Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Perubahan Wujud Benda Bagi Siswa Sekolah Dasar

Mila Fitri Nuraini, Susilaningsih Susilaningsih, Agus Wedi

Abstract


Multimedia interaktif adalah kombinasi lebih dari satu jenis media yang kemudian disatukan sehingga dapat digunakan untuk menyampaikan informasi pembelajaran berupa materi. Penelitian ini memiliki tujuan menghasilkan suatu multimedia interaktif yang layak digunakan untuk kegiatan belajar mengajar materi perubahan wujud benda ditingkat sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Revie w Produk multimedia Interaktif dilaksanakan Oleh Ahli Media Dan Ahli materi. Uji coba produk dilaksanakan oleh 16 orang siswa kelas V SDN Bareng 4 Malang. Hasil review produk mendapat tanggapan positif dan memperoleh kategori yang layak digunakan sebagai sumber belajar.


Full Text:

PDF

References


Akbar, T. N. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Berorientasi Guided Inquiry Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Kebonsari 3 Malang. Jurnal Pendidikan, 1(6), 1120-1126.

Almara'beh, H., Amer, E., & Sulleman, A. (2015). The Effectiveness of Multimedia Learning Tools in Education. International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering, 5(12), 761-764.

Aloraini, S. (2012). The Impact of Using Multimedia on Students' Academic Achievement in the College of Education at King Saud University. journal of King Saud University - Languages and Translation, 75-82.

Arief, L. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan SIstem Peredaran Darah Manusia untuk Kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang. Jurnal Kurikulum Teknologi Pendidikan, 1(3), 257-263.

Babiker, M. E. (2015). For Effective Use of Multimedia in Education, Teachers Must Develop their Own Educational Multimedia Applications. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 14(4), 62-68.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gave Media.

Fanny, A. M. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengerahuan Sosial (IPS) Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 1(1), 1-9.

Hana, U. S. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Mapel IPA Untuk Siswa Kelas V Di SDN Kuwaron 1. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 5(5), 53-61.

Illahi, T. A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, Vol 4(3), 1-10.

Kuncahyono, & Sudarmiatin. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Indahnya Negeriku Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(2), 156-163.

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia -Based Instructional Design. San Fransisco: Pfeiffer.

Malik, S., & Agarwal, A. (2012). Use of Multimedia as a New Educational Technology Tool-A Study. International Journal of Information and Education Technology, 2(5), 468-471.

Martin, F., Hoskins, O., Brooks, R., & Bennett, T. (2013). Development Of An Interactive Multimedia Instructional Module. The Journal of Applied Instructional Design, 3(3), 5-17.

Munadi, Y. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.

Nurul, A., & Maris. (2000). Implementasi Kurikulum KTSP: Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 316-328.

Praherdiono, H., & Adi, E. P. (2008). Panduan Praktikum Multimedia. Malang: FIP UM.

Prayogo, P. D. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Tematik untuk Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Condongcatur. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Rachmadtullah, R., Ms, Z., & Sumantri, M. S. (2018). Development of Computer-Based Interactive Multimedia : study on Learning in Elementary Education. International Journal of Engineering & Technology, 7(4), 2051-2054. doi: 10.14419/ijet.v7i4.16384.

Rachmadtullah, R., Zulela, M., & Sumantri, M. S. (2019). Computer-Based Interactive Multimedia: A Study On The Effectiveness Of Integrative Thematic Learning In Elementary Schools. Journal of Phyysics, 1-6. doi:10.1088/1742-6596/1175/1/012028.

Ramadhani, M., Gafari, M. F., & Marice. (2019). Development of Interactive Learning Media on Material Writing Short Story Texts Based on Experience. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(1), 91-102. DOI : https://doi.org/10.33258/birle.v2i1.189.

Ramadhani, R., & Muhtadi, A. (2018). Development of Interactive Multimedia in Learning Islamic Education. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(6), 9-15. http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v5i6.488.

Rosita, F. Y. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Berbicara Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 1(1), 25-37.

Sadiman, A. S. (2009). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Saifudin, M. F., Susilaningsih, & Wedi, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sumber Energi Untuk Memudahkan Belajar Siswa SD. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 68-77.

Saputri, D. Y., Rukayah, & Indriayu, M. (2018). Need Assessment of Interactive Multimedia Based on game in Elementary School: A Challenge into Learning in 21st Century. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 1-8.

Setyosari, P., & Sihkabuden. (2005). Media Pembelajaran. Malang: Elang Mas.

Susilo, O. S., Degeng, I. S., & Susilaningsih. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Kelas V SD Pokok Bahasan Organ Tubuh Manusia dan Hewan. Edcomtech, 2(2), 161-166.

Syawaludin, A., Gunarhadi, & Rintayati, P. (2019). Development of Augmented Reality-Based Interactive Multimedia to Improve Critical Thinking Skills in Science Learning. International Journal of Instruction, 12(4), 331-344.

Utami, S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Standar Kompetensi Melakukan Prosedur Administrasi Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Yusuf, M. F. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Materi Atmosfer Bumi Kelas VIII SMPN 3 Tulungagung. Edcomtech, 2(1), 37-40




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i12021p033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mila Fitri Nuraini, Susilaningsih Susilaningsih, Agus Wedi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats