Pengembangan Multimedia Tutorial Berfitur Peta Konsep Untuk Belajar Lapisan Bumi Siswa MTS

Moh. Dwi Handoko, Sulthoni Sulthoni, Saida Ulfa

Abstract


Abstract: Multimedia tutorials on earth layers become complementary in science learning and teaching at MTs Negeri 2 Nganjuk. Earth layer multimedia tutorials are designed to enhance science subject materials which take role as enrichment or remedial in conventional learning. Earth layer multimedia tutorials are learning media that can be used independently or in groups with excellent concept maps to increase students motivation as well as comprehension. The purpose of this development is to produce multimedia tutorials, as well as to discover the validity of the developed multimedia. This research model uses Lee & Owens. The results of the development of the Earth Layer Multimedia Tutorial as a complement to science learning with the concept map feature received positive responses from media and material experts and was feasible to use and there was an increase learning outcome 

Abstrak: Multimedia tutorial lapisan bumi menjadi pelengkap dalam  pembelajaran IPA di MTs Negeri 2 Nganjuk. Multimedia tutorial lapisan bumi didesain untuk menguatkan  materi pelajaran IPA yang bersifat enrichment atau remidial dalam pembelajaran konvensional. Multimedia tutorial lapisan bumi adalah media pembelajaran yang dapat digunakan secara mandiri maupun kelompok yang  memiliki fitur unggulan peta konsep untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman belajar siswa. Tujuan pengembangan ini menghasilkan multimedia tutorial, serta mengetahui kelayakan dari multimedia yang dikembangkan. Model Penelitian ini menggunakan model Lee & Owens. Hasil pengembangan Multimedia Tutorial Lapisan Bumi sebagai Komplemen Pembelajaran IPA berfitur Peta Konsep mendapatkan respon positif oleh ahli media dan ahli materi serta layak digunakan dan ada peningkatan hasil belajar.


Keywords


Multimedia; Tutorial; Lapisan Bumi; Peta Konsep

Full Text:

PDF

References


Anas A. M., Soepriyanto, Y., & Susilaningsih. (2019). Pengembangan Multimedia Tutorial Topologi Jaringan Untuk SMK Kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan. JKTP Volume 1, Nomor 4, Desember 2018, 307–314. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/6916/3859.

Alessi, S. M., & Trollip, S. R. (2001). Multimedia for Learning Methods and Development 3rd. Massachusetts: Pearson Educational Company.

Arends, R. I. (1997). Classroom Instruction & Management. New York: The Mc Graw-Hill Companies.

Asan, A (2007). Concept mapping in Science Class: A Study of fifth grade students. Jurnal Educational Technology & Society, 10 (1), 186-195

Capuno, R., Revalde, H., Etcuban, J. O., Aventuna, M., Medio, G., & Demeterio, R. A. (2019). Facilitating Learning Mathematics Through the Use of Instructional Media. International Electronic Journal of Mathematics Education, 15(1), 677–688. https://doi.org/10.29333/iejme/5785

Hilbert, T. S., & Renkl, A. (2009). Learning how to use a computer-based-concept-mapping tool : self explaining examples help. Computers in Human Behavior, 25, 267-274

Gama, I. G. B. S., Mahadewi, L. P. P., & Jampel, I. N. (2016). Pengembangan Multimedia Tutorial Interaktif Sumber Daya Alam dan Teknologi pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV di SDN 3 Banyuasri. Jurnal EDUTECH, 6(3), 1–10.

Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480

Juarez Collazo, N. A., Elen, J., & Clarebout, C. (2015). The multiple effect of combine tools in computer based learning environments. Computer in Human Behavior, 51A, 82-95.

Kadir. (2004). Efektivitas Strategi Peta Konsep Dalam Pembelajaran Sains Dan Matematika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 51:10.

Kastawaningtyas, A., & Martini. (2017). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Model Experiential Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 46.

Khoerunisa, M. (2014). Pembelajaran Bioteknologi Berbasis Multimedia Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX di SMPN 8 Cirebon. Jurnal Pendidikan Sains.

Lee. W.W & Owens. D L. (2004). Multimedia-Based Instructional Design, (2nd Ed.) SanFrancisco: Pffeiffer

Luki Y., Sofyan A., Agung S. (2014). Pemanfaatan Peta Konsep (Concept Mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Senyawa Hidrokarbon. Jurnal EDUSAINS Volume VI Nomor 01 Tahun 2014, 8 – 8

Mawarni, Sella & Muhtadi, Ali. (2017). Pengembangan Digital Book Interaktif Mata Kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 4 (1). 84-96

Meintantiwi, Erna Yustin (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tutorial Menggunakan Software Macromedia Flash Pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur Untuk Pembelajaran Kimia Kelas X MIA SMA. Jurnal Universitas Sebelas Maret.

Nikolawatin, Z., Setyosari, P., & Ulfa S. (2019). Pengembangan Media Tutorial Bahasa Isyarat Untuk Siswa Tunarungu SLB BC Kepanjen. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran Vol 6, No 1, October 2019, Hal. 15-22.

Noviasari, K., Legowo, E., & Lilik, S. (2015). Keefektifan Mind Map untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik SMP. Consilium: Jurnal Program Studi Bimbingan Dan Konseling, 3(1).

Prayoga, G. S., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Model Tutorial Pada Mata Pelajaran PKN Kelas VIII Semester Genap Di SMP Negeri 6 SingaRaja Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2).

Rahmawanto, Roni. (2018). Penggunaan Teknik Mind Map Berbasis Multimedia Presentasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan. Volume 3 Nomor1 Juni 2018 hlm 83-90. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk.

Riasti, M.F., Suyatna, A., & Wahyudi, I.(2016). Pengembangan Media Interaktif Model Tutorial Pada Materi Impuls Dan Momentum. Jurnal Pembelajaran Fisika. 4(1).

Rusmiyati, I. (2014). Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran Bahasa Sastra. Jurnal Pendididkan dan Teknologi Pembelajaran, 171 – 184.

Suminar D., (2019). Penerapan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Vol. 2, No.1, 2019, hal. 774-783

Suyono & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Umroh, N. S., Adi, E. P., & Ulfa, S. (2019). Multimedia Tutorial Untuk Menumbuhkan Minat Baca Anak Adhd (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 45–52. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/7628

Wardani, S. K., Setyosari, P., & Husna, A. (2019). Pengembangan Multimedia Tutorial Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Tata Surya Kelas VII MTS Raudlatul Ulum. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 23–29. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/7370




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i22021p148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Moh. Dwi Handoko, Sulthoni Sulthoni, Saida Ulfa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats