Implementasi Penilaian Autentik Dalam Kurikulum 2013

Fadhillah Millah Abdillah, Sulton Sulton, Arafah Husna

Abstract


Abtract: This study aims to describe the implementation of authentic assessment in the 2013 curriculum at junior high level in both public and private schools. The research method used is descriptive qualitative approach. Based on the results of research that has been done, the researcher obtained overall data on the three aspects of assessment that teachers already understood the theory of authentic assessment. The teachers also comprehended the authentic assessment and how to plan authentic assessment well. However, there were some teachers who only did what they could do without adhering to the rules which applied to authentic assessment. The teachers mentioned that there were many obstacles encountered in the process of implementing authentic assessment, one of which was the large number of students that resulted in the process of taking scores on aspects of attitudes and skills only on the surface. Therefore, teachers need to carefully interpret the rules in carrying out authentic assessments covering in the aspects of attitude, knowledge, and skills.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi penilaian autentik dalam kurikulum 2013 pada jenjang SMP baik di sekolah negeri maupun sekolah swasta. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan didapatkan data secara keseluruhan pada ketiga aspek penilaian bahwa pengajar sudah mengetahui secara teori tentang penilaian autentik, para pengajar juga memahami dengan baik penilaian autentik beserta cara merencanakan penilaian autentik hingga pelaksanaannya. Tetapi masih ada beberapa pengajar yang dalam proses perencanaan dan pelaksanaan hanya melakukan seadanya tanpa mematuhi rambu-rambu yang berlaku pada penilaian autentik. Para pengajar juga mengatakan bahwa banyak kendala yang dihadapi dalam proses implementasi penilaian autentik, salah satunya adalah banyaknya jumlah anak didik sehingga proses pengambilan nilai pada aspek sikap dan keterampilan hanya seadanya. Oleh karena itu, para pengajar perlu memperhatikan dengan seksama rambu-rambu dalam melaksanakan penilaian autentik baik pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

 


Keywords


Penilaian Autentik; Kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References


Ani, Y. (2013). Penilaian Autentik Dalam Kurikulum 2013. Seminar Nasional Implementasi Kurikulum 2013, 742–749.

Astriyandi, A., Chotimah, U., & Faisal, E. El. (2016). Kemampuan guru menerapkan penilaian autentik dalam pembelajaran ppkn. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, 3(2), 187–198.

Bakti, A. S., Kusairi, S., & Muhardjito. (2014). Pengembangan Penilaian Autentik Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Forum Penelitian, 1(1), 1–12.

Chusnia, S., Sa’dijah, C., & Harsati, T. (2017). Analisis kebutuhan instrumen asesmen autentik dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. 462–470.

Divanda, A. D., Suwandi, S., & Hastuti, S. (2019). Implementasi Penilaian Autentik Dalam Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia (Studi Kasus Di Sma Negeri 1 Gemolong). Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 1. https://doi.org/10.20961/basastra.v6i2.37659

Ermawati, S., & Taufiq, H. (2017). Penilaian Autentik dan Relevansinya dengan Kualitas Hasil Pembelajaran (Persepsi Dosen dan Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1), 92–103.

Fook, C. Y., & Sidhu, G. K. (2010). Authentic Assessment and Pedagogical Strategies in Higher Education. Journal of Social Sciences, 6(2), 153–161. https://doi.org/10.3844/jssp.2010.153.161

Komarudin, K., Sarkadi, S., & Alkhudri, A. T. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru PPKN SMP Dalam Melaksanakan Penilaian Autentik Berdasarkan Kurikulum 2013. Sarwahita, 15(02), 119–130. https://doi.org/10.21009/sarwahita.152.07

Kunandar. (2015). Penilaian Autentik (Pendekatan Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers.

Kusmijati, N. (2014). Penerapan Penilaian Autentik Sebagai Upaya Memotivasi Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Hasil - Hasil Penelitian Dan Pengabdian LPPM UMP 2014, 55–62.

Majid, Abdul. (2015). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Meliana, S., Utami, E. S., & Sukoyo, J. (2019). PENGEMBANGAN PENILAIAN AUTENTIK PEMBELAJARAN TEKS DIALOG BAHASA JAWA KELAS VII. Piwulang:Journal of Javanese Learning and Teaching, 7(2), 44–52.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. 21(1), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2013). Permendikbud No 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan. 2011, 1–6. https://doi.org/10.1016/j.metabol.2009.10.012

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2013). Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Satndar Proses. 2011, 1–13.

Nurhayati, E., & Ahmad, T. A. (2018). Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Semarang. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 21–30.

Palm, T. (2008). Performance assessment and authentic assessment: A conceptual analysis of the literature. Practical Assessment, Research and Evaluation, 13(4), 1–11.

Poerwati, L.E, & Amri,S. (2013). Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Rahman, S. A., & Romdhani, M. (2015). Persepsi Guru Terhadap Penilaian Autentik. Jurnal Sekolah Dasar, 24(2), 151–160. http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/1356

Ristanto, R. H., & Djamahar, R. (2019). Penguatan Keterampilan Penilaian Autentik Guru IPA Biologi di Kabupaten Bogor. BAKTIMAS : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 61. https://doi.org/10.32672/btm.v1i1.1183

Rukmini, D., & Saputri, L. A. D. E. (2017). The authentic assessment to measure students’ English productive skills based on 2013 Curriculum. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 7(2), 263–273. https://doi.org/10.17509/ijal.v7i2.8128

Sya’idah, U., Amaliyah, A., & Ismail, Y. (2016). Kemampuan Guru PAI dalam Merencanakan dan Melaksanakan Penilaian Autentik. Jurnal Online Studi Al-Qur’an, 12(2), 143–157. https://doi.org/10.21009/jsq.012.2.01

Wajdi, F. (2017). Implementasi Project Based Learning (Pbl) Dan Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Drama Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(1), 86. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v17i1.6960

Wiggins, G. (1991). The case for authentic assessment. Practical Assessment, Research and Evaluation, 2(2), 1990–1991.

Wildan, W. (2017). Pelaksanaan Penilaian Autentik Aspek Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Di Sekolah Atau Madrasah. Jurnal Tatsqif, 15(2), 131–153. https://doi.org/10.20414/jtq.v15i2.3




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i12021p041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fadhillah Millah Abdillah, Sulton Sulton, Arafah Husna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats