Advanced Research In Computer And Communication Engineering, 3(10), 8332–8336

Samatowa, U. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Saprudin, S., Haerullah, A. H., Abdullah, I. H., Saraha, A. R., & Hamid, F. (2018). Pengembangan Media Video Tutorial Model Discovery Learning Materi Tekanan Hidrostatis. In Prosiding Seminar Kontribusi Fisika 2017, Pp. 300-304.

Saputri, R. D., & Susilawati, S. A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Ragam Ancaman Bencana pada Materi Bentuk Muka Bumi Kelas VII di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.

Saragih, L. 2012. Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Sistem Injeksi Bahan Bakar Diesel Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Piri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Soika, K., Reiska, P., & Mikser, R. 2012. The Importance Of Animation As A Visual Method

In Learning Chemistry. Concept Maps: Making Learning Meaningful, 3(10), 9.

Sudarsana, I. K. (2016). Pemikiran Tokoh Pendidikan dalam Buku Lifelong Learning: Policies, Practices, And Programs (Perspektif Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia). Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 44.

Suranto, A. (2019). Problematika Guru dalam Menerapkan Media Video pada Pembelajaran Tematik Kelas Rendah. Jurnal Prima Edukasia.

Suryani, D. P., Sulthoni, S., & Susilaningsih, S. 2018. Presepsi Anak Usia Sekolah Dasar terhadap Serial Animasi dalam Mempengaruhi Perkembangan Karakter. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 237–242.

Tenia, K., Punadji, S., & Kuswandi, D. (2019). Strategi Pembelajaran Nilai Karakter Mandiri Berbantuan Video Animasi untuk PAUD. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran. 1(1), 30–38.

Yusuf, M. M., Amin, M., & Nugrahaningsih, N. (2017). Developing Of Instructional Media-Based Animation Video On Enzyme And Metabolism Material. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia [Indonesian Journal Of Biology Education], 3(3), 254–257.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v3i42020p377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Aufa Idha Veranda Putri, Dedi Kuswandi, Susilaningsih Susilaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats