Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Sistem Pernapasan Manusia Sebagai Upaya Mendukung Kebijakan Belajar Di Rumah
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menghasilkan video pembelajaran animasi pada materi Sistem Pernapasan Manusia untuk kelas VIII SMP yang valid dimanfaatkan dalam kegiatan belajar di rumah. Penelitian pengembangan ini menerapkan model pengembangan Sadiman. Berdasarkan penilaian hasil angket ahli media diperoleh persentase 80% tergolong dalam tingkatan cukup valid. Penilaian angket ahli materi 75% termasuk dalam tingkatan cukup valid. Hasil uji coba individu 92,5% termasuk dalam tingkatan valid. Berdasarkan hasil validasi dan tes pencapaian belajar pengembangan media video pembelajaran animasi ini memenuhi kriteria valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran di rumah. Disamping itu, penggunaan media video pembelajaran animasi Sistem Pernapasan Manusia dapat memberikan dampak positif dalam kegiatan pembelajaran di rumah yakni menjadikan menarik minat peserta didikdalam belajar dan membantu peserta didik memahami materi.
Abstract
This research aims to produce an animated learning video on the material Human Respiratory System for class VIII SMP which is valid for use in learning activities in home. This development research apply the Sadiman development model. Based on the assessment of the results of the media expert questionnaire obtained a percentage of 80% classified in the tiers quite valid. Expert questionnaire assessment material 75% included in the tiers is quite valid. Individual trial results 92,5% included in the valid tiers. Based on the results of the validation and achievement learning tests, the development of this animated learning video media meets valid criteria and is suitable for use in the learning process at home. Based that, the use of animated learning media in the Human Respiratory System which can have a positive impact on learning activities at home, that is, attract learners in learning and help learners understand the material.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amali, L. N., Zees, N., & Suhada, S. (2020). Motion Graphic Animation Video as Alternative Learning Media. Jambura Journal of Informatics, 2(1), 23-30.
Andriyani, A., Dewi, H. I., & Zulfitria, Z. (2020). Penggunaan Media dan Animasi Interaktif Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa. Jurnal Intruksional, 1(2), 172-180.
Apriliyani, F. (2020). Identifikasi Motivasi Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Video Animasi Tentang Sumber Daya Alam. Integrated Science Edication Journal, 1(1), 23-29.
Arif S. Sadiman. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arikunto,S, & Jabar, C.S.A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Chau, K. T., Nasir, N. A. S. B. A., & Valerie, T. V. Y. (2020). Preference of 2D Animation Style in Malaysian Colonial Shophouses Multimedia Courseware. In Proceedings of the 5th International Conference on Multimedia and Image Processing (pp. 180-184).
Ebonam, C. R., & Nwanneka, O. J. (2020). Effect Of Computer Animation On Secondary School Students Achievement In Chemistry In Awka Education Zone. International Journal of Innovative Research and Advenced Studies, 7(3), 28-32.
Efendi, Y. A., Adi, E. P., & Sulthoni, S. (2019). Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphic Pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran 6(2), 97-102.
Elliot, et al. (2000). Educational Psychology: Effective Teaching, Effective Learning. San Francisco: McGraw-Hill Companies Inc.
Eskin, G. E., & Geban, Ö. (2020). Effect of Physical Modeling and Computer Animation Implemented With Social Constructivist Intruction on Understanding of Human Reproductive System. EpiC Series in Education Science, 3, 81-85.
Handayani, S., Haryono, H., & Ahmadi, F. (2020). The Effectiveness of Animation Film Media To Know Ability Mathematical Concept Of Early Childhood Based On Gender. Journal Of Primary Education, 9(2), 161-167.
Jambak, M. I., Efendi, R., Yusliani, N., Al Qodrin, S., Haniffia, R., & Dewangga, T. (2020, February). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Digital dan Video Animasi Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris di Panti Asuhan Siti Aisyah Palembang. In Annual Research Seminar (ARS) (Vol. 5, No. 2, pp. 10-13).
Kaushal, R. K., Panda, S. N., & Kumar, N. (2020). Proposing Effective Framework for Animation Based Learning Environment for Engineering Students. Journal of Engineering Education Transformations, 33(3), 48-61.
Kurniawan, D. C., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119-125.
Latifah, N., & Lazulva, L. 2020. Desain dan Uji Coba Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Powtoon Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Sistem Periodik Unsur. JEDCHEM (Journal Education and Chemistry), 2 (1), 26-31.
Lewis, C., Sanderson, S. C., Hammond, J., Hill, M., Searle, B., Hunter, A., ... & Chitty, L. S. (2020). Development and Mixed-Methods Evaluation of An Online Animation For Young People About Genome Sequencing. European journal of human genetics: EJHG.
Lukum, A. (2015). Sains untuk semua. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru besar Tetap dalam Bidang manajemen Pendidikan IPA pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam, disampaikan di Hadapan Rapat Senat Terbuka Universitas Gorontalo pada, 13.
Luppy, F. M., Anwar, R. B., Linuhung, N., Agustina, R., & Rahmawati, D. (2020). The Development of Animation-Based Learning Media Using Construct 2 On Logic Material. Matematika dan Pembelajaran, 7(2), 13-21.
Megawati, N. M. S., & IGALP, U. (2020). English Learning with Powtoon Animation Video. Journal of Education Technology, 4(2), 110-119.
Mezil, Y., Sharma, B., Cross, A., Akhtar-Danesh, N., Raha, S., & Timmons, B. W. (2020). Exercise Messengers: Exploring Student‐Learning Perceptions of a Science Animation Video using Q‐methodology. The FASEB Journal, 34(S1), 1-1.
Neta, F., Yulius, R., & Nasrullah, M. F. A. (2020, March). Effectiveness of Using 2D Animation Video with Live Shoot Motion Graphic. In 2nd International Media Conference 2019 (IMC 2019) (pp. 119-127). Atlantis Press.
Nugrahani, R. (2007). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1).
Nurina, M., & Tenzer, A. (2013). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan Model Siklus Belajar 5E Berbasis Konstruktivistik pada Materi Sistem Sirkulasi Manusia untuk Kelas XI SMA. Jurnalonline. um. ac. id/data/artikel/artikel. pdf, 28.
Pratama, A., Ulfa, S., & Praherdhiono, H. (2020). Pengembangan Video Animasi Budaya Reog Ponorogo sebagai Suplemen Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 9-17.
Putra, I. G. D., & Sujana, I. W. (2020). Hasil belajar IPS menggunakan Kolaborasi Model Discovery Learning Berbasis Media Animasi. Journal of Education Technology, 4(2), 103-109.
Rahmatunnida, R., Busono, R. R. T., & Ardiansyah, A. (2020). Application of Animation Video To Improve Student Learning Outcomes in Estimating Construction Costs., 830 (4), 1-5.
Dwi Rahmawati, A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Bencana Erupsi Gunungapi di SMP Negeri 2 Nogosari Kabupaten Boyolali (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Sevtiana, A., Saputra, G. T., & Wisata, D. (2020). Perancangan Video Animasi Edukatif Perubahan Energi Pada Siswa Kelas Tiga Sekolah Dasar. Jurnal Digit, 9(2), 178-189.
Soman, P. (2020). Teaching Phonetics to the Student Teachers for Developing English Pronunciation Using Technology in Distance Mode. Studies in Indian Place Names, 40(74), 1602-1608.
Sugini, E. H. N., & Basit, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Animasi terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Alimuddin Kabupaten Probolinggo. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 19(02), 28-31.
Wahyuningsih, D. (2020, February). A Whiteboard Animation Multimedia to Improve Teachers’ Ability in Understanding Classroom Action Research. In International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI 2019) (pp. 222-226). Atlantis Press.
Jamharoh, S. B., & Zain, A. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 85-92.
Utami, D. (2007). Animasi dalam Pembelajaran. Makassar:Andi Cipta.
Utomo, A. P., Hasanah, L., Hariyadi, S., Narulita, E., & Umamah, N. (2020). The Effectiveness of STEAM-Based Biotechnology Module Equipped with Flash Animation for Biology Learning in High School. International Journal of Instruction, 13(2), 463-476.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v3i32020p303
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Ayu Aprilia Fitriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).
Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id
========================================================================================================
INDEXED BY | TOOLS | PLAGIARISM CHECK | ARTICLE TEMPLATE |
|
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)