Animasi Motion Graphics Dinamika Litosfer Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA

Dea Amanda Amelia Revlinasari, I Nyoman Sudana Degeng, Agus Wedi

Abstract


Abstract: Pengembangan motion graphic mampu menjadi alat pendukung berupa visual dengan menggambarkan isi dari materi  Dinamika Litosfer. Siswa merasa lebih kesulitan dalam menggambarkan bentuk visual dari sebuah  pembelajaran Dinamika Litosfer, sehingga membutuhkan sebuah tiruan. Tiruan jika dilakukan pada sebuah peralatan yang pada faktanya membutuhkan banyak biaya dan berbahaya. Maka penggunaan animasi beupa Motion Graphics mampu menjadi solusi yang bertujuan untuk dapat menangani keterbatasan antara ruang dan waktu  dan  menciptakan gairah belajar. Lee & Owens, adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini, karena metode tersebut memiliki langkah-langkah pengembangan sistematis dan mengutamakan dari hasil pengalaman penggunanya. Hasil review dari ahli materi dan ahli media menunjukkan nilai positif. Ahli media dan materi berpendapat secara menyeluruh materi sudah layak dan media sangat menarik. Animasi Motion Graphics mempunyai keunggulan yaitu mampu menciptakan minat dan motivasi belajar pebelajar, memperjelas hal abstrak dan menyampaikan gambaran lebih nyata

Abstract: Development of Motion Graphic animation can be a visual aid in describing the contents of the dynamics of the lithosphere. Students find it difficult to describe the visual form of lithosphere dynamics learning, so they need an imitation. Imitation when done on an actual equipment is costly and dangerous. So the use of motion graphics animation can be a solution so that students can handle the limitations between space and time and create a passion for learning. method used in this research is Lee & Owens, because this method has systematic development steps and prioritizes the results of the user experience. The results of the reviews obtained from media experts and material experts show a positive value. Media and material experts think that overall the media is interesting and the material is appropriate. Motion graphics animation has the advantage of being able to make a motivation and interest in student learning, clarify an abstract thing and convey a more real picture.


Keywords


Video Animasi; Motion Graphic; Dinamika Litosfer; Pengembangan

Full Text:

PDF

References


Amali, L. N., Zees, N., & Suhada, S. (2020). Motion graphic animation video as alternative learning media. Jambura Journal of Informatics, 2(1), 23-30.

Aryani, N., & Everlin, S. (2020). Perancangan motion graphic tentang pentingnya semua imunisasi bagi anak. Jurnal Titik Imaji, 2(2).

Berk, R. A. (2009). Multimedia teaching with video clips: TV, movies, YouTube, and mtvU in the college classroom. International Journal of Technology in Teaching & Learning, 5(1).1-21

Efendi, Y. A., Adi, E. P., & Sulthoni, S. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphics pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(2), 97-102

Handani, S. W., Utami, S., & Kusmira, D. (2017). Visualisasi Pencemaran Air Menggunakan Media Animasi Infografis. Jurnal Telematika, 10(1), 147-162.

Harsono, B. (2009). Perbedaan hasil belajar antara metode ceramah konvensional dengan ceramah berbantuan media animasi pada pembelajaran kompetensi perakitan dan pemasangan sistem rem. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 9(2).

Isnanto, R. R. (2004). Aplikasi Teknologi Multimedia pada Bidang Pendidikan Sains dan Teknologi. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Kesumadewi, D. A., Agung, A. A. G., & Rati, N. W. (2020). Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Media Cerita Bergambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 303-314.

Kwasu, I. A. (2015). Effectiveness of Animated Instructional Resource for Learning Facilitation among Secondary School Student in Bauchi Nigeria. Journal of Education and Practice, 6(21), 113-120.

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-based instructional design: computer-based training, web-based training, distance broadcast training, performance-based solutions. John Wiley & Sons

Madar, A. R., & Hashim, M. N. (2011). Effectiveness of using graphic animation courseware for students with different cognitive styles and spatial visual abilities. Journal of Technical Education and Training, 3(1).

MARETHA SARI, E. G. A. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphic Pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Pokok Indonesia Zaman Praaksara Di Sma Negeri 4 Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(1).

Muhammad, H., Murtinugraha, R. E., & Musalamah, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 54-60. Kim, J. H., Lim, S. A., & Choi, H. H. (2014). Promotional Video Production which fused The Motion Graphics and Color Marketing. Life Science Journal, 11(7s)

Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(1).

Paik, E. S., & Schraw, G. (2013). Learning with animation and illusions of understanding. Journal of Educational Psychology, 105(2), 278–289.

Purwanti, A., & Haryanto, H. (2015). Pengembangan motion graphic pembelajaran mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas I sekolah dasar. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 190-200.

Sakti, I. (2013). Pengaruh media animasi fisika dalam model pembelajaran langsung (direct instruction) terhadap minat belajar dan pemahaman konsep fisika siswa di SMA Negeri Kota Bengkulu. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1).

Saputra, H. J., & Shofa, V. M. (2015, March). Keefektifan Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Bandungrejo 02 Mranggen. In SEMINAR NASIONAL PGSD 2015.

Septima, R., & Zulfa, I. (2020). Pelatihan Ilmu Teknologi Komputer Dalam Meningkatkan Kemampuan Administrasi Perangkat Desa Tan Saril. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 1(1), 1-7.

Shir, M. F. D., & Asadollahi, M. O. S. T. A. F. A. (2014). The role of motion graphics in visual communication. Indian Journal of Scientific Research, 7(1), 820-824.

Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).

Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing

Surahman, E., Wedi, A., Soepriyanto, Y., & Setyosari, P. (2018, December). Design of Peer Collaborative Authentic Assessment Model Based on Group Project Based Learning to Train Higher Order Thinking Skills of Students. In International Conference on Education and Technology (ICET 2018). Atlantis Press.

Umam, N. C. (2016). Perancangan Motion Graphic Pengenalan Batik Gemawang Khas Kabupaten Semarang (Doctoral dissertation) Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia.

Winastwan, G. (2006). Step by step Motion Graphics & visual effects menggunakan Adobe after effects 6.0. Surabaya: Penerbit Andi.

Yusuf, M. M., Amin, M., & Nugrahaningsih. (2017). Developing of instructional media-based animation video on enzyme and metabolism material in senior high school. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(3), 254-257.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i22021p168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dea Amanda Amelia Revlinasari, Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd, Dr. Agus Wedi, M.Pd

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: jktp.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

 

Creative Commons License
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JKTP Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats